Satu Indonesia Berjuta-berjuta Placesnya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Pemerintah Provinsi Banten

Sabtu, 22 Juni 2013 10:53:53
photo: Kim Wanggyu / panoramio

Si Doel memang anak Betawi. Tapi gubenur Betawi sekarang adalah Jokowi, yang wong Solo. Sementara si Doel, alias Rano Karno, sekarang bersanding dengan Gubernur Atut Ratu Atut Chosiyah mengendalikan Provinsi Banten.

Pemerintah Provinsi Banten tergolong muda. Ia terbentuk di era Presiden Abdurrahman Wahid, sebagai pemekaran dari Provinsi Jawa Barat. Payung hukumnya: UU No. 23 tahun 2000 tentang Pembentukan Provinsi Banten. Yang terpilih sebagai ibukotanya adalah Kabupaten Serang.

Saat terbentuk, Provinsi Banten terdiri dari Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Cilegon. Sekarang, Banten sudah ketambahan dua pemerintahan kota lagi: Kota Serang dan Kota Tangerang Selatan.

Dampak pemekaran Kota Serang pada 2007, Kantor Gubernur Banten, yang dulunya Kantor Karesidenan Pembantu Gubernur Jawa Barat, dan berada di pusat kota Serang, jadi masuk ke wilayah Kota Serang. Begitu juga dengan Kantor Bupati Serang, yang hanya berseberangan jalan.

Peta & Citra Satelit

Kantor Gubernur Banten

Pemerintah Provinsi Banten
Gedung Pendopo Gubernur Banten
Jl. Brigjen. KH. Syam'un No. 5
Kota Serang
Banten



Tel: 0254-200123
Fax: 0254-200520

Wesbite: www.bantenprov.go.id

Link:

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banten - www.bantenculturetourism.com