Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Cilegon Hotel, Kota Cilegon

Senin, 29 Januari 2018 11:46:53
photo: hotel cilegon / google street view

Nasi Gonjleng. Kalau ke Cilegon, katanya, jangan lupa menikmati ''Nasi Gonjleng''. Santapan bernuansa ''Nasi Kebuli'' ini bisa dinikmati di ''Warung Nasi Gonjleng'' Ibu Hj Wiwi yang berada di samping Rumah Dinas Walikota Cilegon. Atau lebih tepat lagi, berada di depan Hotel Cilegon. Bisa begitu karena Warung Nasi Gongjleng dan Hotel Cilegon memang sama-sama berada di jalan raya yang ada di sebelah Rumah Dinas Walikota Cilegon. Soal kedekatan, Warung Nasi Gonjleng amat sangat lebih dekat, karena tembok warungnya memang menyatu dengan tembok pagar rumah dinas pak Walikota.

Nasi Gonjleng kerap disebut bernuansa Nasi Kebuli, karena sama-sama mengandalkan daging kambing sebagai penyedap nasi. Dan sebenarnya, nama Nasi Gonjleng lebih merujuk kepada nama sang warung, Warung Nasi Gonjleng, sebagai warung yang diakui paling top dalam menghadirkan masakan bernama generik ''Nasi Rabeg'', sajian yang konon merupakan menu spesial di Kesultanan Banten. Adapun Gonjleng sendiri berasal dari ''Gonjlengan'' alias kebiasaan orang ronda yang mengisi waktu ronda dengan menanak nasi yang dilengkapi ayam yang diam-diam dicuri dari rekan ronda yang lain.

Warung Nasi Gonjleng berada di Jalan Jombang Wetan (Jalan RA Kartini), jalan di sisi timur komplek Rumah Dinas Walikkota Cilegon, berseberangan dengan pojok utara halaman Hotel Cilegon. Meski Nasi Gonjleng-nya amat terkenal, warung ini bersosok amat sederhana seperti warung nasi pinggir jalan atau Warteg. Uniknya, warung ini menempel pada dinding pagar Rumah Dinas Walikota Cilegon. Sedangkan Hotel Cilegon hadir normal sebagaimana deretan bangunan lain yang ada di sisi timur Jalan Jombang Wetan. Kawasan tempat hadirnya Warung Nasi Gonjleng dan Hotel Cilegon terbilang kawasan pusat kota, ditandai dengan kehadiran Masjid Agung Nurul Ikhalas, yang merupakan masjid agungnya Kota Cilegon.

Hotel Cilegon merupakan hotel non-bintang atau hotel melati. Meski begitu, hotel 2 lantai yang punya 50 kamar ini mencoba tampil ala hotel bintang. Hal ini diwujudkan dengan menghadirkan kamar yang disebutnya sebagai Junior Suite, yang biasanya merupakan kamar yang ada di hotel berbintang. Adapun kamar lainnya dipilah ke dalam banyak kelas: Familly A, Familly B, Family C, Deluxe, Standard A, Standard B, dan kamar Single. Kecuali kamar Standard dan kamar Single, kamar lainnya sudah dilengkapi dengan kulkas atau refrigerator.

Peta & Citra Satelit

Hotel Banten

Hotel Cilegon
Jl. Jombang Wetan No. 80 (Jl. RA Kartini)
Kelurahan Jombang Wetan
Kecamatan Cilegon
Kota Cilegon
Banten

Tel: 0254-391962, 384820
Fax: 0254-384819

Website: www.hotelcilegon.com
Places TerdekatKm
Rumah Dinas Walikota Cilegon 0,069
Pemerintah Kota Cilegon 1,592
Pemerintah Provinsi Banten 15,205
Pemerintah Kabupaten Serang 15,345
Pemerintah Kota Serang 20,007
Menara Siger, Bakauheni 37,691
Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan 61,780
Perumnas II Parung Panjang 66,960
Perumnas I Parung Panjang 66,978
Stasiun KA Parung Panjang 67,482
Hotel TerdekatKm
Cilegon City Hotel, Kota Cilegon 1,394
Nuansa Bali Hotel, Anyer, Kabupaten Serang 21,192
Aryaduta Hotel Lippo Village, Kabupaten Tangerang 65,066
Lemo Hotel Serpong, Legok, Kabupaten Tangerang 66,518
Grand Elty Krakatoa Hotel, Kabupaten Lampung Selatan 69,212
Pranaya Boutique Hotel, BSD City, Tangerang Selatan 74,555
Hotel Ciputra - Jakarta 82,665
Menara Peninsula Hotel 84,410
Hotel Mulia 85,061
The Jayakarta SP Jakarta Hotel & Spa, Hayam Wuruk, Jakarta Barat 85,572