Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Pemerintah Kota Parepare

Kamis, 30 April 2015 09:47:15
photo: parapare computer club

12 Mei 2015 mendatang, BJ Habibie akan mudik ke tanah kelahirannya: Parepare. Mantan wakil presiden RI ini diminta Walikota Dr H M Taufan Pawe menjadi saksi nikah massal 53 pasangan calon suami-istri. Serius? Ya serius. Angka 53 jadi buktinya. Angka itu bermakna peringatan ulang tahun pernikahan Habibie dan Ainun yang ke-53. Dan untuk itulah Habibie datang. Juga, untuk meresmikan 'Patung Cinta Ainun-Habibie' yang pembuatannya menelan dana APBD Parepare lebih dari Rp 2 miliar, meresmikan pembukaan Festival Ainun-Habibie, dan peletakan batu pertama pembangunan gedung Balai Ainun-Habibie.

Singkat kata, 12 Mei mendatang akan jadi 'Hari Cinta Ainun-Habibie'. Dan ini semua merupakan perwujudan janji yang diucapkan Walikota Parepare Taufan Pawe saat Habibie datang meresmikan Institut Teknologi Habibie (ITH), 28 Agustus 2014. Selain sebagai penghormatan terhadap BJ Habibie dan istri, Pak Walikota berharap semua yang dibangun tadi, dan juga Festival Ainun-Habibie yang akan digelar setiap tahun, bisa menjadi daya tarik orang untuk berwisata ke kota Parepare.

Patung Cinta Ainun-Habibie, begitu nama resmi sang patung. Ada juga yang menyebutnya Monumen Cinta Ainun-Habibie. Wujudnya adalah patung 2 sosok setengah badan BJ Habibie dan Hasri Ainun Besari (alrmarhun Ainun Habibie). Patung ini akan dipasang di sudut selatan Lapangan Andi Makkasau. Area dan platform tempat patungnya sudah dibuatkan sejak Oktober tahun lalu dengan dana APBD senilai Rp 447 juta. Adapun patungnya, desainnya sudah disayembarakan pada Februari 2015 dan pemenangnya sudah diumumkan Maret lalu. Sekarang, pembutan patungnya, yang menelan dana APBD Rp 1,75 miliar, masih dalam tahap pengerjaan di Yogyakarta dan akan tiba di Parepare tanggal 7 atau 8 Mei mendatang. Terbuat dari perunggu, masing-masing patung beratnya sekitar 2 ton.

Nama Ainun-Habibie juga akan disematkan kepada gedung serbaguna kota Parepare. Namanya, Balai Ainun-Habibie. Gedung serbaguna dan balai pertemuan ini akan dibangun 3 lantai di area bekas Gedung Wanita. Menurut rencana, mantan Presiden BJ Habibie juga akan melakukan peletakan batu pertama pembangunannya pada 12 Mei mendatang. Untuk meramaikan seluruh prosesi 'Hari Cinta Ainun-Habibie' itu, Pemerintah Kota Parepare mengundang tamu spesial dari luar Parepare sebanyak 600 undangan.

Peta & Citra Satelit

Kantor Walikota Parepare

Pemerintah Kota Parepare
Jl. Jenderal Sudirman No. 80
Kelurahan Bumi Harapan
Kecamatan Bacukiki Barat
Kota Parepare
Sulawesi Selatan

Tel: 0421-21512

Website: www.pareparekota.go.id

Kecamatan di Parepare

Kecamatan di Kota Pare:
  1. Bacukiki
  2. Bacukiki Barat
  3. Soreang
  4. Ujung