Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Pemerintah Kabupaten Bone

Rabu, 26 Maret 2014 20:18:46
photo: adnan korea

Kalau bertanya soal 'Kabupaten Bone' kepada Google (baca: search), mesin pencari ini ternyata masih bingung. Jawabannya campur aduk antara 'Kabupaten Bone' dan 'Kabupaten Bone Bolango'. Yang satu kabupaten lawas di Provinsi Sulawesi Selatan, yang satu lagi kabupaten muda di Provinsi Gorontalo. Tahun depan, Google mungkin akan lebih bingung lagi. Soalnya, kemungkinan besar akan hadir satu lagi kabupaten yang menyandang nama 'Bone', yakni 'Kabupaten Bone Selatan'.

Kehadiran 'Kabupaten Bone Selatan' merupakan janji kampanye tokoh yang sekarang jadi Bupati dan Wakil Bupati Bone, Andi Fahsar Padjalangi dan Ambo Dalle. Pasangan dukungan Partai Golkar ini menang pilkada Januari 2013 dan dilantik pada April 2013 untuk memimpin Kabupaten Bone hingga 2018.

Bisakah janji pasangan yang punya akronim 'Tafaddal' ini terwujud? Peluang terwujudnya besar. Soalnya, sejak awal 2014, DPR-RI dan pemerintah sudah sepakat untuk melakukan pembahasan RUU tentang Pembentukan Kabupaten Bone Selatan di Provinsi Sulawesi Selatan. RUU itu akan dibahas secara bergiliran bersama 64 RUU Daerah Otonomi Baru (RUU-DOB)lainnya.

Kabupaten Bone, yang berada di sisi timur Provinsi Sulawesi Selatan, tampaknya memang layak dimekarkan. Kabupaten pewaris Kerajaan Bone ini --terkenal dengan sosok Raja Aru Palaka-- sudah cukup umur. Dia lahir lewat UU No 29 tahun 1959 tentang Pembentukan Dati II di Sulawesi, bersama puluhan kabupaten lainnya. Sekarang, jumlah kecamatannya sudah amat banyak: 27 kecamatan.

Adapun Pak Bupati, Andi Fashar Padjalangi, juga bukan muka baru di Bone. Peraih gelar Doktor Ilmu Administrasi Publik dari Universitas Hassanuddin (2013) ini, pada periode 2003-2008, sudah pernah menjadi wakil bupati Bone. Pada 2008, ia ikut pilkada untuk naik jadi bupati, tapi kalah dari mantan pasangannya, bupati inkumben, Andi Idris Galigo. Pada pilkada tahun lalu, ia maju lagi dan bertarung melawan putra pak bupati: Andi Irsan Galigo.

Peta & Citra Satelit

Kantor Bupati Bone

Pemerintah Kabupaten Bone
Jl. Jenderal Achamd Yani
Watampone
Kecamatan Tanette Riatang Barat
Kabupaten Bone
Sulawesi Selatan


Tel: 0481-21350

Website: www.bonekab.go.id

Kecamatan di Bone

Kecamatan di Kabupaten Bone:
  1. Ajangale
  2. Amali
  3. Awangpone
  4. Barebbo
  5. Bengo
  6. Bonto Cani
  7. Cenrana
  8. Cina
  9. Dua Boccoe
  10. Kahu
  11. Kajuara
  12. Lamuru
  13. Lappa Riaja
  14. Libureng
  15. Mare
  16. Palakka
  17. Pettimpeng
  18. Ponre
  19. Salomekko
  20. Sibulue
  21. Tanete Riattang
  22. Tanete Riattang Barat
  23. Tanete Riattang Timur
  24. Tellu Siattinge
  25. Tellu Lumpoe
  26. Tonra
  27. Ulaweng