Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Graha Pena - Makassar
Selasa, 08 Maret 2011 06:32:02
photo: zakila/indoplaces
Ketika diresmikan Wapres Jusuf Kalla pada Oktober 2007, Graha Pena jadi gedung tertinggi di kota Makassar. Gedung 17 lantai ini menjadi kantor koran Fajar dan keluarga besar Jawa Pos lainnya. Sayangnya, status itu hanya bisa dinikmati setahun. Pada Desember 2008, Menara Bosowa rampung dan memiliki tinggi 23 lantai.

Desain arsitektur Graha Pena di Makassar ini dibuat mirip dengan Graha Pena yang ada di Surabaya. Dibangun oleh PT Nindya Karya (persero), gedung di bekas lahan SPBU Pertamina ini menelan biaya sekitar Rp 150 miliar.

Selain menjadi kantor bagi grup Jawa Pos, gedung ini juga disewakan sebagai kantor bagi pihak lain. Area puncak gedung, tempat berdiri menara setinggai 38 meter, terbuka untuk umum guna menikmati pemandangan kota.

Lantai dasar Graha Pena digunakan untuk percetakan, bank, dan ruang pameran. Di basementnya terdapat area parkir dan minimarket.

Redaksi harian Fajar sendiri menempati lantai 4. Bagi Fajar, gedung baru di Jalan Urip Sumoharjo ini merupakan kantor ketiga setelah dua kantor sebelumnya di Jalan Ahmad Yani dan Racing Center.
Graha Pena - Makassar
Jalan Urip Sumohardjo No. 21
Makassar - 90231

Website: www.fajar.co.id - www.jawapos.com


Kontraktor: PT Nindya Karya (persero) - www.nindyakarya.co.id