Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Pemerintah Kota Makassar

Selasa, 08 Maret 2011 11:23:54
photo: zakila/indoplaces

Sebagian dari kita lahir dengan mengenal Ujung Pandang sebagai ibukota Provinsi Sulawesi Selatan. Belakangan, mulai 1999, namanya berganti jadi Makassar. Pergantian nama ini diikuti dengan perluasan wilayah kota Makassar ke arah laut, dari semula 10.000 hektar menjadi 27.577 hektar.

Menurut riwayatnya, nama Makkassar sudah dipakai sejak abad ke-16, sekitar masa pembangunan benteng Fort Rotterdam. Makassar pun ini menetapkan 9 Nopember 1607 sebagai hari jadinya.

Nama Ujung Pandang baru digunakan pada 1971 saat Makassar ditetapkan sebaga kotamadya. Nama itu kabarnya berasal dari istilah ''Jumpandang'', sebutan orang dari wilayah pedalaman yang bermigrasi ke Kota Makassar.

Sebelumnya, pada 1906, pemerintah Hindia Belanda juga pernah menetapkan Makassar sebagai Kota Madya. Pada 1920, Makassar pernah ditempati 9 perwakilan 'negara' asing dan menjadi kota internasional. Sejak awal abad hingga Perang Dunia II, Makassar menikmati masa damai, tanpa perang, selama tiga setengah abad.

Saat ini Kota Makassar terbagi ke dalam 14 kecamatan. Kantor walikotanya berada di dekat benteng Fort Rotterdam dan Pelabuhan Petikemas Makassar. Gedung baru kantor walikota berlantai 12. Gedung yang disebut Menara Balaikota ini dibangun sejak 2004, bolak-balik macet, beberapa kali ganti kontraktor, dan akhirnya akan rampung dan bisa dipergunakan pada 2011 ini.

Menara Balaikota sempat diprotes kehadirannya karena dibangun di halaman tengah bekas Kantor Gubernur Sulsel yang merupakan bangunan cagar budaya.

Peta & Citra Satelit

Balaikota Makassar

Kantor Walikota Makassar
Jalan Ahmad Yani No. 2
Makassar

Website: www.makassarkota.go.id

Kecamatan di Makassar

Kecamatan di Kota Makassar
  1. Ujung Tanah
  2. Tallo
  3. Wajo
  4. Bontoala
  5. Mariso
  6. Mamajang
  7. Ujung Pandang
  8. Makassar
  9. Tamalate
  10. Panakkukang
  11. Biringkanaya
  12. Rappocini
  13. Tamalanrea
  14. Manggala