Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

RM Coto Nusantara

Selasa, 19 April 2011 21:12:20
photo: zakila/indoplaces

Coto Makassar memang makanan khas Makassar. Tapi yang tak kalah khasnya, setiap rumah makan coto di Makassar selalu mengambil nama jalan sebagai nama rumah makannya. Walhasil jadi bisa diketahui dengan mudah restoran coto mana yang paling tua atau lebih dulu hadir di suatu jalan. Kalau restonya pakai nama jalan, berarti dia yang tertua.

Contohnya adalah resto yang satu ini, Coto Nusantara, yang berada di Jalan Nusantara, dekat pelabuhan. Atau ada juga resto terkenal lainnya, RM Coto Gagak, yang bukan menjual soto berbahan baku daging burung gagak, tapi karena dia jadi restoran Coto Makassar pertama di Jalan Gagak. Cotonya sendiri tetap memakai daging sapi.

RM Coto Nusantara, yang berada di seberang Menara Makassar, terbilang yang paling ramai pengunjungnya. Selain karena rasanya, rumah makan ini juga terkenal karena ketuaannya. Adapun soal harga, masih normal. Satu porsi Coto Makassar, plus dua ketupat ataupun buras, hanya perlu dibayar seharga Rp 17.000.

Coto Nusantara sudah hadir sejak taun 70-an. Sekarang resto ini dikelola generasi kedua: H Makmur Daeng Tutu. Ia mewarisi bisnis dan kepiawaian meracik coto langsung dari ayahnya, sang perintis, H Baso Daeng Ngasa. Resto ini perbulannya bisa mencapai omzet Rp 150 juta. Tamu yang bersantap seharinya antara 400-500 orang.

Awal tahun ini, untuk pertama kalinya, RM Coto Nusantara buka cabang. Lokasi cabangnya berada di Jalan Merpati, belakang kantor Bank Sulsel. Resto ini tetap memakai nama Coto Nusantara, tidak memakai nama 'Coto Burung Merpati'.


RM Coto Nusantara
Jalan Nusantara
Kota Makassar - 90174
Sulawesi Selatan

Peta & Citra Satelit