Satu Indonesia, Berjuta Placesnya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

PTTUN Makassar

Rabu, 20 April 2011 12:07:41
photo: zakila/indoplaces

Texas itu adanya di Amerika. Tapi kalau Tanah Texas, adanya di samping supermarket Jumpo, di pusat kota Manado. Dan tanah seluas 2.682 meter persegi ini sedang 'diperebutkan' oleh Pemkot Manado dan Effendi Purnama, pengusaha asal Makassar. Pemkot ingin menjadikannya kawasan wisata ibadah ala Bukit Kasih atau Bukit Doa di Kanonang, yang berisi tempat ibadah semua agama. Anggarannya pun sudah diplot di APBD 2011.

Sayangnya, rencana itu harus ditunda karena Februari lalu, Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Manado memenangkan Effendi. Terhadap keputusan itu, Pemkot Manado mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) Makassar. Sebelum jadi sengketa, HGB tanah itu berada di tangan perusahaan pelat merah PT Cipta Niaga, yang kemudian berubah nama jadi PT Perusahaan Perdagangan Indonesia. Belakangan, BUMN ini dilikuidasi dan Tanah Texas termasuk yang dilelang dan dibeli Effendi Purnama.

Kalau Pemkot Manado mengajukan banding ke PTTUN Makassar, ya wajar saja. PTUN Manado memang masuk wilayah hukum PTTUN Makassar, yang memang membawahi semua PTUN di Indonesia Timur. Berdiri sejak 1991, selain PTUN Manado, PTTUN Makassar membawahi pula PTUN Makassar, Palu, Kendari, Ambon dan Jayapura.

Banyak pihak 'sudah menikmati' PTTUN Makassar. Pada 2009, misalnya empat anak perusahaan PT Astra Agro Lestari Tbk (PT Mamuang, PT Letawa, PT Suryaraya Lestari dan PT Pasangkayu), menang ketika mengajukan banding atas keputusan PTUN Makassar yang mensahkan sertifikat HGU bagi lahan seluas 30.442 hektar yang diberikan BPN kepada PT Indonesia Unggul Bersatu.

Peta & Citra Satelit

Andi Pangeran Pettarani

PTTUN Makassar
Jalan AP Pettarani No. 45
Kota Makassar - 90222
Sulawesi Selatan

Tel: 0411-452773, 420679
Fax: 0511-452016

Website: www.pttun-makassar.go.id