Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat

Jumat, 10 Juli 2015 23:28:37
photo: che/indoplaces

Sejak Jumat pagi tadi, H-7, Stasiun Pasar Senen sudah terlihat amat sibuk melayani arus mudik. Dan mulai hari ini pula, PT Kereta Api Indonesia, mulai mengerahkan 6 kereta tambahan. Hingga pukul 22.30 WIB, Pos Kota melaporkan sudah tercatat 23.068 penumpang yang diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen, menggunakan 26 kereta reguler dan 6 kereta tambahan. Jumlah penumpang ini jauh lebih besar dari hari Kamis kemarin, yang hanya 18.965 orang, saat PT KAI baru mulai mengerahkan 1 kereta tambahan. Keberangkatan dari stasiun Pasar Senen, seperti biasa, didominasi oleh kereta api kelas ekonomi dan bisis.

Selain Stasiun Pasar Senen, stasiun yang jadi titik awal keberangkatan kereta dari Jakarta adalah Stasiun Gambir, yang jaraknya tak seberapa jauh dari Stasiun Pasar Senen. Berbeda dari Stasiun Pasar Senen, Stasiun Gambir lebih banyak digunakan untuk kereta kelas eksekutif dan kelas bisnis. Mulai hari ini, PT KAI juga mengerahkan 6 kereta tambahan di Stasiun Gambir. Kedua stasiun ini sama-sama berada di wilayah Jakarta Pusat. Dan sepanjang musim lebaran ini kereta mulai diberangkatkan mulia pukul 05.30 WIB dan kereta terakhir pada pukul 00.30 WIB. Pada pukul 12.00 siang, Tempo mengabarkan kalau jumlah penumpang yang diberangkatkan dari Pasar Senen sudah mencapai 11.314 orang.

Pengoperasian 12 kereta tambahan tadi, kata Kepala Humas PT KAI Daerah Operasi I Jakarta Bambang Setyo Prayitno, memang sengaja dilakukan hari ini karena memang sudah diperhitungkan. Soal tiket, seluruh tiket --termasuk yang untuk kereta tambahan-- sudah terjual habis untuk periode H-5 hingga H-1. Meski begitu ia mempersilakan para calon pemudik mengecek layanan tiket online, untuk mengantisipasi kemungkinan adanya tiket-tiket yang dibatalkan.

Peta & Citra Satelit

Stasiun Senen

Stasiun Pasar Senen
PT Kereta Api Indonesia - Daops I Jakarta
Jl. Stasiun Pasar Senen
Kelurahan Senen
Kecamatan Senen
Jakarta Pusat

Stasiun Klasik Tak Artistik

Stasiun Pasar Senen, yang sekarang berada di seberang Terminal Pasar Senen (terminal bus dan angkot), memang barang antik. Tercatat dibangun pada 1924, stasiun ini diresmikan penggunannya pada 19 Maret 1925. Di masa sebelumnya, stasiun ini sebenarnya juga sudah eksis. Ia hadir sejak 1733 sebagai halte bagi trem listrik yang melitnas di Jakarta tempo dulu. Sekarang, berkat UU No 5 tahun 1993, Stasiun Pasar Senen sudah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya.

Rumah Kaca Senen

Kalau sekarang datang ke Stasiun Pasar Senen, jangan berharap bisa menikmati sosoknya sebagai barang antik cagar budaya. Karena pemudik berjejejalan? Bukan. Keantikan stasiun ini sudah tak terlihat lagi karena area utama sang stasiun sekarang ini sudah dikurungi oleh rumah kaca ber-rangka baja. Rumah kaca ini memang fungsional untuk check-in penumpang, tapi jelas amat tidak selaras dan tidak peduli dengan estetika bangunan cagar budaya.


Update - 13 Juli 2015 Agar calon penumpang tidak kepanasan, rumah kaca Stasiun Pasar Senen kini dipasangi kaca film. Pekerjaan berlangsung sejak Jumat 10 Juli dan hingga hari Senin 13 Juli 2015 masih terus dikerjakan.

Ular Antrian Pasar Senen

Budaya antri kabarnya sudah bagus di Stasiun Pasar Senen. Terlebih tentara berseragam hijau pun ikut dikerahkan di sana. Pertanyaannya: sampai kapan budaya antri harus ada? Mengapa sibuk mengganti sistem antrian yang satu dengan sistem anrtian yang lain, dan bukannya melenyapkan antrian? Sampai kapan orang harus bolak-balik menunjukkan KTP hanya untuk naik kereta api?
Places TerdekatKm
SPBU Shell Pasar Senen: In Memoriam 0,309
Menara Menkeu, Gedung Dhanapala 0,536
Gedung Sumitro Djojohadikusumo, Kantor Bapepam-LK 0,683
Gedung Daendels, Kantor Menko Perekonomian 0,866
Dari Passer Baroe ke Pasar Baru 1,319
Galeri Nasional Indonesia di Koningsplein Cost 1,321
Masjid Istiqlal 1,350
LKBN Antara, Warisan Adam Malik di Pasar Baru 1,351
Stasiun Gambir, Jakarta Pusat 1,464
Gedung Seni Rupa IKJ 1,612
Hotel TerdekatKm
Lumire Hotel & Convention Center, Senen, Jakarta Pusat 0,436
Hotel Banyuwangi Sintera, Pasar Baru 1,862
Amazing Kutaradja Hotel, Jakarta Pusat 1,917
Grand Cempaka Business Hotel 1,938
Alpine Hotel, Gunung Sahari, Jakarta Pusat 2,112
Marcopolo Hotel, Teuku Cik Ditiro, Jakarta Pusat 2,533
Sari Pan Pacific Hotel 2,549
Puri Mega Hotel, Rawasari, Jakarta Pusat 3,006
Hotel Nikko Jakarta 3,085
Hotel Tugu Asri, Tanah Abang 3,227