Satu Indonesia, Berjuta Placesnya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Dari Passer Baroe ke Pasar Baru

Jumat, 04 Februari 2011 12:33:03
photo: jobojero/indoplaces

Salah satu kawasan di Jakarta yang bangga dengan masa lalunya adalah Pasar Baru. Bernuansa pecinan, kawasan perbelanjaan yang berakte kelahiran 1820 ini dulunya menyandang nama Passer Baroe. Konon, di zaman Jakarta masih bernama Batavia dulu, Pasar Baru merupakan surga belanja bagi kalangan jetset kompeni. Berbagai toko milik pedagang berdarah China dan India berjajar di kiri-kanan jalan sepanjang 600 meter, mulai dari sisi selatan (sekarang seberang Gedung Kesenian Jakarta) hingga ke ujung utara (sekarang Metro Pasar Baru).

Beberapa bangunan berarsitektur Chinia di Jalan Pasar, sudah dimasukkan dalam daftar cagar budaya Pemda DKI Jakarta. Namun gerbang bernuansa China dan bergaya benteng yang sekarang ada, di sisi pinggir kali seberang Gedung Kesenian Jakarta, bukanlah gerbang asli. Itu hanya gerbang baru yang dimunculkan dalam upaya 'ngangetin' kawasan pusat perbelanjaan yang kian redup tergerus pusat perbelanjaan modern dan baru.

Peta & Citra Satelit

Bangunan Cagar Budaya

Pasar Baru
Kelurahan Pasar Baru
Kecamatan Sawah Besar
Jakarta Pusat 10710

Legenda:
A = LKBN Antara
K = Gedung Kesenian Jakarta
P = Pasar Baru

Pasar Senen

Nama Pasar Baru disematkan karena pada masa itu pasar tersebut memang baru. Lebih baru dari pasar-pasar lain yang sudah lebih dulu hadir di Batavia: Pasar Senen, Pasar Tanah Abang, dan Pasar Jatinegara. Bedanya, karena lokasinya yang tak jauh dari Jalan Veteran, yang sekarang jadi area belakang Istana Negara dan Bina Graha, Pasar Baru dikenal sebagai kawasan perbelanjaan elit di masanya.

Salah satu warisan keelitannya mungkin adalah kebiasaan orang Jakarta membuat jas: kalau bikin jas, pasti ke Pasar Baru. Karenanya wajar kalau di Pasar Baru sejumlah toko selalu pasang promosi pembuatan jas dengan motto: Pagi Pesan Sore Kelar.

Dunia Moda

Toko tekstil dan penjahit Dunia Moda, Pasar Baru.

Toko Sepatu Milano

Toko sepatu Milano dan toko tekstil dan penjahit Hiro.