Satu Indonesia, Berjuta Placesnya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Gedung Daendels, Kantor Menko Perekonomian

Selasa, 01 Maret 2011 16:06:21
photo: jobojero/indoplaces

Kalau mau disebut Gedung Daendels, boleh saja. Gedung di jalanan Lapangan Banteng Timur ini memang dibangun atas perintah Gubernur Jenderal Daendels, tokoh yang juga memerintahkan pembuatan jalan Anyer-Panarukan (jalur pantura). Niatnya, gedung yang dibangun pada 1809 itu dijadikan istana, yang selain berfungsi untuk kediaman Gubernur Jenderal, juga berfungsi sebagai perkantoran dan gedung untuk menerima tamu negara.

Gedung itu tidak rampung karena keburu Daendels dipindahkan ke Polandia pada 1811. Oleh penggantinya, gedung itu dirampungkan dan akhirnya diberi nama 'Gedung Putih' (Het Witte Huis). Hanya saja fungsinya tak sebagai istana. Melainkan dipakai bersama oleh Kantor Pos, Percatakan Negara, dan Pengadilan Tinggi. Kini, oleh Pemerintah DKI Jakarta, Gedung Putih itu ditetapkan sebagai salah satu bangunan cagar budaya.

Di masa orba, Gedung Putih ini menjadi kantor Sumitro Joyohadikusumo dan Radius Prawiro, baik sebagai menteri keuangan maupun sebagai menteri perekonomian. Karena itu pula lantas disebut Gedung Departemen Keuangan. Ketika ahirnya menkeu pindah ke gedung baru di seberang jalan, gedung-gedung di kompleks ini sepenuhnya dipakai menteri perekonomian, termasuk sekarang ini oleh Menko Perekonomian Hatta Radjasa.

Peta & Citra Satelit

Gedung Putih

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian
Jalan Lapangan Banteng Timur No. 2-4
Kelurahan Pasar Baru
Kecamatan Sawah Besar
Jakarta Pusat - 10710

Tel: 021-3521835
Fax: 021-3511643

Website: www.ekon.go.id