Satu Indonesia, Berjuta Placesnya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Pemerintah Kabupaten Pangandaran

Jumat, 21 Juni 2013 15:39:25
photo: KKN Unpad 2011

Satu kantor tiga pejabat: pak kades, pak camat, dan pak bupati. Kurang lebih, itu yang terjadi di Pangandaran, yang baru saja resmi menjadi kabupaten baru. Pak Bupati yang baru perlu kantor. Kantor Kepala Desa Karangbenda, Kecamatan Parigi, pun dilirik. Tidak seluruh kantor desa. Cukup aulanya saja. Bisakah dipakai? Sayang, Pak Bupati kalah cepat dari Camat Parigi. Pak Camat cudah lebih dahulu menempati aula itu karena kantornya sedang direnovasi. Tapi akhirnya, Pak Bupati bisa juga berkantor di sana. Pak Camat mengalah, dan... besok-besok masih harus mengalah lagi.

Kabupaten Pangandaran memang pendatang baru di jagad daerah otonom. Kabupaten pemekaran dari Kabupaten Ciamis ini lahir lewat UU No. 21 tahun 2012 yang diteken Presiden SBY pada 16 November 2012. Namun, meski namanya Kabupaten Pangandaran, yang terpilih sebagai ibukota bukanlah Kecamatan Pangandaran --yang pantai putihnya populer sebagai tujuan wisata---, melainkan Kecamatan Parigi, kecamatan yang berada di tengah-tengah wilayah kabupaten, antara pantai Pangandaran (Kecamatan Pangandaran) di Timur dan Bandara Nusawiru (Kecamatan Cijulang) di Barat-nya.

Untuk memimpin kabupaten ini, pada 22 April 2013 lalu, Mendagri Gamawan Fauzi telah melantik Endjang Naffandi sebagai Penjabat Bupati Pangandaran. Pelantikannya berbarengan dengan pelantikan 10 kepala daerah otonom baru lainnya.

Lahan untuk kantor bupati sudah disiapkan. Luasnya 50 hektar, berada di Dusun Cintasari, Desa Cintaratu, Kecamatan Parigi. Lokasinya sekitar 2,5 kilometer dari jalan negara atau Jalan Raya Parigi-Cijulang. Saat ini, lahan tersebut masih berupa sawah dan kebun.

Lantas, bagaimana persoalan kantor tadi? Semula, Pak Bupati ditawari gedung Kantor KUD Minapari di Bojong Salawe, tak jauh dari pantai selatan. Selain bisa menatap indahnya pantai, dari kantor itu Pak Bupati juga bisa menikmati pemandangan pesawat yang baru lepas landas atau akan mendarat di Bandara Nusawiru. Sayang, menurut Endjang, kantor itu kurang strategis dan sulit diakses.

Endjang lebih suka jika berkantor di aula Kantor Kepala Desa Karangbenda, yang dinilai lebih strategis karena berada di Jalan Raya Parigi, yang merupakan jalan nasional di tepian pantai selatan. Pansus Percepatan Pelantikan Bupati Pangandaran pun, yang terdiri dari anggota DPRD Ciamis (kabupaten induk), April lalu sudah pernah mensurvei kantor desa yang kerap disambangi mahasiswa KKN Universitas Padjajaran ini. Operator selular pun sudah menancapkan BTS-nya di halaman belakang kantor desa.

Dan seperti sudah disebut tadi, Bupati Endjang Naffandi memang akhirnya berkantor di sana. Pak Camat mengalah. Mulai 16 Mei 2013, ia pindah ke gedung bekas Kantor Kepala Desa Cintaratu. Sedangkan Pak Bupati, meski tidak seratus persen, mulai menempati aula Kantor Desa Karangbenda pada 20 Mei 2013.

Agar aula Kantor Desa Karangbenda lebih layak buat kantor bupati, aula tersebut kini sedang dibenahi: disekat menjadi ruang kantor dan sebagainya. Walhasil, untuk sementara ini, Pak Bupati harus menyewa juga sebuah rumah yang tak jauh dari sana untuk dijadikan ruang kerjanya. Meski begitu, saat melantik 6 kepala desa pada 8 Juni lalu, aula itu sempat juga dipakai sebagai tempat pelantikan.

Kelak, kalau renovasi aula kantor Desa Karangbenda sudah beres, Pak Bupati akan sepenuhnya berkantor di sana. Ini berarti pula, jika ingin ke kantor, Bupati Endjang cukup menyeberang jalan saja. Soalnya, yang ini sudah beres lebih dulu, pak bupati sudah disediakan rumah dinas dua lantai yang letaknya tepat di seberang Kantor Desa Karangbenda.

Lantas, kapan kantor bupati sungguhan akan dibangun? Entahlah. Yang pasti, kalau nanti Kantor Kecamatan Parigi sudah selesai direnovasi, Pak Bupati lah yang akan menempati kantor itu. Bukan Camat Parigi. Singkat kata, lagi-lagi Pak Camat harus mengalah. Kantor Camat Parigi akan jadi Kantor Bupati Pangandaran, sampai bupati punya kantor sendiri. Dan alun-alun Kecamatan Parigi, yang terlihat di citra satelit, juga akan menjadi alun-alun Kabupaten Pangandaran.

Peta & Citra Satelit

Kantor Bupati Pangandaran

Kantor Bupati Pangandaran
d/a Kantor Kepala Desa Karangbenda
Jl. Raya Parigi-Cijulang
Kecamatan Parigi
Pangandaran
Jawa Barat

Kecamatan di Pangandaran

Kecamatan di Kabupaten Pangandaran:
  1. Parigi
  2. Cijulang
  3. Cimerak
  4. Cigugur
  5. Langkaplancar
  6. Mangunjaya
  7. Padaherang
  8. Kalipucang
  9. Pangandaran
  10. Sidamulih
.
Jual Test Kita Demam Berdarah
Places TerdekatKm
Bandara Nusawiru, Kabupaten Pangandaran 2,165
Pendopo Walikota Banjar 37,361
Pemerintah Kota Banjar 38,396
Pemerintah Kabupaten Ciamis 44,658
Bandara Wiriadinata, Kota Tasikmalaya 48,427
Pangkalan Udara Wiriadinata 48,491
Pemerintah Kota Tasikmalaya 53,972
Kilang Pertamina Cilacap 55,795
Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya 56,590
Bandara Tunggul Wulung, Kabupaten Cilacap 59,733
Hotel TerdekatKm
Purnama Mulia Hotel, Kabupaten Kuningan 81,027
Garuda Hotel, Kemranjen, Banyumas 87,271
Hotel Aston Imperium Purwokerto 88,554
Kampung Sumber Alam Resort 89,953
Tirta Sanita Spa & Resort Hotel 90,973
Kampung Sampireun Resort & Spa 93,091
Anggraeni Hotel, Ketanggungan, Kabupaten Brebes 95,432
Amanah Benua Hotel 107,111
Zamrud Hotel, Kota Cirebon 110,616
Ibis Budget Cirebon Hotel, Kota Cirebon 110,768

Sewu Kuto Logistik
Mengirim kargo ke ribuan kota di Indonesia. Cepat, aman, dan terjangkau.

Kapal Pelni
Jadwal komplit kapal Pelni ke seluruh Nusantara

Bioskop Online
Info dan sinopsis film bioskop terbaru, hot, dan populer.