Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Pemkab Sukoharjo

Kamis, 24 Februari 2011 04:01:43
photo: pemkab sukoharjo

Sukoharjo adalah kabupaten terkecil di Provinsi Jawa Tengah. Wilayahnya hanya 1,43 persen luas wilayah Jawa tengah, atau hanya 46.666 kilometer persegi. Kabupaten ini lahir dari 'gerakan anti-swapraja' atau anti-pemerintahan raja-raja di Surakarta.

Ceritanya, di zaman Jepang dulu wilayah Karesidenan Surakarta dipecah menjadi dua pemerintahan kerajaan (swapraja): Mangkunegaran dan Kasunanan. Wilayah Mangkunegaran meliputi kabupaten Karanganyar, Wonogiri, dan sebagian kota Solo. Sedangkan wilayah Kasunanan mencakup kabupaten Sragen, Klaten, Boyolali, dan Kutha Surakarta. Sukoharjo sendiri, ketika itu, menjadi salah satu kawedanan di Kutha Surakarta.

Di zaman Indonesia merdeka, pada 27 Mei 1946 Kabupaten Karanganyar nekat menyataka diri keluar dari Mangkunegaran. Langkah ini lantas diikuti Sragen dan Boyolali, yang menyatakan keluar dari Kasunanan.

Kutha Surakarta menyusul pada 16 Juni 1946 dengan memproklamirkan berdirinya Kotamadya Surakarta. Langkah Kotamadya Surakarta itu direstui pemerintah pusat dengan menerbitkan PP No. 16/SD tanggal 15 Juli 1946 yang secara defakto 'menghapus' keswaprajaan Mangkunegaran dan Kasunanan.

Keluarnya PP ini lantas dimanfaatkan pula oleh kawedanan Sukoharjo, Bekonang, dan Kartasura untuk membentuk kabupaten tersendiri: Kabupaten Sukoharjo. Tanggal keluarnya PP itu sekarang diperingati sebagai hari lahir Kabupaten Sukoharjo.

Langkah pembentukan Kabupaten Sukoharjo itu akhirnya direstui pemerintah pusat lewat Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1950 tentang Pembentukan Daerah-Daerah Kabupaten di Wilayah Provinsi Jawa Tengah.

Peta & Citra Satelit

Kantor Bupati Sukoharjo

Pemerintah Kabupaten Sukoharjo
Jalan Jenderal Sudirman No. 199
Sukoharjo
Jawa Tengah

Tel: 0271-593067, 593181

Website: www.sukoharjo.kab.go.id

Kecamatan di Sukoharjo

Saat ini, Kabupaten Sukoharjo terdiri dari 12 kecamatan:
  1. Sukoharjo
  2. Grogol
  3. Baki
  4. Gatak
  5. Kartasura
  6. Mojolaban
  7. Polokarto
  8. Bendosari
  9. Nguter
  10. Tawangsari
  11. Bulu
  12. Weru


Bekonang, yang ikut membentuk Kabupaten Sukoharjo, sekarang masuk dalam wilayah kecamatan Mojolaban. Desa Bekonang dikenal sebagai daerah penghasil ciu atau minuman tradisional beralkohol, dan telah pula ditetapkan sebagai sentra industri kecil alkohol.

Alkohol yang diproduksi industri kecil Bekonang, berkat binaan dari PT Indo Acidatama Chemical Industry pada 1997, kini kadarnya sudah bisa mencapai 70-90 persen.

PT Indo Acidatama Chemical Industry sendiri, yang bermarkas di kabupaten tetangga, Karanganyar, sekarang sudah go public dan menjadi PT Indo Acidatama Tbk. Perusahaan ini merupakan produsen ethanol terbesar di Indonesia ( www.acidatama.co.id ).