Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Royal Ambarrukmo Hotel
Senin, 24 Februari 2014 18:58:37
photo: jobojero/indoplaces
Hotel Ambarrukmo atau Ambarrukmo Palace Hotel. Itu nama lama, saat sepenuhnya dikelola Keraton Yogyakarta. Belakangan, Group Hotel Santika ikut bergabung dan mengelola hotel yang sempat terlantar sejak 2005. Setelah direnovasi, pada 27 Oktober 2011, hotel ini dibuka kembali dengan nama baru: Royal Ambarrukmo. Adapun pemiliknya masih tetap sama: Keraton Yogyakarta, via PT Putra Mataram Indah Wisata. Sedangkan Santika Group, bagian dari Kelompok Kompas Gramedia (KKG), menjadi pengelola lewat PT Grahawita Santika.

Royal Ambarrukmo termasuk cagar budaya Yogyakarta, akrena punya catatan sejarah panjang. Area hotel itu doeloenya dikenal sebagai Pesanggrahan Abarrukmo atau Kedaton Ambarrukmo, yang dibangun Sultan Hamengkubuwono V. Pada 1897, oleh Hamengkubuwono VI, pesanggrahan itu disulap jadi tempat menjamu tamu. Sepeninggalnya, Ambarrukmo menjadi tempat tinggal sultan-sultan berikutnya. Ketika Soekarno berkuasa, dan Yogyakarta dipimpin Soeltan Hamengkubuwono IX, keduanya sepakat untuk membangun hotel kelas international dari sisa pampasan perang Jepang. Hotel Ambarrukmo pun lantas hadir dan beroperasi sebagai hotel mewah mulai 1966. Delapan tahun kemudian, 1974, hotel ini diperluas dengan menampah satu gedung lagi di sampingnya. Sosok hotel pun menjadi seperti huruf 'L'.

Hotel Ambarrukmo versi baru memiliki 247 kamar: 174 kamar deluxe balcony, 41 kamar deluxe Merapi view, 18 Ambarrukmo Club Rooms, 13 Premiere Suites, dan 1 Ambarrukmo Suite. Yang dari zaman dulu diunggulkan adalah kamar-kamar Merapi View. Kamar ini punya balkon atau teras luar yang menghadap ke arah Gunung Merapi.

Ketika Royal Ambarrukmo versi baru dibuka, hotel ini masih menyandang status sebagai hotel bintang empat. Saat ulang tahun kedua, Royal Ambarrukmo menerima sertifikat kelayakannya menjadi hotel bintang lima.

Berada di pusat kota Yogyakarta, Royal Ambarrukmo sekarang tak sendirian Lagi. Di samping baratnya, di area Kedatton Ambarrukmo juga, sejak 2006 telah hadir Ambarrukmo Plaza. Mall yang sosoknya besar ini diklaim sebagai yang terbesar di seantoro DI Yogyakarta dan Jawa Tengah.
Royal Ambarrukmo
Jl. Adi Sucipto No. 81
Yogyakarta - 55281
Daerah Istimewa Yogyakarta

Tel: 0274-488488
Fax: 0274-488789


Website: www.royalambarrukmo.com

Plaza Ambarukmo - www.plaza-ambarrukmo.co.id
Jika diulang tahun pertamanya menerima sertifikat hotel bintang 5, pada ulang tahunnya yang kedua, Royal Ambarrukmo mengukuhkan dirinya sebagai hotel konvensi. Hal ini ditandai dengan peresmian The Kasultanan Ballroom pada Desember 2013. Ballroom dengan kapasitas 2.000 orang itu (standing) diklaim sebagai balroom terbesar di seantero Daerah Istimewa Yogyakarta. Meski diresmikan bulan Desember, ballroom ini sudah mulai laris manis dipergunakan untuk berbagai event sejak beberapa bulan sebelumnya.
Tak ingin melupakan sejarah, di kompleks Royall Ambarrukmo kini juga telah hadir Museum Mini Kedaton Ambarrukmo. Museum ini dibangun di antara gedung hotel Royall Ambarrukmo dan gedung Ambarrukmo Plaza. Museum ini berisi lukisan potret para sultan, foto-foto lama, aneka kain batik, keris, dan wayang. Sebagian dari benda-benda yang digelar di museum itu sudah masuk catatan UNESCO sebagai warisan budaya.