Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Pemerintah Kabupaten Gianyar

Sabtu, 12 Maret 2011 18:41:36
photo: google street view

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, seorang presiden berkunjung ke Kantor Bupati Gianyar. Sayangnya, sang presiden, Susilo Bambang Yudhoyono, tak bertemu atau disambut sang bupati. Juga tidak oleh wakil bupati. Kabarnya, saat SBY datang pada Jumat, 10 Desember 2010, Bupati Tjokoda Oka Artha Ardhana Sukawati sedang berada di Jakarta. Sedangkan Wakil Bupati Dewa Made Sutanaya sedang menghadiri sidang Paripurna di Ruang Sidang DPRD. Walhasil, SBY hanya disambut oleh Sekda Cokorda Gde Putra Nindia.

Kunjungan SBY itu sendiri konon memang kunjungan dadakan. SBY sedang dalam perjalanan menuju Pura Besakih di Kabupaten Karangasem. Entah bagaimana ceritanya, sekitar pukul 10.30 WIB, rombongan presiden --termasuk Gubernur Bali Made Mangku Pastika-- mendadak berbelok ke kantor bupati.

Pada kunjungannya ke kantor yang berseberangan dengan depan Polres Gianyar dan Kodim 1616 Gianyar itu, SBY sempat mengamati dan mengagumi sebuah Patung Garuda Wisnu yang terpajang di depan ruang kerja Bupati Gianyar. Gubernur Bali pun lantas sedikit bercerita tentang Gianyar sebagai pusat seni-nya Bali.

Kalau Pak Bupati ada di tempat, boleh jadi SBY diajak melihat Taman Kota Ciung Wanara, yang berada di pertigaan di samping kanan kantor bupati. Di sana, selain ada patung Garuda Wisnu, juga ada patung Kresna mengendarai kereta kuda, Dewa Indra, Dewi Ratih, dan Kalarau, dewa penelan bulan. Semua patung itu sumbangan para seniman top Gianyar untuk memeriahkan kotanya.

Lantaran tuan rumah tak ada, SBY hanya mampir 10 menit di Kantor Bupati Gianyar, untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke Pura Besakih. Selepas tengah hari, SBY kembali ke Denpasar dan terbang ke Jakarta.

Meski siang itu tak bersua dengan Bupati Gianyar, keduanya sempat bertemu beberapa hari sebelumnya. Kapan? Saat 'nobar' alias nonton bareng pertandingan timnas sepakbola Indonesia vs Thailand di Istana Tampaksiring, 7 Desember 2010. Pertandingan sepakbola Piala AFF 2010 itu berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Indonesia. Adapun Istana Tampaksiring berada di Desa Tampaksiring, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar.

SBY sendiri hadir di Bali sejak 5 Desember. Selain untuk meresmikan beberapa proyek, di Bali SBY juga mengadakan pertemuan dengan petinggi negara tetangga: Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, Perdana Menteri Timor Leste Kay Rala Xanana Gusmao, Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak, Menlu Australia Kevin Rudd, dan Senator AS David Prince.

Di hari terakhir kunjungannya, SBY membuka konferensi ''Bali Democracy Forum Ke-3'' di Nusa Dua. Dari tempat konferensi inilah SBY meluncur ke kantor bupati Gianyar.

Peta & Citra Satelit

Kantor Bupati Gianyar

Pemerintah Kabupaten Gianyar
Jl. Gustri Ngurah Rai No. 5-7
Kecamatan Gianyar
Kabupaten Gianyar
Provinsi Bali

Tel: 0361-944123

Website: www.gianyarkab.go.id

Dinas Pariwisata Gianyar - www.gianyartourism.com

Kecamatan di Gianyar

Pemerintahan di Kabupaten Gianyar dikelola lewat 7 kecamatan. Selain itu, juga ada 6 kelurahan, 64 desa, 541 banjar, 45 lingkungan.

Ketujuh kecamatan di Gianyar adalah:
  1. Gianyar
  2. Blahbatuh
  3. Ubud
  4. Sukawati
  5. Tampaksiring
  6. Tegallalang
  7. Payangan