Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya

Gianyar

  • Jelang Kuningan, Tradisi Ngelawang Ramaikan Ubud

    Jumat, 15 Juli 2011 18:36:06
    3743 klik
    Antara Bali -- Menjelang hari raya Kuningan (Sabtu, 16/7), tradisi 'ngelawang' atau pementasan kesenian barong berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya menjadi atraksi yang unik dan menarik di perkampungan seniman Ubud, Kabupaten Gianyar. ''Menarikan barong di jalanan atau ngelawang itu sudah menjadi tradisi di kawasan wisata Ubud,'' kata I Wayan Roja, salah seorang seniman di Ubud, Jumat. Tarian yang dibawakan puluhan anak-anak itu menyasar rumah tangga atau toko-toko yang berjualan dari satu tempat ke tempat lainnya di Kelurahan, Ubud. ''Begitu menari para anak -anak itu diupah atau dibayar seadanya sebagai tanda terima kasih,'' jelas Wayan Roja.
  • Menpora Kirim Auditor Periksa Ambruknya GOR Gianyar

    Jumat, 18 Februari 2011 22:16:49
    2022 klik
    Detik -- Kemenpora segera menurunkan auditor dari Inspektorat Kemenpora untuk memeriksa kasus ambruknya gedung olahraga (GOR) Wantilan di Gianyar, Bali. ''Auditor akan mendalami semua aspek pembangunan, dari aspek administratif maupun konstruksi bangunan,'' kata Deputi Kemenpora Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Lalu Wildan. GOR serbaguna (wantilan) di Desa Adat Perasada, Desa Pering, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, itu ambruk hari Kamis (17/2/2011). Sebagian dana pembangunan, Rp 400 juta, merupakan bantuan dari Kemenpora. Total rencana biaya GOR mencapai Rp 1,8 miliar.
  • Empat Daerah Raih Penghargaan Inovasi

    Kamis, 16 Desember 2010 17:54:18
    3542 klik
    Seputar Indonesia -- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menganugerahkan Innovative Government Award (IGA) 2010 kepada empat kabupaten/kota. Keempat daerah itu dikukuhkan sebagai daerah paling kreatif tahun 2010. Empat daerah itu adalah Kabupaten Gianyar untuk kategori inovasi dalam peningkatan daya saing daerah, Kota Surakarta untuk kategori inovasi pelayanan publik, Kabupaten Solok dalam kategori inovasi tata kelola pemerintahan, Kabupaten Boalemo untuk kategori inovasi pemberdayaan masyarakat.
  • SBY Mendadak Kunjungi Pemkab Gianyar

    Jumat, 10 Desember 2010 17:54:35
    1722 klik
    Antara Bali -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono secara mendadak berkunjung ke kantor Pemerintah Kabupaten Gianyar selama 10 menit sebelum menuju ke Pura Besakih di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Jumat. Pada saat kunjungan itu Presiden didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono, Menbudpar Jero Wacik, Menpora Andi Mallarangeng, Gubernur Bali I Made Mangku Pastika. Rombongan Presiden saat itu dalam perjalanan dari menghadiri acara Bali Demokrasi Forum (BDF) di Nusa Dua. Pada saat kunjungan itu, Presiden diterima oleh Sekda Gianyar Cokorda Gde Putra Nindia sekitar pukul 10.30 Wita.
  • SBY Nobar Piala AFF di Istana Tampaksiring

    Selasa, 07 Desember 2010 20:41:20
    1527 klik
    Presidensby.info -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Hj Ani Bambang Yudhoyono menggelar nonton bareng (nobar) Piala AFF 2010 antara Indonesia lawan Thailand di Istana Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali, Selasa (7/12) pukul 20.30 WITA atau 19.30 WIB. Tampak ikut serta dalam nobar ini sejumlah menteri KIB II, diantaranya Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Mensesneg Sudi Silalahi, Menpora Andi Mallarangeng, Panglima TNI Agus Suhartono, Kapolri Timur Pradopo, dan Seskab Dipo Alam. Hadir pula Bupati Gianyar, Kapolres Gianyar, Ketua KONI Bali, Karang Taruna Pemuda Manukaya Tampaksiring, atlet berprestasi, klub-klub sepakbola setempat seperti Puma (Putra Manukaya) FC, dan Tampaksiring FC.
  • Jenazah Istri Pelukis Antonio Blanco Hanya Dibakar

    Selasa, 16 Nopember 2010 17:53:08
    5263 klik
    Antara Bali -- Jenazah Ni Ronji, penari tradisional Bali yang juga istri dari pelukis asal spanyol almarhum Don Antonio Blanco, tidak akan diaben, melainkan hanya dibakar di tempat yang biasa disebut 'joli'. Mario Blanco, salah seorang putra dari Ni Ronji di Ubud, Selasa mengatakan, jenazah ibunya hanya diupacarai 'mekingsan geni' atau dibakar biasa karena di desa setempat sedang digelar piodalan aau ulang tahun pura. ''Meskipun hanya dibakar, abunya tetap dibuang ke samudra,'' katanya. Rencananya, pembakaran jenazah dilakukan di Kuburan Desa Penestanan Kelod, Kecamatan UBud, Kabupaten Gianyar, Rabu (17/11).
‹‹ 1 ››

Places di Gianyar

Don Antonio Blanco Museum

Sabtu, 16 Juli 2011 14:00:49
Don Antonio Blanco Museum. Itu nama resminya. Kalau kita lebih sering menyebutnya Museum Lukisan Antonio Blanco. Atau ada juga yang menyebutnya 'The Blanco Renaissance Museum'. Museum di Campuhan, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, ini ini tak lain m...

Pura Tirta Empul

Sabtu, 16 Juli 2011 10:31:30
Bersebelahan dengan Istana Tampaksiring, Pura Tirta Empul dikenal sebagai pura yang memiliki banyak pancuran yang tanpa henti mengucurkan air suci. Banyak orang menceburkan diri ke kolam dan mandi dibawah pancuran air dingin dan suci itu. Menurut riw...

Istana Tampaksiring

Sabtu, 09 April 2011 19:49:50
Istana Tampaksiring kabarnya jadi satu-satunya istana presiden yang dibangun sendiri oleh bangsa Indonesia: bukan menggunakan gedung warisan Belanda. Mulai dibangun pada 1957, istana yang rancangannya tak nyaman dilihat dari langit ini terhampar di l...

Pemerintah Kabupaten Gianyar

Sabtu, 12 Maret 2011 18:41:36
Untuk pertama kalinya dalam sejarah, seorang presiden berkunjung ke Kantor Bupati Gianyar. Sayangnya, sang presiden, Susilo Bambang Yudhoyono, tak bertemu atau disambut sang bupati. Juga tidak oleh wakil bupati. Kabarnya, saat SBY datang pada Jumat, ...