Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Stasiun Cirebon Prujakan, Kota Cirebon
Jumat, 10 Juli 2015 16:24:19
photo: che/indoplaces
Setiap 8 menit sekali ada kereta yang melintas di Kota Cirebon. Kesibukan itu bersumber dari 54 trayek kereta api reguler yang setiap hari memunculkan 144 perjalanan kereta api, baik dari arah barat (terutama Jakarta) ke wilayah timur Pulau Jawa, maupun sebaliknya. Juga dari arah utara ke selatan Jawa, maupun sebaliknya. Singkat kata, Kota Cirebon adalah 'simpang tiga' jalur kereta api Pulau Jawa yang padat. Lebih kongkrit lagi, simpang tiga itu berada di Stasiun KA Cirebon Prujakan, stasiun yang masih mulus karena baru diupgrade dan kini punya 9 jalur rel kereta api.

Selain sebagai simpang tiga, karakter lain stasiun Prujakan adalah dia menjadi stasiun pemberhentian kereta penumpang kelas ekonomi atau membawa gerbong kelas ekonomi. Sedangkan kereta kelas eksekutif menaik-turunkan penumpang di stasiun Cirebon yang satu lagi, yakni Stasiun Cirebon, tanpa imbuhan kata lain pada namanya. Stasiun ini hanya berjarak 1 kilometer dari stasiun Cirebon Prujakan ke arah Barat atau ke arah Jakarta. Pemisahan stasiun bagi kereta yang berbeda kelas ini tentu bukan persoalan diskriminasi sosial, tapi lebih karena faktor pengaturan lalu lintas kereta.

Stasiun Cirebon Perujakan menjalani renovasi besar sepanjang 2011 dan 2012. Renovasi sekaligus penambahan hingga 9 jalur rel kereta api itu tak lepas dari rencana pengembangan jalur rel ganda (double track) lintas Jawa, Utara maupun Selatan. 9 jalur yang ada pun dipilah penggunaannya: 1 jalur untuk kereta barang, 4 jalur untuk melayani double track lintas utara Jawa, dan 4 jalur lagi untuk melayani double track lintas selatan.

Double track lintas utara, yang menghubungkan Jakarta-Cirebon-Tegal-Semarang-Bojonegoro-Surabaya sejauh 727 kilometer, secara resmi sudah dioperasikan pada Juni 2014, bertepatan dengan peringatan '150 Tahun Sejarah Perkeretaapian di Indonesia'. Double track dari Stasiun Cirebon Prujakan hingga stasiun Pasar Turi panjangnya sekitar 470 kilometer.

Double track lintas selatan, Jakarta-Cirebon-Purwokerto-Yogya-Solo-Madiun-Mojokerto-Surabaya, masih terus dikerjakan dan direncanakan bisa rampung pada 2016. Double track ini, sebenarnya hanya di wilayah tengah Jawa saja yang berada di belahan Selatan Jawa. Selepas Yogyakarta dan di wilayah Jawa Timur, jalurnya beralih ke jalur tengah, via Mojokerto, dan terus ke Surabaya. Dia tidak lewat jalur selatan atau tidak melewati kota dan kabupaten Blitar maupun Malang. Panjang double track lintas Selatan ini, dari Stasiun Cirebun Prujakan hingga ke Pasar Turi Surabaya, mencapai 620 kilometer. Kalau diukur dari Jakarta, jaraknya sekitar 800 kilometer.

Saat ini, bagian rel ganda lintas selatan Jawa yang sudah hampir rampung dikerjakan adalah sisi Cirebon-Purwokerto. Pembangunannya dimulai dari sisi Purwokerto. Jalur Stasiun Purwokerto-Stasiun Prupuk sepanjang 56 kilometer sudah selesai pada awal 2014. Pada Mei 2014, giliran jalur Stasiun Prupuk ke Stasiun Larangan yang diresmikan. Dan akhirnya, pada Desember 2014, jalur menyeberang provinsi dari Stasiun Larangan (Kabupaten Brebes, Jawa Tengah) dan Stasiun Ciledung (Kota Cirebon, Jawa Barat) sepanjang 25 kilometer diresmikan. Walhasil, sejak Desember lalu, PT KAI Daops 3 Cirebon pun sibuk menuntaskan sisa jalur yang 32 kilometer lagi: jalur dari Stasiun Ciledug sampai Stasiun Cirebon Prujakan.

Pembangunan jalur terakhir ini dipecah dua. Jalur dari Ciledung ke Stasiun Luwung dan kemudian ke Stasiun Cirebun Prujakan. Jalur Stasiun Ciledung ke Stasiun Luwung sepanjang 24 kilometer sudah rampung dan dioperasikan Maret 2015 lalu. Sisa yang 8 kilometer, dari Luwung ke Cirebon Prujakan, April 2015 pun sudah selesai, tapi belum dioperasikan. Masih menunggu uji kelayakan. Lebaran ini bisa beroperasi?
Stasiun KA Cirebon Perujakan
PT Kereta Api Indonesia (persero) Daops 3 Cirebon
Jl. Nyimas Gandasari No. 1
Keamatan Pekalipan - 45153
Kota Cirebon
Jawa Barat
Double track atau jalur rel ganda konon bikin perjalanan lebih cepat dan aman. Tak ada lagi kereta yang bertabrakan dan beradu muka. Kereta yang trayeknya berlawanan arah berjalan di jalurnya masing-masing. Tapi, kereta menyeruduk kereta, alias muka kereta di belakang menghantam pantat kereta di depannya sudah terjadi. Yang terbaru, 15 Mei 2015, KA Tawang Jaya (Jakarta-Semarang) yang sedang berhenti dijalur 4 Stasiun Cirebon Prujakan dihantam kereta angkutan semen. Tak ada penumpang yang luka parah pada kecelakan pagi hari itu (9.20 WIB), tapi gerbong kereta makan Tawang Jaya terpaksa harus dilepas dan ditinggal untuk diperbaiki. Sementara dua gerbong kereta semen anjlok. Kereta bisa melanjutkan perjalanan sekitar 3 jam kemudian.

Sembilan hari kemudian, Sabtu 24 Mei 2015, giliran kereta penumpang yang menyeruduk kereta barang, di jalur dari Stasiun Cirebon Prujakan ke Stasiun Waruduwur (9 kilometer), bagian dari jalur lintas utara, yang diresmikan pada Juli 2013. Alkisah, sekitar 200 meter menjelang Stasiun Waruduwur, KA Bangunkarta (kereta eksekutif Jakarta-Cirebon) yang mestinya sekedar melintas di jalur 3, mendadak anjlok lokomotifnya. Akibatnya, sang lokomotif dan beberapa gerbong awal tergelincir, keluar jalur, dan menghantam kereta api barang pengangkut pipa besi yang sedang rehat di jalur 4. Tak ada korban serius. Tapi 3 gerbong kereta penumpang itu dan 2 gerbong kereta barang terguling. Walhasil, hingga hari Senin depannya, perjalananan kereta masih terganggu dan banyak keterlambantan. Adapun kereta yang terguling sudah dievakuasi ke Dipo Stasiun Cirebon dan rel yang rusak masih diperbaiki.
Tetangga TerdekatKm
Stasiun Cirebon, Kota Cirebon 1,551
Mazda Cirebon dan Ford Cirebon, Manhattan Square 2,278
Korem 063 Sunan Gunung Jati, Cirebon 2,281
Kawasaki Cirebon, PT Mulya Putra Citra Mobil 2,282
Honda Mulya Putra dan Mulya Hyundai, Cirebon 2,283
Mulya Hyundai 2,289
VW Cirebon, PT Eiyu Damai Sejahtera 2,301
Terminal Harjamukti: Menyongsong Renovasi Rp 5 Miliar 2,319
Berlian Cirebon, Dealer Yamaha 2,344
Alfamart Terminal Harjamukti, Cirebon 2,348
Taman Wahana Tata Nugraha Cirebon 2,420
BNI Syariah - KLN Plered, Cirebon 4,856
Bank OCBC NISP - KCP Plered, Cirebon 4,916
Pasar Kue Plered, Pasar Kue Weru 5,264
Pasar Pasalaran, Pasar Becek dan Pasar Politik Cirebon 5,957
Hotel di Jawa Barat
Hotel Ciputra Cibubur, CitraGran, Kota Bekasi
The Margo Hotel, Kota Depok
Pangrango 2 Hotel, Kota Bogor
Zest Hotel Bogor, Kota Bogor
Amaris Hotel Padjajaran, Kota Bogor
Amaris Hotel Pakuan, Kota Bogor
Hotel Savoy Homann Bidakara, Asia-Afrika, Bandung
Amaris Hotel - Bekasi Barat
Amaroossa Grande Bekasi Hotel
Royal Amaroossa Bogor Hotel
Berita Jawa Barat
Antam Sosialisasikan Penutupan Tambang Emas Pongkor
Pertamina Gelontorkan Rp 15 Miliar Bangun Jalan Pantura Karawang
Peran Bandara Husein Sastranegara Akan Digantikan Bandara Kertajati
Kampus IPDN Jatinangor Terpangkas Tol Cisumdawu
Atap Aula Kantor Bupati Bekasi Ambruk
Sebulan Pasca Diperiksa KPK, Bupati Indramayu Malah dapat Kado dari Mendikbud
Jokowi Kukuhkan 2.139 Praja IPDN di Jatinanggor
Pemkot Bekasi akan Restorasi Kampung Cina
ICMI Akan Buka 400 Toko di Jawa Barat
Pawai 999 Bedug Bakal Ramaikan Malam Takbiran di Purwakarta