Satu Indonesia, Berjuta Placesnya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Ibis Budget Cirebon Hotel, Kota Cirebon

Senin, 06 Mei 2019 18:36:43
photo: ibis budget cirebon / google sv

Suka film kartun Adit Sopo Jarwo? Atau sinetron Rejeki Anak Soleh? Produser keduanya, Manoj Punjabi, yang sekaligus bos rumah produksi MD Entertainment, sekarang punya hotel di Kota Cirebon. Ibis Budget Cirebon, namanya. Hotel budget atau hotel bintang 2 setinggi 8 lantai ini berada persis di samping Kantor Walikota Cirebon dan rumah dinas Walikota Cirebon. Karena lokasinya itu, Walikota Cirebon Nasrudin Azis sampai harus pindah rumah karena tak tahan kebisingan yang ditimbulkan proyek pembangunannya sepanjang 2016. Juga karena khawatir bandul crane jatuh menimpa rumahnya.

Ground breaking atau peletakan batu pertama Ibis Budget Cirebon berlangsung pada 20 Januari 2016. Manoj Punjabi, yang bernama lengkap Manoj Dhamoo Punjabi, menghadirkan hotel ini lewat PT AMD Siliwangi Properti (AMD Property Group). Di perusahaan ini ia pernah menjadi direktur utama dan sekarang duduk sebagai komisaris. Meski begitu, perusahaan properti ini tidak menjadi anak perusahaan MD Entertainment, rumah produksi atau perusahaan studio film yang sejak 7 Agustus 2018 sudah go public dan berganti nama menjadi PT MD Pictures Tbk.

Protes terhadap pembanguan hotel Ibis Budget Cirebon mencuat pada April 2016. Masyarakat kesal karena jalan raya di depan hotel, yang merupakan jalan protokol Kota Cirebon, jadi kotor akibat hilir-mudik truk proyek. Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kota Cirebon pun melayangkan teguran karena pekerjaan konstruksi dilaksanakan 24 jam non-stop. Walikota Nasrudin Azis sudah pasti ikut angkat bicara. ''Sedang enak tidur, tiba-tiba ada suara seperti gempa. Mengganggu istirahat saya,'' katanya, melukiskan kebisingan pekerjaan konstruksi tetangga sebelah rumahnya. Proyek terhenti? Tidak. Pak Walikota yang memutuskan untuk pindah rumah.

Arsitektur hotel 8 lantai yang terlihat cantik ini dirancang PT Primajati Desindo, perusahaan asal Jakarta. Dalam rancangannya, hotel ini akan punya lantai seluas 8.600 meter persegi. Biaya desainnya berkisar antara Rp 1,5 sampai Rp 2 miliar. Sedangkan desain interiornya, serta pelaksanaan pengerjaannya, digarap bersama oleh PT Primajati Desindo dan PT PT Cipta Desain Arsitektur Mandiri. Saat ground breaking, CEO AMD Property Group Lody Anjes bilang kalau kontruksi hotel itu akan rampung pada awal 2017 dan biaya konstruksinya mencapai Rp 70 miliar.

Tak diketahui siapa yang jadi kontraktor pelaksana pembangunan hotel ini, dan kapan hotel itu selesai pengerjaanya. Yang pasti, pada 4 Agustus 2017, AccorHotels --sebagai pengelola hotel dan pemilik merek Ibis-- mengumumkan kalau Ibis Budget Cirebon sudah mulai terima tamu. Adapun peresmian hotel baru benar-benar dilangsungkan sebulan kemudian, 6 September 2017. Saat peresmian hotel budget Ibis yang ke-12 di Indonesia itu, AMD Property Group bilang kalau nilai investasi hotel sudah mencapai Rp 100 miliar.

Sesuai namanya, Ibis Budget Cirebon adalah hotel budget atau hotel murah. Jumlah sarana inap yang ditawarkan hotel ini sebanyak 138 kamar atau yang disebut AccorHotels sebagai cocoon rooms. Semua kamar ukurannya sama: 14 meter persegi. Kelas kamarnya pun semuanya sama: kelas standard. Meski begitu kamar-kamar itu dibedakan menjadi tiga tipe: kamar standard dengan 1 double bed (tempat tidur besar, sebanyak 76 kamar), kamar standard dengan 2 single bed (tempat tidur kecil, 57 kamar), dan kamar standard dengan 2 single bed plus 1 bunk bed (tempat tidur tingkat, hanya 5 kamar). Saat pembukaan, kedua tipe kamar yang pertama ditawarkan seharga Rp 308 ribu permalam (atau Rp 268.000 tanpa sarapan pagi). Sedangkan kamar dengan bunk bed diberi tarif lebih mahal: Rp 428 ribu.

Tak punya kolam renang, hotel ini juga tak ngotot soal sarana konvensi. Ibis Budget Cirebon hanya punya 2 ruang pertemuan. Yang satu, Emerald, berukuran 60 meter persegi, bisa mengakomodasi hingga 35 orang jika ditata bergaya theatre. Yang satu lagi, Topaz, berukuran lebih besar, 103 meter, dan bisa memuat hingga 90 orang. Salah satu perusahaan yang sudah memakainya adalah Tassahil Tour & Travel, biro perjalanan yang juga penyelenggara seminar dan training, yang November tahun silam memakainya untuk menghelat training bertajuk Leadership Zaman Now.

Peta & Citra Satelit

Hotel Cirebon

Ibis Budget Cirebon Hotel
Jl. Siliwangi No. 88
Kelurahan Kebonbaru
Kecamatan Kejaksan
Kota Cirebon
Jawa Barat


Tel: 0231-7000200
Fax: 0231-7000201

Manajemen: Accor Hotels

Website: AccorHotels - Ibis Budget Cirebon


Catatan: Citra satelit Bing Maps di atas belum menampilkan sosok hotel Ibis Budget Cirebon. Silakan simak tampilannya di Google Maps - https://goo.gl/maps/SfRvF6XNES2jBWU27
Supplier Test Kit DBD - Denguecheck Combo
Places TerdekatKm
Rumah Dinas Walikota Cirebon 0,021
Pemerintah Kota Cirebon 0,087
Stasiun Cirebon, Kota Cirebon 0,357
Pendopo Bupati Cirebon 0,363
Stasiun Cirebon Prujakan, Kota Cirebon 1,351
Berlian Cirebon, Dealer Yamaha 2,761
VW Cirebon, PT Eiyu Damai Sejahtera 2,795
Mulya Hyundai 2,821
Honda Mulya Putra dan Mulya Hyundai, Cirebon 2,832
Mazda Cirebon dan Ford Cirebon, Manhattan Square 2,856
Hotel TerdekatKm
Zamrud Hotel, Kota Cirebon 0,868
Amanah Benua Hotel 3,667
Tirta Sanita Spa & Resort Hotel 20,606
Purnama Mulia Hotel, Kabupaten Kuningan 31,288
Anggraeni Hotel, Ketanggungan, Kabupaten Brebes 44,968
Grand Trisula Hotel, Kabupaten Indramayu 48,312
Riez Palace Hotel, Kota Tegal 65,907
Bandung Giri Gahana Golf & Resort, Kabupaten Sumedang 90,746
Kampung Sumber Alam Resort 92,005
Paris Day Hotel, Pamanukan, Kabupaten Subang 94,266
Sewukuto ke Sumatera Utara
Mengirim kargo ke puluhan kota tujuan di Sumatera Utara. Cepat dan terjangkau.