Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Mercure Jakarta Simatupang Hotel, Jakarta Selatan

Kamis, 08 Maret 2018 20:46:08
photo: mercure simatupang / indoplaces

Novotel Jakarta Simatupang. Nama ini mungkin bakal disematkan kalau pembangunan hotel 19 lantai ini jadi dilaksanakan berbarengan dengan pembangunan Shopie Martin Office. Tapi ketika akhirnya rampung pada Desember 2007, yang terwujud hanya Shopie Martin Office, gedung kantor pusat 'MLM tas wanita' yang sekarang populer dengan nama Sophie Paris. Adapun hotelnya baru beberapa tahun kemudian rampung dan bisa beroperasi mulai 15 Oktober 2012. Nama hotel tak jadi pakai Novotel yang tergolong upscale hotel dan diganti dengan Mercure, brand lain milik jaringan Accor Hotels yang diperuntukkan bagi midscale hotel. Maka hadirlah Mercure Jakarta Simatupang Hotel.

Mercure Jakarta Simatupang Hotel memang masih satu keluarga dengan gedung Sophie Paris. Keduanya beradu punggung. Pemilik atau pengembangnya sama: PT Karya Propertindo Investama. Ketika mulai dibangun pada November 2006 hingga rampung pada Desember 2007, perusahaan yang menjadi manajer proyeknya adalah PT Prosys Bangun Persada. Kontraktor yang membangunnya tidak diketahui. Tapi kalau Hotel Mercure Jakarta Simatupang, kontraktor yang menuntaskan pembangunannya pada 2012 adalah PT Harjaguna Kurniamitra. Siapa arsiteknya, tak terlalu jelas. Tapi untuk versi lama, Shopie Martin Complex, alias Novotel and Sophie Martin Office, yang sosoknya tidak kotak-kotak minimalis seperti sekarang, desain arsitekturnya dibuat Denton Corker Marshal (DCM) (yang di Indonesia hadir sebagai PT Duta Cermat Mandiri).

Mulai 2008, PT Sophie Martien Indonesia memfungsikan gedung yang berada di belakang Hotel Mercure Jakarta Simatupang itu --yang diakses lewat Jalan Ahdyaksa di sebelah hotel-- sebagai kantor pusat dan pusat training MLM Sophie Martin. Belakangan, PT Sophie Martin Indonesia berganti nama menjadi PT Shopie Paris Indonesia. Begitu juga dengan sebuatan bagi usaha MLM-nya, salin nama dari Sophie Martin menjadi Sophie Paris. Apa hubungannya Sophie Paris dengan pengembang PT Karya Propertindo Investama? Hubungannya simpel saja: Bruno Hasson, pria Perancis berdarah Mesir yang jadi pendiri Sophie Paris --bersama istrinya yang bernama Sophie Martin---, ikut memiliki PT Karya Propertindo Investama. Pada 2010, saat menjabat sebagai presiden direktur PT Sophie Martin Indonesia, Bruno Hasson juga menjadi direktur PT Karya Propertindo Investama.

Mercure Jakarta Simatupang Hotel resmi hadir sebagai midscale hotel dengan 'layanan setara bintang 4' mulai 15 Oktober 2012. Jumlah akomodasi yang tersedia sebanyak 232 kamar: 34 kamar Standard, 146 kamar Superior 146 kamar, 48 kamar Privilege, dan 8 Suite. Fasilitas konvensinya terbilang biasa: hanya 4 ruang rapat yang berukuran 33 hingga 118 meter persegi. 3 ruang rapat (Simatupang 1,2, dan 3) berada di lantai 2, sementara ruang rapat Simatupang 4 berada di lantai teratas, lantai 19, bersama dengan kolam renang, fitness center, serta restoran dan bar SLAM (Sky Lounge at Mercure). Sejak Agustus 2014, SLAM diremajakan dan diganti namanya menjadi Karumba - Rooftop Rum Bar.

Kelak, Mercure Jakarta Simatupang Hotel kemungkinan bakal mendapat teman baru. Soalnya, tahun lalu, PT Karya Propertindo Investama sudah sepakat menjual sebagian lahan di Jalan RA Kartini No 18, yang jadi alamat hotel, kepada PT Ambertree Development Jakarta. Lahan itu akan dipakai untuk membangun properti hunian yang dilengkapi area ritel dan komersial. PT Ambertree Development Jakarta sendiri merupakan perusahaan patungan antara PT Karya Bintang Utara dengan KLW Holdings Limited (Singapura). PT Karya Bintang Utara, sebagaimana juga PT Karya Propertindo Investama, sama-sama berafiliasi dengan PT Codefin (Codefin Goup). Perusahaan terakhir ini antara lain memiliki Hotel Amaris La Codefin - Kemang.

Peta & Citra Satelit

Karumba Roftop Bar

Mercure Jakarta Simatupang Hotel
Jl RA Kartini No. 18 (Jl Letjen TB Simatupang)
Kelurahan Lebak Bulus
Kecamatan Cilandak
Jakarta Selatan
DKI Jakarta

Tel: 021-75999777
Fax: 021-75999798


Website: www.mercurejakartasimatupang.com

Karumba Rooftop Rum Bar - www.karumbajakarta.com


Pengembang: PT Karya Propertindo Investama