Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Emersia Hotel & Resort, Kota Bandar Lampung

Selasa, 15 Agustus 2017 13:58:43
photo: emersia hotel / google street view

Desember 2016 lalu, Emersia Hotel Lampung menggelar aneka kegiatan untuk memperingati hari jadinya yang ke-5. Artinya tentu saja hotel itu sudah berusia 5 tahun. Makna lainnya, hotel bintang 4 ini memutus tali sejarah dengan hotel yang jadi masa lalunya: Indra Puri Hotel, atau yang sebelumnya bernama Indra Palace Hotel, yang hadir pada 1986. Riwayat yang tak bersambung itu sah-sah saja karena pemilik hotel itu memang udah berganti. Kalau dulu Indra Puri Hotel menjadi milik PT Kwarta Sarana Utama, sekarang Emersia Hotel & Resort milik PT Banuang Andika Pandiko.

Emersia Hotel & Resort memang biasa memperingati ulang tahunnya di bulan Desember. Ulang tahunnya yang ke-3, misalnya, diramaikan dengan menggelar sunatan massal di SD Negeri 1 Pengajaran yang jadi tetangga dekatnya pada 21 Desember 2015. Jadi, hari lahirnya mungkin 21 Desember 2012. Ada juga yang menyebut kalau hotel ini mulai beroperasi pada 12-12-12 (12 Desember 2012). Tanggal itu mungkin tanggal soft opening sang hotel. Soalnya, baru 3 bulan kemudian Walikota Bandar Lampung Drs H Herman HN MM melakukan gunting pita peresmian grand opening. Gelaran pada Minggu, 14 Maret 2013, itu dihadiri Danlanal Lampung Kolonel Laut Ir Fery Sidjaja dan Ketua DPRD Kota Bandar Lampung Budiman AS.

Walikota Bandar Lampung di masa lalu, H Nurdin Muhayat, juga mendapat kehormatan untuk meletakan batu pertama pembangunan sosok lama Emersia Hotel & Resort pada Juni 1986. Yang menjadi konsultan arsitekturnya adalah PT Sigma Desain Jakarta. Sempat terkendala devaluasi rupiah, yang membuat harga bahan bangunan melambung, Dirut PT Kwarta Sarana Utama H Nazaruddin Indrawan --sebagai pemilik hotel-- akhirnya bisa juga merampungkan hotelnya dan memberinya nama Indra Palace Hotel. Pada 1995, menjelang HUT RI-50, karena ada aturan meng-indonesia-kan nama asing, hotel bintang 3 itu diganti namanya menjadi Hotel Indra Puri.

Pada 2012, Indra Puri Hotel pindah tangan ke PT Banuang Andika Pandiko, perusahaan milik Hj Merry Warti Syarif, SE, aka Merry Warti Muluk, istri H Erdy Muluk, perempuan asal Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, yang sukses berbisnis di Lampung. Hotel yang semula bergaya klasik, terutama atap lobi hotelnya yang beratap kerucut seperti rumah tradisional, dirombak jadi bergaya modern dan minimalis. Proses ubah bentuk rampung pada tahun itu juga . Yang mengerjakannya, termasuk pembuatan kolam renang baru, adalah PT Trie Insanlestari Konstruksitama. Untuk keperluan listring cadangan, PT Berkat Manunggal Energi menjadi perusahaan yang mensuplai genset berkapasitas 1x770 KVA. Hotel setengah baru itu kemudian dihadirkan dengan nama Emersia: singkatan dari Emerald of Asia, alias Permata Asia.

Peta & Citra Satelit

Hotel Lampung

Emersia Hotel & Resort Bandar Lampung
Jl. WR Monginsidi No.70
Kelurahan Pengajaran
Kecamatan Teluk Betung Utara
Kota Bandar Lampung
Lampung

Tel: 0721-258258

Website: www.emersiahotel.com

Emersia Hotel Group - www.emersiahotels.com
Emersia Hotel & Resort Batusanggar - www.emersiabatusangkar.com

Ex-Hotel Indra Puri

Lewat renovasi, jumlah kamar hotel di Jalan Wolter Monginsidi No 70 ini juga ditambah dari semula 65 kamar menjadi 122 kamar dan suite. Rinciannya: 34 kamar Deluxe, 20 kamar Executive City View, 23 kamar Executive Poll View, 37 kamar Executive Ocean View, 3 Junior Suite Pool View, 2 Junior Suite Ocean View, 2 Ocean Suite, dan 1 Presiden Suite. Sebutan Ocean View pada nama kamar dan suite sebenarnya merujuk pada view ke arah Teluk Lampung, yang kalau mau dipandang lebih jauh juga berarti ber-view ke arah Samudera Indonesia. Jargon markeing yang juga dipakai hotel ini adalah ''view hill like home'', karena lokasi hotel yang berada di kawasan perbukitan kota Bandar Lampung. Kinerja kamar hotel pada 2015 mengalami penurunan menjadi 19.970 kamar (hunian rata-rata dibagi dengan angka 365 hari) dari tahun sebelumnya yang 24.309 kamar.

Untuk menyuguhkan layanan konvensi, Meresial Hotel & Resort memiliki 4 ballroom yang berbeda kapasitas: Emerald Grand Ballroom, Diamond Ballroom, Grand Ballroom, dan Crystal Ballroom. Ballroom yang terakhir bisa disekatan menjadi ruang pertemuan yang lebih kecil: Crystal Room 1, 2, dan 3.

Sekarang, 6 setengah tahun setelah kehadiran Emersia Hotel & Resort di Bandar Lampung, PT Banuang Andika Pandiko menghadirkan satu lagi Emersia Hotel & Resort di tanah kelahiran sang pemilik: Kabupaten Batusangkar, Sumatera Barat. Peletakan batu pertama pembangunan hotel ini dilakukan Hj Merry Warti bersama Bupati Batusangkar Shadiq dan Wakil Bupati Irdinansyah Tarmizi pada 29 Juni 2015. Lebih dari setahun kemudian, 3 Oktober 2016, ketika Wakil Bupati Irdinansyah Tarmizi sudah menang pilkada dan menjadi bupati, ia memimpin hajatan topping-off sang hotel. Dan akhirnya, menjelang Ramadhan 2017, Emersia Hotel & Resort Tanah Datar bisa melakukan soft opening. Adapun grand opening-nya direncanakan berlangsung pada 9 Oktober 2017, bertepatan dengan pelaksanaan balap sepeda internasional Tour de Singkarak 2017, yang menjadikan Emersia Hotel sebagai titik start.