Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Pelabuhan Bandar Sri Laksamana, Kabupaten Bengkalis

Jumat, 15 Mei 2015 18:13:41
photo: pemkab bengkalis

Wilayah Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, tak hanya berada di Pulau Sumatera. Ibukota kabupaten pun, Kota Bengkalis, adanya d Pulau Bengkalis, yang berada di tepian Selat Malaka. Walhasil, wajar kalau amat banyak pelabuhan di Kabupaten Bengkalis. Meski begitu, di sana terdapat dua pelabuhan yang jadi pelabuhan utama. Yang satu adalah Bandar Sri Laksamana, yang sekarang ini difokuskan untuk melayani kapal feri barang maupun kapal feri cepat (penumpang) dalam negeri. Sedangkan kapal dan ferry jalur internasional menggunakan pelabuhan yang lebih baru: Pelabuhan Bandar Sri Setia Raja.

Bandar Sri Laksamana, yang berada di ibukota Bengkalis, Kecamatan Bengkalis, melayani rute dalam negeri dari Kota Bengkalis ke Dumai, Pekanbaru, Selat Panjang (Kabupaten Kepulauan Meranti), Tanjung Balai Karimun, dan Tanjung Pinang (Provinsi Kepulauan Riau). Sedangkan Bandar Sri Setia Raja, yang berada di Selat Baru, Kecamatan Bantan, khusus melayani kapal ferri ke Malaysia: Malaka dan Muar.

Kedua pelabuhan yang cantik ini, meski sudah lama beroperasi, ternyata hingga awal 2014 masih belum mengantongi izin operasional dari Kementerian Perhubungan. Padahal, Bandar Sri Laksamana sudah operasional sejak 2003. Begitu juga dengan Bandar Sri Setia Raja, yang diresmikan 'penggunaannya' oleh Gubernur Riau HM Rusli Zainal pada 1 Maret 2010. Pembangunannya sendiri sudah lama rampung dan sudah pernah diresmikan gubernur tahun 2006.

Pelabuhan lain yang juga penting di Bengkalis adalah Pelabuhan Sungai Pakning, di Kecamatan Bukit Batu, yang dikelola PT Pelindo. Pelabuhan ini, selain untuk bongkar muat barang dan naik turun penumpang, fungsi utamanya adalah menjadi pelabuhan bongkar muat minyak. Pelabuhan ini hadir karena di Kecamatan Bukti Batu terdapat kilang minyak milik Pertamina UP II Dumai-Sungai Pakning.

Peta & Citra Satelit

Pelabuhan Ferry Bengkalis

Pelabuhan Bandar Sri Laksamana
Jl. Jenderal Sudirman
Kecamatan Bengkalis
Kabupaten Bengkalis
Provinsi Riau


Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika
Pemerintah Kabupaten Bengkalis
Jl. Pramuka
Kecamatan Bengkalis
Kabupaten Bengkalis
Provinsi Riau

Tel: 0766-21865

Website: http://dishubkominfo.bengkaliskab.go.id


Notes: Google belum punya citra satelit area sekitar Bandar Sri Laksamana. Untunglah, salah satu perusahaan jasa citra satelit Indonesia, Citra Spasial pernah menggarap proyek citra satelit untuk area itu. Silakan klik dan simak foto di atas.