Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Perpustakaan Soeman HS

Selasa, 15 Februari 2011 19:26:49
photo: pt megatech cipta lestari

Boleh jadi gedung Perpustakaan Soeman HS di Pekanbaru, Riau, ini merupakan gedung perpustakaan tercantik se-Indonesia. Gedung yang mulai dipakai sejak 2008 itu namanya dipetik dari novelis asal Riau tapi keturunan Tapanuli, Soeman HS (Hasibuan): Novelis angkatan Pujangga Baru yang terkenal antara lain lewat novel 'Mencari Pencuri Anak Perawan' (1930). Nama penulis yang satu ini kadang ditulis juga sebagai Suman Hs.

Arsitektur gedung perpustakaan Soeman HS diilhami dari bentuk rehal atau meja kecil yang biasa dipakai untuk membaca Al-Qur'an. Gedung yang diresmikan Wapres Jusuf Kalla ini, pembangunannya dikerjakan oleh PT Total Bangun Persada mulai April 2007 dan rampung Oktober 2007. Atap gedungnya yang melengkung menggunakan atap Kalzip, atap lembaran alumnium produksi PT Megatech Cipta Lestari ( www.megatech-kalzip.com ).

Total biaya pembangunan gedung konon mencapai Rp 64 miliar. Rp 54 miliar diantaranya dipakai untuk gedung, sisanya yang Rp 10 miliar untuk untuk perlengkapan gedung dan koleksi perpustakaaan.

Selain menyimpan koleksi buku, gedung Perpustakaan Soeman HS juga multifungsi. Gedung yag dilengkapi fasilitas free Hotspot ini biasa dipakai untuk gelaran berbagai event di Pekanbaru. Adapun pengelola gedung ini tak lain Badan Perpustakaan dan Arsip Pemprov Riau.

Peta & Citra Satelit

Perpustakaan Riau

Perpustakaan Soeman HS
Jalan Jenderal Sudirman No. 462
Pekanbaru - 28126
Riau

Tel: 0671-34068