Satu Indonesia, Berjuta Placesnya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Pemerintah Kabupaten Garut

Senin, 13 Juni 2011 15:07:05
photo: sik pamulihan

Garut dan garuk. Keduanya tak ada hubungannya. Tapi kalau Garut dan gores, ada kaitannya. Konon, pada awal abad ke-19, saat tim pencari lokasi ibukota kabupaten sedang babat alas dan tiba di sebuah danau kecil, salah seorang anggota tim tergores semak berduri hingga lengannya berdarah. Anggota tim lainnya yang bule , bertanya mengapa tangannya berdarah? Dijawab: 'Kakarut'. Tapi si bule menangkap kata itu berbunyi 'Gagarut'. Walhasil, danau kecil tempat kejadian itu lantas dinamai Ci Garut. Kawasan sekitarnya kemudian dikenal sebagai Garut.

Sang kabupaten sendiri ketika itu bernama Limbangan. Setelah penemuan lokasi danau kecil tadi, 'kota Garut' pun mulai dibangun (alun-alun, pendopo, masjid agung, dll) dan akhirnya ibukota Limbangan dipindahkan dari Suci ke kota Garut pada 1821. Hampir 100 tahun kemudian, 17 Mei 1913, barulah Gubernur Jenderal Belanda yang berkuasa mengubah nama kabupaten dari Kabupaten Limbangan menjadi Kabupaten Garut. Sekarang, Kecamatan Limbangan menjadi salah satu kecamatan yang berada di jalur lintas selatan Jawa (jalan nasional). Sedangkan kota Garut berada jauh di sebelah selatannya, sekitar 25 kilometer.

Kabupaten Garut, setelah banyak pertimbangan historis, tidak memilih hari pergantian nama kabupaten dari Limbangan menjadi Garut sebagai hari jadinya. Melainkan hari pelantikan bupati Kabupaten Limbangan pertama, RAA Adiwijaya, yang berlangsung pada 16 Februari 1813.

Sekarang, bupati Garut menjalankan roda pemerintahan dari kantor bupati Garut dan pendopo kabupaten. Pendopo kabupaten perada di Jalan Kabupaten, di sisi selatan alun-alun Garut. Pendopo ini dilengkapi dengan rumah dinas bupati yang dikenal dengan nama Bale Pamengkang, yang berada di belakang pendopo, dan tercatat sebagai salah satu obyek wisata budaya Jawa Barat. Adapun sang alun-alun berada di tepi Jalan Ahmad Yani, jalan utama kota Garut. Sementara Kantor Bupati dan jajarannya berada jauh di sebelah baratnya, di Jalan Pembangunan, bertetanggan dengan Gedung DPRD Garut.

Peta & Citra Satelit

Pendopo Kabupaten Garut

Pemerintah Kabupaten Garut

Kantor Bupati Garut
Jl. Pembangunan No 199 / Jl. Pahlawan No. 30
Kecamatan Pamulihan
Kabupaten Garut
Jawa Barat

Tel: 0262 232225
Website: www.garutkab.go.id


Pendopo Kabupaten Garut
Jl. Kabupaten
Kecamatan Pamulihan
Kabupaten Garut
Jawa Barat

Kecamatan di Garut

Kecamatan di Kabupaten Garut:
  1. Cisewu
  2. Caringin
  3. Talegong
  4. Bungbulang
  5. Mekarmukti
  6. Pamulihan
  7. Pakenjeng
  8. Cikelet
  9. Pameungpeuk
  10. Cibalong
  11. Cisompet
  12. Peundeuy
  13. Singajaya
  14. Cihurip
  15. Cikajang
  16. Banjarwangi
  17. Cilawu
  18. Bayongbong
  19. Cigedug
  20. Cisurupan
  21. Sukaresmi
  22. Samarang
  23. Pasirwangi
  24. Tarogong Kaler
  25. Tarogong Kidul
  26. Garut Kota
  27. Karangpawitan
  28. Wanaraja
  29. Sucinaraja
  30. Pangatikan
  31. Sukawening
  32. Karangtengah
  33. Banyuresmi
  34. Leles
  35. Leuwigoong
  36. Cibatu
  37. Kersamanah
  38. Cibiuk
  39. Kadungora
  40. Limbangan
  41. Selaawi
  42. Malangbong