Satu Indonesia, Berjuta Placesnya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Pemerintah Kabupaten Malang

Kamis, 30 September 2010 05:42:44
photo: centhini/indoplaces

Update, 15 Agustus 2013 -- Gedung baru Kantor Bupati akhirnya rampung. Bupati pun sudah mulai menempati kantor barunya.

- - -

Gedung baru, bupati baru. Itulah harapan banyak pihak di kabupaten Malang. Tidak heran jika pemerintah kabupaten Malang kini terus menggenjot pembangunan gedung baru seluas 4,5 hektar di jalan Panji, Kepanjen.

Rencananya, boyongan pusat pemerintahan dari Malang ke Kepanjen akan dilakukan tahun depan. Di gedung yang menelan biaya hampir 75 miliar rupiah itu, bupati dan wakilnya akan berkantor di bagian depan bangunan, sekretariat daerah di belakang, sedangkan seluruh dinas di pendopo.

Gedung baru berlantai lima ini tak jauh dari gedung DPRD dan Pengadilan Negeri Malang. Juga dekat dengan Stadion Kanjuruhan. Saat ini roda pemerintahan kabupaten Malang masih dijalankan dari kantor lama di Jl. Merdeka Timur, Kota Malang. Nantinya kantor lama ini akan digunakan untuk sejumlah badan dan balai diklat kabupaten Malang.

Peta & Citra Satelit

Kantor Bupati Malang

Kantor Bupati Malang (gedung baru)
Jalan Panji
Kecamatan Kepanjen
Kabupaten Malang




Kantor Bupati Malang (yang sekarang)
Jalan Merdeka Timur No. 3
Alun-alun Kota Malang
Kota Malang

Tel: 0341-362209,326792,326793
Fax: 0341-326791

Website: www.malangkab.go.id

Gedung di Jalur Irigasi Malang

Sejak terbentuk lewat UU No 12 tahun 1950 tentang Pembentukan Daerah-Daerah Kabupaten dalam Lingkungan Propinsi Jawa Timur, Kabupaten Malang beribukota di Kota Malang. Pada tahun yang sama, lewat UU No 16 tahun 1950 tentang Pembentukan Daerah-daerah Kota Besar dalam lingkungan Propinsi Jawa Timur/Tengah/Barat dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Kota Malang ditetapkan juga sebagai kota otonom.

Di masa lalu, kabupaten beribukotakan kota otonom merupakan hal yang lumrah. Namun ketika era otonomi daerah berlaku, berbagai pemerintah kabupaten pun mesti hengkang dari kota otonom. Kabupaten Malang tak terkecuali. Maka, pada Februari 2008, Presiden SBY meneken PP No 18 tahun 2008, yang memindahkan ibukota Kabupaten Malang dari Kota Malang ke wilayah Kecamatan Kepanjen, yang berada di selatan Kota Malang.

Dilihat dari Stadion Kanjuruhan

Kantor Bupati Malang in progress - September 2010.

Kantor Bupati Sudah Rampung

Sosok Kantor Bupati Malang - Agustus 2013.