Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan
Sabtu, 03 Mei 2014 21:19:02
photo: didi indawan
Bupati Ogan Komering Ulu Selatan Muhtadin Serai terbilang sudah amat berumur. Lahir tahun 1949, pada 25 Mei mendatang ia bakal merayakan ulang tahunnya yang ke-65. Adik kandungnya, Maulana Serai, lebih muda 11 tahun. Sang adik kemungkinan besar tidak bakal bisa menghadiri perayaan ulang sang kakak. Soalnya, sejak 25 Maret lalu, Maulana Serai ditahan Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan di Rutan Kelas I Palembang. Ia menjadi tersangka kasus korupsi pembangunan jalan menuju kantor bupati yang baru.

Maulana Serai, menjabat sebagai direktur PT Cahaya Gunung Mas, perusahaan yang jadi kontraktor pembangunan Jalan Jagaraga ke komplek perkantor pemkab Ogan Komering Ulu Selatan (OKU SElatan), sepanjang 13,4 kilometer. Proyek ini bernilai Rp 35,8 miliar, yang dibiayai dana APBD 2011. Kerugian negara akibat korupsi itu sebesar Rp 9,2 miliar.

Selain menahan Maulana Serai yang berusia 54 tahun, kejaksaan tinggi juga menahan dua pejabat Pemkab OKU Selatan yang tersangkut korupsi yang sama. Usia kedua pejabat ini juga sudah berkepala lima: Burhaedi (56), Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) dan Hairul Emri (52), Pejabat Pembuat Komitmen (PPK).

Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKU Selatan) terbentuk lewat UU No. 37 tahun 2003, yang diteken Presiden Megawati Soekarnoputri, 18 Desember 2003. Yang menjadi ibukotanya adalah Muaradua. UU ini juga menetapkan pembentukan Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKU Timur) dan Kabupaten Ogan Ilir. Kabupatn OKU Selatan dan OKU Timur merupakan pemekaran dari Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), sedangkan Ogan Ilir dimekarkan dari Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Bupati Muhtadin Serai sekarang ini menjalani periode kebupatian yang kedua. Pada 2005, ia menjadi bupati pertama OKU Selatan yang terpilih lewat pilkada. Pada 2010, politisi Partai Demokrat ini ikut pilkada lagi, menang, dan kembali memimpin Ogan Komering Ulu Selatan.
Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan
Jl. Jagaraga
Kecamatan Muaradua
Kabupaten OKU Selatan
Provinsi Sumatera Selatan

Website: www.okuselatankab.go.id
Jumlah kecamatan di Kabupaten OKU Selatan beranak-pinak dengan cepat. Ketika dibentuk, kabupaten ini cuma punya 9 kecamatan. Sekarang sudah bertambah jadi 19 kecamatan:
  1. Muaradua
  2. Mekakau Ilir
  3. Buay Pemaca
  4. Simpang
  5. Sungai Are
  6. Warkuk Ranau Selatan
  7. Buay Pematang Ribu Ranau Tengah
  8. Runjung Agung
  9. Buay Runjung
  10. Buay Rawan
  11. Buay Sandang Aji
  12. Kisam Ilir
  13. Sindang Danau
  14. Banding Agung
  15. Muaradua Kisam
  16. Buana Pemaca
  17. Kisam Tinggi
  18. Tiga Dihaji
  19. Pulau Beringin