Satu Indonesia, Berjuta Placesnya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Pasar Pulogadung, Jakarta Timur

Senin, 20 Januari 2020 21:49:35
photo: pasar pulogadung / indoplaces

Lebaran Haji tinggal 2 hari lagi. Wartawan pun mulai ikut-ikutan inspeksi pasar. Di Pasar Pulogadung, mereka tak menemukan besek. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun ditanyai. ''Oke. Saya akan minta Pasar Jaya untuk mengerahkan lebih banyak lagi,'' sahut
Anies ketika ditemui Balai Kota, 2 hari menjelang Idul Adha 11 Agustus 2019. Apa urusannya Pak Gubernur dengan kemasan tradisional dari bambu itu? Simpel Saja. Kantong plastik tak boleh dipakai sebagai kemasan daging kurban yang dibagikan di Jakarta. Konsekuensinya, Pemda DKI harus menyediakan 85 ribu besek bambu.

Besek dibagikan gratis di pasar-pasar? Tentu tidak. Perusahaan Daerah (PD) Pasar Jaya sebagai pengelola pasar pakai hitungan bisnis. Mereka hanya memastikan besek tersedia, plus memastikan harganya. Rp 2 ribu per besek. Semula hanya akan dipasok 20 ribu besok, PD Pasar Jaya akhirnya menyediakan sampai 85 ribu besek. Besek-besek itu disebar di 112 titik atau unit bisnis PD Pasar Jaya: 75 pasar tradisional dan 37 toko ritel. Penyebaran sudah dilakukan sejak 4 Agustus. Mengapa hingga tanggal 9 Agustus belum ditemui di Pasar Pulogadung? Entahlah.

Pasar Pulogadung memang merupakan pasar tradisional milik Pemda atau Pemprov DKI Jakarta. Pasar ini hanya berjarak 500 meter dari Terminal Pulogadung (terminal dalam kota). Keduanya sama-sama berada di Kecamatan Pulogadung (atau terkadang ditulis terpisah: Pulo Gadung), tapi kelurahannya beda. Pasar Pulogadung masuk Kelurahan Jatinegara Kaum. Terminal Pulogadung masuk wilayah Kelurahan Pulogadung. Kedua kecamatan ini dipisahkan oleh Jalan Taruna yang ada di samping pasar, sebelah utara.

Berada di Jalan Raya Bekasi, jalan menuju terminal Pulogadung, Pasar Pulogadung tidak terlalu besar. Lahannya hanya seluas 2.691 meter persegi. Ia tergolong Pasar Tipe B. Kelasnya setara dengan Pasar Klender SS, punya lahan jauh lebih luas 10.668 meter persegi, yang ada di sebelah selatan. Tapi kalah kelas dari Pasar Jatinegara, 9.928 meter persegi, yang bertipe A. Meskipun masih lebih unggul dari Pasar Pondok Bambu, 5.011 meter persegi, yang hanya bertipe C. Bangunannya pun biasa-biasa saja. Hanya 3 lantai dan terlihat jadul. Rencana renovasi tahun 2012 bersama 25 pasar lainnya tak kunjung terlaksana. Meski begitu, Pasar Pulogadung sekarang terbilang keren juga: ada gym dan fitness center di sana: Galaxi 18 Gym.

Ramai kah Pasar Pulo Gadung? Ketika Sandiaga Uno datang ke sana, menjelang Pilkada DKI 2017 yang akhirnya dia menangkan bersama Anies Baswedan, para pedagang yang berada di lantai 2 dan 3 mengeluh kalau dagangan mereka sepi. ''Di sini sepi pembelinya Pak Sandi. Kalau hari biasa dan belum musimnya, bisa jual baju dua - tiga potong saja, kami sudah bersyukur,'' kata Sari Hayati, pedagang pakaian di lantai 3 yang mengaku sudah 20 tahun berdagang di sana.

Mau kalau pasarnya direnovasi? Mereka geleng kepala. ''Kalau di bangun ulang pasti nantinya harga sewa akan jadi mahal. Yang dibutuhkan pedagang itu hanya talang atap tidak bocor dan saluran air tidak menggenang jika hujan deras, kata Sari lagi.

Peta & Citra Satelit

Pasar Jatinegara Kaum

Pasar Pulogadung
Jl. Raya Bekasi Timur Km. 18
Kelurahan Jatinegara Kaum
Kecamatan Pulo Gadung
Jakarta Timur
DKI Jakarta


Tel: 021-4712016, 4711975

Pengelola: PD Pasar Jaya - www.pasarjaya.co.id

Bahagiakah Pedagang Pasar Pulogadung?

Bahagiakah para pedagang di Pasar Pulogadung? Bahagia dan bugar karena sudah ada Galaxi 8 Gym? Ini bukan pertanyaan Sandiaga Uno atau Anies Baswedan. Ini adalah pertanyaan yang diajukan sebuah skripsi di Universitas Bina Nusantara. Penulisnya 2 orang: Nina Wulan Meina dan Nanang Suprayogi (skripsi boleh berdua?).

Rumusan masalah skripsi mereka adalah: Adakah hubungan antara bersyukur dengan kebahagiaan pada pedagang Pasar Tradisional Pulogadung?

Yang menjadi sampel penelitian adalah 52 dari total 233 pedagang yang ketika itu, Juni 2012, berjualan di Pasar Pulogadung. Mengapa mereka yang dipilih jadi subyek penelitian? Karena ''di Pasar Tradisinal Pulogadung lebih banyak terdapat premanisme, serta kondisi pasarnya lebih becek dan lebih kumuh dibandingkan Pasar Ciputat dan Pasar BSD''.

Apa kesimpulan penelitian dan skripsinya? Setelah dianalisis secara statistik, kesimpulannya adalah ''Tidak ada kaitan antara bersyukur dengan kebahagiaan para pedagang Pasar Tradisional Pulogadung''.

Bisnis menguntungkan di musim Corona
Places TerdekatKm
Terminal Pulogadung, Jakarta Timur 0,525
DPP Partai Demokrat 1,236
Tiki - PT CV Titipan Kilat 1,260
Arion Mall, Rawamangun 1,806
Toko Gunung Agung, Arion Mall 1,835
RS Khusus Bedah Rawamangun, Jakarta Timur 2,457
Bank BRI - KCP Sunan Giri, Rawamangun 2,482
Transmart Carrefour, Cempaka Putih, Jakarta Pusat 3,713
Mandiri Mitra Usaha - KCP JKT Pahlawan Revolusi Baru 3,713
Bank BRI - KCP Klender, Jakarta Timur 3,722
Jual Test Kita Demam Berdarah
Hotel TerdekatKm
Puri Mega Hotel, Rawasari, Jakarta Pusat 4,940
Grand Cempaka Business Hotel 5,134
Sunlake Hotel, Danau Sunter Hotel, Jakarta Utara 5,267
Balairung Hotel, Jakarta Timur 5,778
Atlantic Hotel, Salemba, Jakarta Pusat 6,060
Blue Sky Pandurata Boutique Hotel, Jakarta Pusat 6,713
Park Hotel, Hotel Pembangunan Perumahan 7,188
Lumire Hotel & Convention Center, Senen, Jakarta Pusat 7,290
Dafam Teraskita Hotel, Cawang, Jakarta Timur 7,369
Harris Hotel - Tebet 7,515

Sewu Kuto Logistik
Mengirim kargo ke ribuan kota di Indonesia. Cepat, aman, dan terjangkau.

Kapal Pelni
Jadwal komplit kapal Pelni ke seluruh Nusantara

Bioskop Online
Info dan sinopsis film bioskop terbaru, hot, dan populer.