Indonesia meets Google Places and Facebook Places

Serba Serbi / Panduan

Hak Cipta

Indoplaces. com mendayagunakan teks, foto, dan citra satelit untuk menghadirkan website ini. Kalau citra satelit, jelas Google jadi providernya. Kalau info atau naskah kami tulis sendiri, baik berdasarkan liputan langsung maupun berdasarkan literatur: offline maupun online. Begitu juga dengan foto yang jadi pengkomplit sajian informasi.


Foto Indonesia

Foto merupakan bagian krusial dalam menyajikan informasi di Indoplaces. Sebagian foto yang dipakai berasal dari hasil jepretan awak Indoplaces sendiri, maupun dari banyak kontributor yang baik hati. Foto ini secara keseluruhan sudah dibuat sebagai karya publik, sebagaimana dimaksud oleh Google di Picasaweb dan Panoramio. Siapapun boleh menggunakannya untuk kepentingan baik-baik.

Sebagian lagi berasal dari berbagai website pemerintah, BUMN, maupun perusahaan swasta. Sebagian dengan izin, sebagian lagi ditayangkan dengan memberi atribusi berupa link ke website yang bersangkutan. Kemakluman berbagai lembaga ini sangat dihargai. Bagi BUMN dan perusahaan swasta, penggunaan foto anggaplah sebagai wujud lain dari sebuah CSR.

Sebagian foto lagi --terutama karya perorangan-- bersumber dari Panoramio, website favorit untuk berbagi foto yang diimbuhi geo-lokasi. Sebagaimana diketahui, meski foto di Panoramio memilik beragam versi dan tingkatan hak cipta, pada garis besarnya foto-foto tersebut bisa dipublikasikan ulang oleh siapapun dengan menggunakan Panoramio API, dan dengan memberi atribusi kepada pemotretnya. Dengan cara inilah foto Panoramio dipergunakan di sini.


Berita Indonesia

Melengkapi sajian yang ada, Indoplaces juga menghadirkan 'search-engine berita' yang menyerap berita dari berbagai media online di Indonesia. Sebagaimana search engine Google, Indoplaces pun hanya memetik sebagian dari naskah aslinya, untuk kemudian dikoneksikan langsung ke naskah lengkapnya di website sumber berita yang bersangkutan.