Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya

Gayo Lues

  • Gubraakkk...Kepsek SMAN 1 Blangkejeren Labrak Kajari

    Rabu, 06 Januari 2016 21:23:09
    507 klik
    Alabas Pos -- Kepala Sekolah SMAN 1 Blangkejeren Aguswati Gulo tanpa diduga datang ke Kejaksaan Negeri Blankejeren dan akhirnya terlibat debat sengit dan saling gebrak beja dengan Kajari Blangkejeren M. Husin Admaja.SH.M Hum. Rupanya, ada ketidaksepahaman di antara keduanya soal Ucok, pria yang baru saja diberhentikan sebagai tenaga honorer jaga malam di SMAN 1 Blangkejeren. Selain itu, Ucok juga diminta membongkar kantin miliknya di lokasi SMAN 1. Adapun pekerjaan lain Ucok adalah menjadi supir sang Kajari.
  • Kampus III Unsyiah Terbengkalai

    Kamis, 07 Maret 2013 09:57:12
    2401 klik
    Serambi Indonesia -- Area kampus III Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) di Blangnangka, Kecamatan Blangjerango, Gayo Lues (Galus) terbengkalai dan belum bisa dimanfaatkan. Bupati Galus, Ibnu Hasim meminta pihak Unsyiah untuk segera meresmikan kampus untuk menampung para mahasiswa ajaran baru tahun ini. Ibnu Hasim didampingi sejumlah pejabat terkait pada Selasa (5/3/2013) meninjau area kampus dan melihat telah dipenuhi semak belukar. Sejumlah bangunan fisik telah rampung dikerjakan, seperti ruang kuliah umum, kantor rektorat, masjid dan perumahan dosen, termasuk kantin.
  • Tarmizi Karim Lantik Empat Penjabat Bupati/Walikota

    Kamis, 08 Maret 2012 15:35:16
    2831 klik
    Pemprov Aceh -- Penjabat Gubernur Aceh Tarmizi Karim siang tadi melantik empat Penjabat Bupati di Meuligoe Gubernur, Banda Aceh. Empat bupati/walikota yang diganti adalah Walikota Lhokseumawe, Bupati Aceh Besar, Bupati Bener Meriah dan Bupati Gayo Lues. Walikota Lhokseumawe Munir Usman diganti oleh Arifin Abdullah, Bupati Aceh Besar Bukhari Daud diganti dengan Zulkifli Ahmad, Bupati Bener Meriah Tagore digantikan oleh Teuku Islah, dan Bupati Gayo Lues Ibnu Hasyim diganti dengan Cipta Hunai.
  • Produksi Kopi Gayo Turun 10 Persen Akibat Cuaca Buruk

    Minggu, 05 Februari 2012 15:53:13
    2196 klik
    Kompas -- Cuaca tak menentu di wilayah Aceh akhir-akhir ini menurunkan produktivitas kopi kopi arabika Gayo, komoditas ekspor andalan Provinsi Aceh, hingga 10 persen. Kopi gayo adalah nama produk kopi arabika yang ditanam di Dataran Tinggi Gayo. Ada tiga kabupaten di dalamnya, Aceh Tengah, Bener Meriah, dan Gayo Lues. Dengan total luasan tanam (2010) mencapai sekitar 95.500 hektar, yang terdiri atas 48.500 hektar di Aceh Tengah, 39.000 hektar di Bener Meriah, dan 7.000 hektar di Gayo Lues.
  • Galus Bangun 14 Jembatan dan Delapan Jalan

    Selasa, 17 Januari 2012 09:22:14
    1338 klik
    Serambi Indonesia -- Pemerintah Kabupaten Gayo Lues (Pemkab Galus) akan segera membangun 14 jembatan dan delapan ruas jalan dengan biaya puluhan miliar rupiah. Dana tersebut bersumber dari APBK Galus 2012, DAK dan Otsus Provinsi Aceh. Termasuk yang akan dibangun adalah dua jembatan gantung di Desa Marpunge, Kecamatan Putri Betung dan Jembatan Pasir, Kecamatan Tripe Jaya. Masing-masing jembatan gantung mendapat anggaran Rp 1 miliar dari APBK Galus 2012.
  • Tari Saman Resmi Diakui UNESCO

    Kamis, 24 Nopember 2011 12:22:14
    1215 klik
    Antara -- Tari Saman dari Gayo Lues dan sekitarnya di Provinsi Aceh resmi diakui dan masuk dalam daftar warisan budaya takbenda yang memerlukan perlindungan mendesak UNESCO, kata pejabat Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Saman sendiri adalah tarian warisan budaya asli suku Gayo sejak abad ke-13, di daerah Gayo Lues dan sekitarnya, yang kemudian dikembangkan oleh Syeh Saman untuk penyampaian pesan keagamaan. Pemain Saman adalah laki-laki, umumnya muda, dan jumlahnya selalu ganjil. Mereka menarik dengan duduk bersimpuh atau berlutut dalam barisan rapat.
  • Bupati: Dividen Bank Aceh Dominan Sebagai PAD Gayo Lues

    Jumat, 15 April 2011 22:32:36
    1237 klik
    Pemkab Gayo Lues -- Bupati Gayo Lues H. Ibnu Hasim mengatakan hingga saat ini Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Gayo Lues,masih dominan dari Dividen yang diberikan oleh Bank Aceh,sebagai penyertaan modal di Bank Milik Rakyat Aceh ini, Bupati mengatakan hal ini, saat pertemuan pisah sambut kepala Bank Aceh Cabang Blangkejeren dari Kacab yang lama Armada, S.sos kepada Fakhri, SE sabtu malam 16/4/2011 di Balai Musara Blangkejeren. Bupati Gayo Lues mengatakan bahwa untuk penyertaan modal dari Pemkab selama ini sudah mencapai Rp 9 Milyar lebih,dan Dividen yang diberikan kepada daerah dan masuk dalam PAD mencapai Rp 1 Milyar, dan merupakan PAD dengan nilai terbesar dari semua sektor.
  • University Farm Dibangun di Bener Meriah dan Gayo Luwes

    Senin, 15 Nopember 2010 10:57:29
    2006 klik
    Serambi Indonesia -- Guna memperkuat basis perekonomian kawasan pertanian di Kabupaten Bener Meriah dan Gayo Lues, pemerintah pusat akan membangun University Farm (lahan pertanian universitas) di dua daerah tersebut. ''Kedua kompleks itu akan dikelola Universitas Syiah Kuala dan akan dijadikan tempat praktik para mahasiswa,'' kata anggota Komisi X DPRI-RI, H Raihan Iskandar Lc. Pemerintah pusat sudah memplotkan dana APBN-P bagi dua university farm itu sebesar Rp 20 miliar.
  • PAD Gayo Lues Baru Capai 15%

    Minggu, 15 Agustus 2010 14:53:13
    1129 klik
    Waspada -- Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Gayo Lues tahun 2010 sebesar Rp 10,6 miliar. Namun hingga akhir Juli, PAD yang berhasil dikumpulkan baru sekitar 15 persen. Sektor Perusahaan Daerah Gayo Lues Mentalu (PDGLM) yang ditargetkan menyumbang PAD sebesar Rp 2,5 M, ternyata hingga kini masih nihil. Begitu juga RSUD Gayo Lues, yang ditargetkan menyumbang Rp 1,4 M.
‹‹ 1 ››

Places di Gayo Lues

Pemerintah Kabupaten Gayo Lues

Minggu, 12 Februari 2012 17:04:36
Kalau kenal 'Tari Saman', mestinya harus kenal Kabupaten Gayo Lues. Dari kabupaten yang terbentuk lewat UU No. 4 tahun 2002 inilah tari populer itu berasal. Juga, Gayo Lues dikenal dengan kopi Gayo-nya, yang sebagaimana Tari Saman, juga berkembang de...