Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya

Boven Digoel

  • Tirakat Bung Hatta di Digoel

    Senin, 18 Mei 2015 22:31:22
    860 klik
    Kompas -- Belanda sengaja mengucilkan Bung Hatta ke Digoel. Menurut sejarawan Hilmar Faried, dengan dikucilkan, tokoh-tokoh pergerakan nasional tidak akan bisa melebarkan sayap pengaruhnya. Mereka benar-benar dicabut dari akar komunitasnya. Sekarang, 81 tahun setelah pengasingan Bung Hatta, Digoel belum banyak berubah. Kawasan ini masih tetap menjadi kabupaten terpelosok di ujung selatan Papua meski sudah bisa dijangkau lewat darat dan udara.
  • Janggal, Pelantikan Wakil Bupati Boven Digoel Tidak Dihadiri Bupatinya

    Senin, 03 Nopember 2014 01:54:36
    827 klik
    Bintang Papua -- Kejanggalan nampak jelas pada acara pelantikkan Wakil Bupati Boven Digoel di Gedung Sasana Krida Kantor Gubernur Papua pada Sabtu (01/11) siang, dimana kegiatan tersebut tidak dihadiri oleh Bupati Boven Digoel Yesaya Marasi. Pada kesempatan tersebut, Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe secara resmi melantik Christian Pier Keintjem sebagai Wakil Bupati Kabupaten Boven Digoel sisa masa jabatan 2011-2016. Hal ini untuk mengisi kekosongan jabatan wakil, setelah dilantiknya Yesaya Merasi sebagai Bupati daerah itu pada bulan April 2014 lalu.
  • Bebas dari Sukamiskin, Mantan Bupati Tiba Boven Digoel

    Selasa, 23 September 2014 06:14:08
    876 klik
    Jaya TV -- Setelah kurang lebih 4 tahun 3 bulan menjalani hukuman dan dinyatakan bebas pada bulan Agustus lalu, mantan Bupati Kabupaten Boven Digoel Yusak Yaluwo kembali ke Kampung halamannya Kabupaten Boven Digoel. Kedatangan mantan Bupati Boven Digoel ini disambut hangat oleh masyarakat sepanjang jalan menuju Ibukota Kabupaten Boven Digoel Tanah Merah.
  • Yesaya Merasi Resmi Jadi Bupati Boven Digoel

    Sabtu, 14 Juni 2014 22:50:56
    714 klik
    Cenderawasih Pos -- Setelah hampir 1 tahun berlarut-larut, akhirnya Yesaya Merasi, SIP, Wakil Bupati Kabupaten Boven Digoel secara resmi dilantik menjadi Bupati Boven Digoel oleh Gubernur Papua Lukas Enembe dalam Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Boven Digoel, yang digelar di Sasana Krida Kantor Gubernur Dok II Jayapura, Jumat (13/6) kemarin. Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, SH mengatakan sejak diberhentikannya Yusak Yaluwo sebagai bupati berdasarkan Keputusan Mendagri RI No 131.91-4539 Tahun 2013 10 Juni 2013 karena tersandung tindak pidana korupsi yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap, maka hal ini secara tidak langsung berpengaruh pada keberlangsungan roda pemerintahan di daerah tersebut, selama kurang lebih 11 bulan sejak ditahan dan tidak bisa lagi melaksanakan tugasnya.
  • Kota Boven Digoel Papua Rusuh Pasca Meninggalnya Ketua KPUD Kabupaten

    Rabu, 28 Mei 2014 08:22:17
    683 klik
    Detik -- Keributan pecah pasca meninggalnya Ketua KPUD Boven Digoel, Papua, Natalis Tani di kamar Hotel Yudisyah Jayapura, Selasa (27/5) dini hari. Ratusan warga Boven Digoel, merusak kantor pemerintah. Kaca-kaca kantor KPUD Boven Digoel, kantor Bupati dan beberapa perkantoran pemerintah lainnya hancur dirusak massa. Bahkan beberapa kendaraan yang sedang parkir di jalan Trans Papua di Tanah Merah dirusak massa.
  • PK Ditolak, Eks Bupati Boven Digoel Dibui 5 Tahun

    Rabu, 16 Oktober 2013 13:52:17
    782 klik
    Viva -- Mahkamah Agung (MA) menolak Peninjauan Kembali yang diajukan mantan Bupati Boven Digoel Yusak Yaluwo. Dengan demikian, Yusak tetap dipidana 5 tahun bui dalam kasus korupsi senilai Rp37 miliar. Yusak Yaluwo ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Maret 2010 terkait perannya sebagai Bupati Boven Digoel dalam penggunaan keuangan daerah setempat sejak 2005 sampai 2007. Selain itu, Yusak juga terjerat kasus dugaan korupsi dana otonomi khusus (otsus) untuk Kabupaten Boven Digoel.
  • Bupati Boven Digoel Diberhentikan

    Sabtu, 01 Juni 2013 22:44:09
    682 klik
    Papua Pos -- Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengatakan pihaknya telah secara resmi memberhentikan Bupati Boven Digoel Yusak Yaluwo, yang menjalankan roda pemerintahan daerah setempat dengan status terdakwa korupsi. Lima bulan setelah ditetapkan sebagai tersangka korupsi, Yusak memenangi pemilihan kepala daerah (pilkada) Boven Digoel. Yusak diduga menjalankan roda pemerintahan kabupaten di balik jeruji besi Lembaga Permasyarakatan (LP) Cipinang di Jakarta Timur. Setahun kemudian, Maret 2011, Ketua DPC Partai Demokrat itu dilantik menjadi Bupati Boven Digoel periode 2011 - 2016 dan sekaligus dinonaktifkan oleh Mendagri karena status hukumnya meningkat menjadi terdakwa.
  • Dipertanyakan, Boven Digoel Punya Tiga Kantor Bupati

    Senin, 18 Juni 2012 16:36:29
    787 klik
    ALDP Papua -- Boven Digoel memang berbeda dengan kabupaten lain di Indonesia. Bukan hanya karena sebagai daerah bersejarah, namun juga ‘royal’ dalam membangun. ''Lihat saja, ini luar biasa, hanya ada di Boven Digoel dimana satu kabupaten memiliki sampai tiga kantor bupati,'' kata Maret Klaru, Ketua Dewan Adat Nusantara Boven Digoel, pekan kemarin.
  • Seluruh Kantor Pemerintah di Boven Digoel Disegel Warga

    Senin, 11 Juni 2012 09:22:08
    645 klik
    Suara Pembaruan -- Seluruh kantor pemerintah di Tanah Merah, Kabupaten Boven Digoel, Papua, dipalang warga, Minggu (10/6) malam. Kantor yang ditutup di antaranya Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Boven Digoel, Kantor Bupati Boven Digoel, dan belasan kantor dinas lainnya. ''Ini tanda bahwa pemerintah sudah tidak ada di sini. Ini tindakan kami untuk demo hari ini,'' kata Maret Klaru, Ketua Dewan Adat Nusantara Boven Digoel, saat dihubungi wartawan dari Jayapura, Senin (11/6) pagi.
  • Terpidana Korupsi Dilantik Jadi Bupati Boven Digoel

    Selasa, 08 Maret 2011 15:55:53
    1229 klik
    Media Indonesia -- Setelah terdakwa dilantik menjadi wali kota, kini giliran terpidana dilantik menjadi bupati. Kemarin, Gubernur Papua Barnabas Suebu melantik terpidana Yusak Yaluwo menjadi Bupati Boven Digoel, Papua. Yusak dilantik di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, bersama pasangannya, Wakil Bupati Yesaya Merasi, dalam Sidang Paripurna Istimewa DPRD Boven Digoel. Anggota dewan didatangkan dari Papua untuk menghadiri pelantikan terpidana 4,5 tahun penjara serta membayar uang pengganti Rp45,7 miliar itu. Sebelumnya, Jumat (7/1), Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Sarundajang melantik terdakwa kasus korupsi Jefferson Soleiman Rumajar sebagai Wali Kota Tomohon periode 2010-2015 dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Tomohon di Kementerian Dalam Negeri, Jakarta.
‹‹ 1 ››

Places di Boven Digoel

Pemerintah Kabupaten Boven Digoel

Senin, 10 Agustus 2015 22:01:46
Wilayah Papua bagian selatan, calon Provinsi Papua Selatan, ibarat sekolah bagi calon pemimpin di Sulawesi. Bupati Toraja Utara Frederik Batti Sorring, misalnya, sebelumnya menjabat sebagai wakil bupati Kabupaten Asmat. Sekarang, Esther Juliana Lambe...