Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya

SBY Sudah Tiba di Atambua

Kamis, 10 Februari 2011 15:12:24
1599 klik
Send to a friend   Print Version
Atambua, Presidensby.info -- Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 4 jam dari SoE, ibu kota Timor Tengah Selatan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Hj. Ani Bambang Yudhoyono beserta rombongan tiba di Atambua, ibukota Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (10/2) sekitar pukul 15.30 WITA atau pukul 14.30 WIB.

Setibanya di Atambua, Presiden dan Ibu Ani langsung menuju Rumah Pintar (Rumpin) Flobamora. Presiden dan rombongan disambut tari-tarian penyambutan dan nyanyian selamat datang diiringi alunan musik. Pada kesempatan ini, Ibu Ani didampingi SBY, Panglima TNI Agus Suhartono, Menhan Purnomo Yusgiantoro, dan Gubernur NTT Frans Lebu Raya, meresmikan Rumpin Flobamora ini dengan menandatangani batu prasasti.

Usai peresmian, Presiden dan Ibu Ani kemudian meninjau fasilitas yang tersedia di dalam rumpin tersebut. Ketika masuk ke dalam rumpin, SBY dan Ibu Ani disambut dengan lagu I Have A Dream, milik ABBA, yang dinyanyikan oleh sekelompok anak. SBY dan Ibu Ani juga disuguhi pembacaan puisi berbahasa Inggris oleh salah seorang anak.

Presiden dan Ibu Ani langsung menuju sentra komputer. Sentra ini memiliki 17 unit komputer yang dilengkapi akses internet bagi anak setingkat SMP dan SMA. Tapi SD juga perlu, ujar Ibu Ani. ''Iya bu, sedang dikembangkan untuk SD,'' jawab pengelola rumpin.

Ketika memasuki sentra khusus untuk anak-anak pendidikan usia dini, Ibu Ani mengajak anak-anak bermain lomba mencari bola berdasarkan warna. Kebahagiaan Ibu Ani dan SBY terlihat dari gelak tawa mereka. ''Satu kotak berapa isinya?'' tanya Ibu Ani. ''Banyak,'' jawab anak-anak yang disambut tawa Presiden dan Ibu Negara. Padahal mereka diminta menghitung jumlahnya. ''Kalian jangan berkelahi ya, sayang sama teman,'' pesan Ibu Ani.

Kemudian peninjauan dilanjutkan ke sentra edukatif. Di sentra ini, Ibu Ani juga mengajak anak-anak untuk lomba membuat pesawat kertas dengan SBY. ''Ayo lomba. Bapak, bisa tidak bapak?'' ujar Ibu Ani menggoda SBY yang disambut dengan tersenyum.

Selain itu, Ibu Ani berpesan melalui VCD yang telah diberikan, agar kiranya anak-anak sering diajak menyaksikan tayangan edukatif. ''Agar mereka lebih kreatif,'' Ibu Ani mengingatkan.

Di Sentra kesejahteraan pangan, Ibu Negara kembali mengingatkan tentang slogan 'Makan tidak harus nasi'. ''Ketahanan pangan penting, makan tidak hanya nasi. Ada pisang, ubi, jagung, singkong, sagu. Biasakan untuk kita makan,'' Ibu Ani menekankan. Usai dari sentra pangan, presiden dan rombongan kemudian menuju laboratorium.

Histeria masyarakat sekitar sangat terlihat jelas. Mereka berkumpul hanya untuk sekadar bisa melihat langsung Kepala Negara dan Ibu Negara. ''Puji Tuhan, masih bisa diberikan kesempatan melihat Bapak dan Ibu Presiden,'' kata salah seorang warga. Menurut keterangan warga sekitar, kedatangan Presiden SBY sudah lama dinanti sejak periode pertama masa pemerintahan SBY. Dan baru terwujud sekarang.

Usai meresmikan rumpin, Presiden dan rombongan bertolak ke kompleks Batalyon Yonif 744/SYB. Presiden dan Ibu Ani akan bermalam di sana. (yun)

Places di Belu

Embung Sirani

Selasa, 15 Februari 2011 22:38:33
Embung Sirani, di Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, terbilang embung ukuran besar. Selain untuk menapung air, embung itu juga dijadikan area budi daya ikan air tawar oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Belu. Pada 2006, m...

Embung Haekrit

Senin, 14 Februari 2011 18:40:09
Embung Haekrit --yang tak dikunjungi SBY saat melawat ke NTT-- bagaikan bendungan di Tanggul Angin, yang dibuat untuk menahan lumpur Sidoarjo di Jalan Raya Porong. Dikerjakan oleh PT Waskita Karya, 2007-2009, dengan biaya Rp 34,8 miliar, embung atau ...

Markas Komando Batalyon Infanteri 744/SYB - Samodok

Kamis, 10 Februari 2011 22:15:47
Presiden SBY hari ini sampai ke garis finish kunjungan kerjanya ke Nusa Tenggara Timur. Bersama rombongan, SBY tiba di Markas Komando Batalyon Infanteri 744/Satya Yudha Bakti di Dusun Tofi, Desa Wedomu, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu. Saat ...

Bandara A A Bere Tallo, Kabupaten Belu

Kamis, 10 Februari 2011 16:49:41
Update -- Mulai Februari 2013, nama Bandar Haliwen diubah menjadi Bandara Haliwen diubah menjadi Bandara A A Bere Tallo. Nama ini d...

Pemkab Belu

Kamis, 10 Februari 2011 16:43:32
Kabupaten Belu terdiri dari 17 Kecamatan, dengan Atambua sebagai Ibukota Kabupaten. Totalnya ada 168 desa dan kelurahan di Belu. Kabupaten Belu ini menjadi kabupaten yang berbatasan langsung dengan Timor Leste: mantan Provinsi Timor Timur. Perdaga...

Pelabuhan Atapupu

Kamis, 10 Februari 2011 16:22:55
Pelabuhan Atapupu merupakan pelabuhan internasional yang dibangun di era Soeharto untuk mengantisipasi meningkatnya aktivintas bisnis, sebelum Timor Timur terpisah. Pelabuhan Atapupu masuk ke dalam wilayah Kecamatan Kakuluk Mesak.