Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Kompleks Departemen Dalam Negeri, Pondok Gede

Jumat, 03 Februari 2012 10:24:01
photo: centhini/indoplaces

Orang biasa menyebutnya Kompleks DDN, sebagai singkatan dari Departemen Dalam Negeri. Mungkin terasa lebih simpel ketimbang menyebutnya sebagai Kompleks Depdagri. Sudah berapa lama 'komplek perumahan karyawan' Depdagri ini hadir? Seorang teman punya cara unik untuk menjawabnya. Katanya, melintas saja di jalan kompleks itu pada akhir pekan. Pasti akan terlihat ibu-ibu usia di atas 50-an sedang jalan berbondong-bondong: entah mau ke arisan, entah mau ke perhelatan lain. Saya sendiri tahunya, ketika kenal Jatiwaringin dan Pondok Gede pada 1978, komplek DDN sudah dikenal orang.

Kalau melihat foto di atas, jalan masuknya bernama Jalan Beringin. Tapi kalau lihat di peta Google, jalan masuknya bernama Jalan Sinar Kasih. Bisa begitu karena kawasan itu, selain jadi perumahan karyawan DDN, sebagian lainnya dikenal sebagai perumahan karyawan PT Sinar Kasih, yang dulu dikenal sebagai penerbit koran Sinar Harapan dan Suara Pembaruan. Usia kedua perumahan ini kurang lebih sama. Adapun bangunan besar di seberang jalan adalah Supermarket Tip Top.

Kompleks DDN --terutama jalan utamanya-- belasan tahun terakhir makin populer karena dia bergungsi sebagai jalan pintas bagi kendaraan yang hendak ke Jalan Jatiwaringin. Ketimbang harus bermacet-macet di kawasan Pasar Pondok Gede, lebih baik lewat DDN, yang jalannya tembus ke Jalan Gamprit, atau terus tembus ke Pintu Tol Jatiwaringin. Sampai awal tahun lalu, jalannya hancur lebur. Tapi sekarang, seperti terlihat di foto, jalannya sudah dilapis beton.

Peta & Citra Satelit

Komplek DDN Jatiwaringin

Perumahan Karyawan Departemen Dalam Negeri
Jalan Raya Jatirahayu
Kelurahan Jatiwaringin - 17411
Kecamatan Pondokgede
Kota Bekasi
Jawa Barat