Satu Indonesia, Berjuta Placesnya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Capital Place, Jakarta Selatan

Jumat, 26 April 2019 15:19:31
photo: capital place / indoplaces

Capital Place tampil unik di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Keunikannya terlihat dari kehadiran 5 Sky Garden yang dari luar tampak sebagai lantai bolong pada gedungnya yang bertinggi 53 lantai. Dibangun Rajawali Corp pada 2014 dan beroperasi mulai Juni 2016, Capital Place disewakan sebagai gedung perkantoran premium. Perusahan yang berkantor di gedung rancangan biro arsitek Pelli Clarke Pelli Architects (New York) ini antara lain Facebook dan Lazada. Adapun sang gedung statusnya sekarang adalah milik GIC Pte Ltd, asal Singapura, lewat PT Mahkota Prima Properti.

Capital Place pada intinya bukan cuma gedung bernama Capital Place. Dia bermakna juga sebagai nama lokasi atau lahan seluas 2 hektar yang jadi tempat berdirinya gedung 53 perkantoran lantai itu . Dan selain gedung tinggi tadi, di bagian belakang lahan Capital Place juga telah hadir Four Seasons Jakarta Hotel. Hotel setinggi 20 lantai ini hadir sebagai bangunan tersendiri di bagian belakang Capital Place, dengan posisi bangunan dibuat menyerong atau miring dari posisi gedung utama. Untuk kedua proyek ini, gedung perkantoran dan hotel, Rajawali Corp menanamkan investasi senilai Rp 4 triliun (400 juta dolar AS).

Rajawali Corp atau Rajawali Group --kelompok usaha milik Peter Sondakh-- mengembangkan Capital Place lewat salah satu cucu perusahaannya, PT Greenland Rajawali Utama, yang menginduk ke sub-holding Rajawali Property Group (PT Rajawali Property Indonesia). Kalau datang ke website Rajawali Property Group, Pacific Place tidak dicantumkan sebagai salah satu assetnya. Yang dicantumkan hanyalah asset-asset berupa hotel, termasuk Hotel Four Seasons Jakarta. Ini mungkin karena yang disebut sebagai 'owner' Capital Place adalah PT Mahkota Prima Properti, perusahaan patungan Rajawali Corp dengan GIC Pte Ltd. Untuk kemitraannya ini, pada Novempeber 2014 GIC Pte Ltd sepakat untuk membenamkan investasi senilai 500 juta dolar AS. PT Mahkota Prima Properti ini pula yang yang jadi penerima segala uang sewa kantor.

Dari total 53 lantai, ruang perkantoran yang dipasarkan hanya 52 lantai. Lantai teratas, lantai 53, diperuntukkan bagi sarana mekanikal dan elektrikal. Dengan pengurangan satu lantai itu, total area perkantoran yang tersedia mencapai 90.511 meter persegi. Dan ini pun setelah dikurangi 5 Sky Garden yang ada di lantai 50, 36, 21, serta lantai 6 dan 7. Kalau dilihat dari luar, yang tampak hanya 4 Sky Garden karena Sky Garden terbawah merupakan gabungan Sky Garden di 6 dan 7. Fasilitas lain gedung ini adalah area parkir yang mampu menampung 1.350 mobil, 8 lift gedung, lobi setinggi 8 meter, serta layanan office concierge yang dikelola Four Seasons Hotel, alias layanan kantor serasa berada di hotel bintang lima Hotel Four Seasons.

Sejak November 2014, atau sejak gedung mulai dibangun, PT Mahkota Prima Properti sudah mulai memasarkan ruang perkantorannya seharga 45 dolar AS (Rp 550 ribuan) per meter persegi per bulan, belum termasuk biaya servis. Sejumlah perusahaan yang namanya populer sudah berkantor di sini. Antara lain Facebook, yang sejak 14 Agustus 2017 mulai menempati kantornya yang berada di lantai 49. Pada 23 Mei 2018, Lazada juga mulai berkantor di Capital Place, dengan menyewa 2 lantai sekaligus: lantai 20 dan 21. Lazada perlu dua lantai karnea ingin menghadirkan auditorium, lounge, dining room, dan ruangan kerja dengan konsep open space.

Ingin berkantor di sini, tapi merasa berat membayar sewa langsung ke PT Mahkota Prima Properti? Tak usah pusing. Sejak Mei 2018, Regus sudah membuka business center di lantai 40. Regus, yang berpusat di Luxemburg, adalah perusahaan penyedia ruang kerja fleksibel: ruang kantor siap pakai dengan harga hemat, co-working space, virtual office, ruang rapat, dan sebagainya. Bagi Regus, business center di Capital Place merupakan outletnya yang ke-16 di Indonesia.

Peta & Citra Satelit

Rajawali Corp

Capital Place
Jl. Gatot Subroto Kav 18
Kuningan Barat
Mampang Prapatan
Jakarta Selatan
DKI Jakarta

Tel: 021-22770808,22775959

Website: www.capitalplace.co.id




Pemilik:
PT Mahkota Prima Properti
Jl. Gatot Subroto Kav 18
Kuningan Barat
Mampang Prapatan
Jakarta Selatan
DKI Jakarta


GIC Pte Ltd - www.gic.com.sg


Rajawali Property Group - PT Rajawali Property Indonesia
Menara Rajawali
Jl. Dr.Ide Anak Agung Gde Agung
Kawasan Mega Kuningan
Kelurahan Kuningan Timur
Kecamatan Setiabudi
Jakarta Selatan

Tel: 021-5761818
Fax: 021-5761789

Website: www.rajawalipropertygroup.com


Rajawali Corp
Menara Rajawali
Jl. Dr Ide Anak Agung Gde Agung
Kawasan Mega Kuningan
Kelurahan Kuningan Timur
Kecamatan Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta

Website: www.rajawali.com