Satu Indonesia, Berjuta Placesnya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai

Rabu, 27 Maret 2019 23:21:28
photo: kantor bupati serdang bedagai / google sv

Soekirman dan Tengku Erry Nuradi memang kompak, termasuk dalam bersaing. Keduanya merupakan pasangan wakil bupati dan bupati Serdang Bedagai pertama yang terpilih lewat pilkada pada 2005. Tahun 2010, keduanya terpilih lagi untuk terus memimpin Serdang Bedagai. Pada 2013, keduanya kompak untuk saling bersaing menjadi wakil gubernur Sumatera Utara. Soekirman mendampingi Gus Irawan Pasaribu. Erry mendampingi Gatot Pujo Nugroho. Soekirman dan pasangannya kalah. Erry dan pasangannya menang. Pulang kampung, Soekirman naik jabatan jadi Bupati Serdang Bedagai menggantikan Erry.

Kabupaten Serdang Bedagai masih tergolong kabupaten muda. Kabuaten ini terbentuk bersamaan dengan Kabupaten Samosir, lewat UU No 36 tahun 2003. Serdang Bedagai lahir sebagai pemekaran dari Kabupaten Deli Serdang. Kecamatan yang membentuknya adalah Pantai Cermin, Perbaungan, Teluk Mengkudu, Sei Rampah, Tanjung Beringin, Bandar Khalipah, Tebing Tinggi, Dolok Merawan, Sipispis, Dolok Masihul, Kotarih, Bangun Purba, dan Galang. Yang ditetapkan sebagai ibukota Kabupaten Serdang Bedagai adalah Sei Rampah.

Ir H Soekirman dilantik menggantikan Tengku Erry Nuradi sebagai Bupati Serdang Bedagai pada 5 Juli 2013. Erry ikut hadir dalam pelantikan Soekirman yang mengantikan dirinya. Bisa begitu karena sebulan sebelumnya, 17 Juni 2013, pasangan Gatot Pujo Nugroho dan Tengku Erry Nuradi sudah dilantik sebagai Gubenur dan Wakil Gubenur Sumatera Utara periode 2013-2018. Bagi Gatot, ini pelantikannya yang kedua sebagai gubernur Sumut. Beberapa bulan sebelumnya, 14 Maret 2013, Gatot Pujo Nugroho, yang semula wakil gubernur, diangkat menjadi gubernur menggantikan Gubernur Syamsul Arifin yang jadi terdakwa kasus korupsi. Pengangkatannya ini dilakukan sehari sebelum KPU Sumut mengumumkan pemenang tetap Pilkada Sumut 2013, yang menurut quick-count sudah dimenangi oleh Gatot dan Erry.

Kebersamaan Gatot dan Erry terputus di tengah jalan. Gatot mengulangi kelakuan pendahulunya dan masuk penjara. Erry yang mantan bupati Serdang Bedagai pun akhirnya dilantik menjadi Gubernur Sumut pada 25 Mei 2016. Dan sebenarnya, pasangan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara ini sudah tak harmonis sejak satu bulan setelah pengangkatan. Hal ini diungkap Erry saat menjadi saksi sidang yang mengadili Gatot Pujo Nugroho di Pengadilan Tipikor Jakarta, 3 Februari 2016.

Di Serdang Bedagai sendiri, dua bulan sebelumnya, 16 Desember 2015, KPU Serdang Bedagai mengumumkan hasil final Pilkada Serdang Bedagai 2015 yang dimenangi pasangan petahana Soekirman dan Darma Wijaya. Keduanya, yang menang lebih dari 50 persen suara melawan 3 pasangan lainnya, dilantik menjadi Bupati Serdang Bedagai periode 2016-2021 pada 17 Februari 2016. Siapa yang melantik? Siapa lagi kalau bukan kawan lamanya, Tengku Erry Nuradi, yang saat itu sudah menjabat sebagai Plt Guburnur Sumut. Soekirman pun terus berkibar.

Bagaimana dengan Tengku Erry Nuradi? Tak terlalu cerah. Masa baktinya sebagai gubernur Sumut berakhir pada 17 Juni 2018. Tak ikut pilkada Sumut lagi? Maunya sih begitu. Tapi ada daya, Erry tak punya dukungan partai yang cukup untuk mendaftarkan diri sebagai calon gubernur. Padahal saat itu, ia berstatus sebagai Ketua DPW Partai Nasdem Sumut. Partainya lebih memilih untuk mengusung Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah. Walhasil, sehari sebelum masa baktinya berakhir, 16 Juni 2018, ia menggelar halal-bihalal Idul Fitri 1439 H, sekaligus berpamitan, di halaman kantor gubernur Sumut. Sahabat lamanya, Soekirman, tentu saja hadir. Sahabatnya ini bilang kalau karir politik Erry belum berakhir. Ia masih muda. Dengan statusnya sebagai Ketua DPW Partai Nasdem Sumut, ia masih bisa masuk ke Senayan.

'Ramalan' sahabatnya itu ternyata benar. Tepat sebulan kemudian, 16 Juli 2018, Erry resmi mendaftarkan diri sebagai caleg Nasdem untuk memperebutkan kursi DPR-RI. Kabar terbaru, mulai 21 Februari 2019, Erry melepaskan jabatan Ketua DPW Nasdem Sumut untuk berkonsentrasi penuh melapangkan langkahnya menuju Senayan. Akankah Erry melenggang ke Senayan? Kita tunggu saja hasil Pemilu 17 April mendatang.

Peta & Citra Satelit

Kantor Bupati Serdang Bedagai

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai
Jl. Negara No.300
Kelurahan Firdaus
Kecamatan Sei Rampah
Kabupaten Serdang Bedagai
Sumatera Utara

Tel: 0621-441009, 442135
Fax:0621-441960

Website: www.serdangbedagaikab.go.id

Kecamatan di Serdang Bedagai

Kecamatan di Kabupaten Serdang Bedagai:
1. Bandar Khalipah
2. Bintang Bayu
3. Dolok Masihul
4. Dolok Merawan
5. Kotarih
6. Pantai Cermin
7. Pegajahan
8. Perbaungan
9. Sei Bamban
10. Sei Rampah
11. Serbajadi
12. Silimda
13. Sipispis
14. Tanjung Beringin
15. Tebing Syahbandar
16. Tebing Tinggi
17. Teluk Mengkudu