Satu Indonesia Berjuta-berjuta Placesnya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

BNI - Dual Data Center Slipi, Jakarta Barat

Kamis, 16 Agustus 2018 17:10:35
photo: bni ddc slipi / indoplaces

Bangunan berlapis kaca biru ini tak memasang nama di puncak ataupun dinding gedung. Maklum, ketimbang nama, gedung ini lebih butuh ip-address. Ini karena sang gedung adalah gedung data center milik Bank BNI. Pada berbagai dokumen lelang Bank BNI, gedung ini biasa di sebut sebagai gedung BNI - Dual Data Center Slipi (DDC Slipi). Disebut dual, mungkin karena baru 2 data center saja yang dimiliki Bank BNI, dan gedung itu kebetulan jadi yang ke-2. Adapun yang selama ini jadi ''tempat menyimpan data center'' Bank BNI adalah gedung kantor pusatnya di Wisma BNI, Kota BNI, Jakarta Pusat.

BNI DDC Slipi berada di kawasan Slipi, atau di Jalan Letjen S Parman. Ketika mobil Google Street View melintas di depannya pada Maret 2013, area gedung ini masih berupa tanah kosong. Ketika Google Street View melintas lagi pada Mei 2015, gedung biru ini sudah tegak berdiri. Yang unik, gedung ini tak punya pintu masuk di Jalan Letjen S Parman. Akses masuknya mesti lewat Jalan Anggrek Neli Murni VI yang ada di sebelah kiri gedung, atau sebelah selatan (bawah) kalau di peta. Jalan lain yang mengapitnya di sebelah utara, Anggrek Neli Murni VII, merupakan jalan masuk ke perumahan karyawan BNI.

Tak ada cerita spesifik soal kapan gedung ini mulai dibangun atau diresmikan. Meski begitu, pada Juni 2015, Bob Tyasika Ananta, yang sekarang menjabat direktur Manajemen Risiko BNI, pernah cerita kalau perusahaannya telah menyediakan Rp 500 miliar untuk membangun gedung data center. Selain untuk kepentingan disaster recovery, data center itu juga dihadirkan untuk memastikan layanan elektronik BNI selalu ''on'' terus. Juga untuk mewujudkan niatan BNI menggenjot transaksi e-commerce bagi para pengguna mobile banking BNI menjadi 10 juta pengguna.

Gedung BNI DDC Slipi sepertinya sudah berfungsi. Selain karena bangunan fisiknya sudah eksis sejak 2015, kesibukan lelang terkait infrastruktur gedung ini pun sudah berlangsung sepanjang 2017. Pada Februari 2017, misalnya, diselenggarakan pengadaan jaringan telekomunikasi antara Data Center Sudirman dengan Data Center Slipi yang berkecepatan 10 Gbps. Menyusul kemudian, Juli 2017, diadakan lelang pengadaan akses internet berkecepatan minimum 100 Mbps (lokal) dan 20 Mbps (international). Adapun server yang dipakai di BNI - Dual Data Center Slipi antara lain IBM Power8, yang lelangnya digelar pada September 2017.

Peta & Citra Satelit

Data Center Bank BNI

BNI - Dual Data Center Slipi
Jl. Letjen S Parman Kav. F8
Kelurahan Kemanggisan
Kecamatan Palmerah
Jakarta Barat
DKI Jakarta

Bank BNI - www.bni.co.id