Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Katoomba Green Park, Gunung Putri, Bogor

Kamis, 27 April 2017 23:38:29
photo: katoomba / endonesia

Sekarang ini semangat otonomi bukan hanya ramai di jagad politik. Di dunia 'sambil menyelam minum air' pun otonomi terus bertebaran. Walhasil di berbagai daerah terus bermunculan aneka kolam renang bernuansa water-park. Tak terkecuali di Desa Bojongnangka, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor. Sejak 2011, di kawasan dekat dengan Tol Jagorawi itu, telah hadir Katoomba Green Park, kawasan wisata renang, pemancingan, dan kebun binatang mini. Sempat dipertanyakan perizinannya oleh wakil rakyat di DPRD Kabupaten Bogor pada awal 2015, Katoomba Green Park sampai sekarang masih eksis dan tetap ramai.

Tak diketahui dari mana nama 'Katoomba' dipetik. Mungkin dari nama kampung suku Aborigin di New South Wales, Australia. Tapi apapun asal-usulnya, yang jelas nama Katoomba memang nyaman di telinga. Dan kalau kemudian dilengkapi menjadi 'Katoomba Green Park', juga tidak ada salahnya. Soalnya, kawasan hiburan di ruang terbuka seluas 3 hektar ini memang terkesan hijau. Areanya padat pepohonan, walau dia berada di lingkungan yang ramai penduduk. Katoomba Green Park ini juga tidak seberapa jauh dari perumahan Griya Bukit Jaya.

Yang jadi sajian utama Katoomba Green Park tak lain dua kolam renang untuk segala umur. Kolam yang lebih besar punya kedalaman berbeda dan dilengkapi 'seluncuran' lurus ukuran lebar. Kolam yang lebih kecil, yang lebih diperuntukkan bagi anak-anak, tapi juga disukai kalangan remaja dan orang tua, dilengkapi dengan seluncuran yang melingkar-lingkar. Secara keseluruhan, untuk kolam renang yang dibangun pada 2011, kolam renang di Katoomba ini terasa jadul. Terutama sekali karena bentuk kedua kolam renangya terbilang super-klasik: kotak.

Katoomba Green Park juga punya satu kolam lagi yang ukurannya juga besar. Tapi bukan untuk berenang, melainkan berfungsi sebagai kolam pemancingan. Saat hari Tahun Baru 2017 lalu, orang jauh lebih suka menikmati kolam renang daripada kolam pemancingan yang bentuknya juga kotak. Begitu juga dengan nasib mini-zoo yang ada di sanam, yang punya koleksi beberapa ular, burung, dan juga rusa: kurang diminati. Dan sebenarnya masih ada satu kolam lagi, yang berbentuk elips atau bertepian melingkar, yang kalau dilihat dari langit sosoknya lebih cantik dari kolam lain. Kolam ini difungsikan sebagai danau. Di tengah danau dihadirkan pendopo berkaki jangkung. Bernama 'Lakeview Restaurant', pendopo ini biasa dipakai untuk acara keluarga yang perlu tempat untuk menggelar meja prasmanan.

Peta & Citra Satelit

Katoomba Mini-Zoo

Katoomba Green Park
Jl. Perjuangan No. 2
Desa Bojongnangka
Kecamatan Gunung Putri
Kabupaten Bogor
Jawa Barat

Tel: 021-86860688

Pemancingan Katoomba

Katoomba Green Park punya satu kolam pemancingan ukuran besar. Kehadirannya bukan tanpa alasan. Ia punya nilai historis. Dulunya, lahan Katoomba memang dipenuhi 14 kolam pemancingan dan 9 kolam kecil untuk pemijahan ikan lele, bawal, dan gurame. Pada 2011, karena biaya operasional kolam pemancingan semakin dirasa berat, Thamrin, sang pemilik, memutuskan untuk mengubahnya menjadi taman wisata keluarga. Selain kolam renang dan kolom pemancingan, juga dihadirkan arena bermain anak dan ATV. Agar lebih komplit, di tepi kolam renang juga dibuatkan area pertunjukan musik plus panggungnya.

Pada Februari 2015, kehadiran Katoomba Green Park mulai diusik. Tak kurang dari Ketua DPRD Kabupaten Bogor Ade Ruhandi meminta Pemkab Bogor segera memeriksa perizinan Katoomba. Menanggapi hal itu, Badan Pelayanan dan Perizinan Terpadu (BPPT) Kabupaten Bogor bilang kalau Katoomba pernah mengajukan izin untuk kolam renang. Kalau ada sarana lain, seperti restoran dan wahan bermain anak, maka itu hal yang ilegal. Sementara Dinas Pariwisata Kabupaten Bogor punya jawaban lain lagi: ''Awalnya mereka hanya mengantongi izin restoran, tapi kolam renangnya tidak. Tapi yang ramai malah kolam renangnya, bukan restorannya,'' kata Wardani, Kepala Seksi Objek Wisata Disbudpar Kabupaten Bogor.

Persoalan izin itu sekarang sudah tidak terdengar lagi. Mungkin sudah beres. Dan yang pasti, Katoomba Green Park masih eksis dan masih terus didatangi orang.