Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Trans Studio Cibubur, Cimanggis, Kota Depok
Senin, 24 April 2017 23:34:47
photo: trans studio cibubur / republik endonesia
Trans Studio Cibubur. Kawasan superblok di Jalan Transyogie atau Jalan Alternatif Cibubur-Cileungsi ini masih belum ada. Masih proyek. Bos Trans Corp Chairul Tanjung baru melakukan ground-breaking ceremony pada 3 Maret 2017. Menempati lahan eks SPBU Petronas, berseberangan dengan RS Meilia, proyek yang disebut 'Kawasan Trans Studio Cibubur' ini bakal berisi Trans Studio Mall, Trans Studio Theme Park, apartemen Trans Park @ Cibubur, dan Trans Hotel. Yang terakhir ini hanya berintang 3. Kalah dari tetangga dekatnya, Hotel Ciputra di CitraGran, yang berbintang 4.

Meski menyematkan kata Cibubur pada namanya, lahan Trans Studio Cibubur (4,1 hektar) tidak masuk wilayah Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur. Ia berada di wilayah tetangganya, yang sudah beda provinsi: Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat. Dan mungkin karena berada di Jawa Barat, Trans Corp --salah satu sub-group di dalam group CT Corp (Chairul Tanjung Corporation) --- mempercayakan pelaksanaan proyek ini kepada 'perusahaan cicit' yang bernuansa Jawa Barat: PT Para Bandung Propertindo. Perusahaan ini sekarang juga menjadi pengelola Trans Studio Mall Bandung. Yang menjadi ibu perusahaaan ini adalah PT Trans Studio: anak dari PT Trans Property. Sebagai stasiun televisi TranTV dkk, PT Trans Property tergabung di sub-group Trans Corp.

Trans Studio Cibubur, yang menelan investasi Rp 3 triliun, ditargetkan bisa beroperasi pada akhir akhir 2018, atau bisa rampung sepenuhnya pada 2019. Soal sumber dana, Chairul Tanjung bilang bersumber dari modal sendiri dan pinjaman dari luar negeri. Tak ada pinjaman dari bank lokal ataupun bank asing yang berada di Indonesia. Investasi yang ditargetkan bagi kalangan middle-class diyakini bakal sukses. Sebagai bukti, apartemen Trans Park @ Cibubur, yang akan dibangun 3 tower, dan sudah dipasarkan sejak Desember 2016, terbukti laris manis. Hingga Januari 2017, sudah terjual 1.000 unit dari total 2.900 unit. Dari penjualan apartemen yang belum kelihatan bentuknya ini, Trans Corp sudah berhasil diraup pendapatan antara Rp 500 hingga Rp 600 miliar.
Kawasan Trans Studio Cibubur
Jl. Raya Transyogie (Jl. Alternatif Cibubur-Cileungsi)
Kelurahan Harjamukti
Kecamatan Cimanggis
Kota Depok
Jawa Barat


CT Corp - www.ctcorpora.com
The Trans Luxury Hotel - www.thetranshotel.com
Proyek Trans Studio Cibubur punya nama resmi agak panjang: Kawasan Trans Studio Cibubur. Maknanya, dia adalah kawasan superblok, alias kawasan multi-fungsi. Walhasil, tak seperti Trans Studio milik CT Corp sebelumnya, Trans Studio Cibubur hadir dengan isi lebih beragam. Seperti sudah disebut tadi, ada 4 unsur pembentuknya: Trans Studio Mall, Trans Hotel, Trans Studio Theme Park, dan apartemen Trans Park @ Cibubur. Dua isi yang pertama sudah biasa ada. Dua yang terakhir baru ada di Cibubur. Semua gedung akan dibangun oleh PT Wika Gedung, dengan nilai kontrak Rp 700 miliar.

Saat ground-breaking ceremony, Chairul Tanjung bilang kalau apartemen Trans Park @ Cibubur sudah laku sekitar 1.000 unit, dari total 2.900 unit . Yang sudah terjual itu tak lain adalah apartemen yang ada di Tower A (950 unit), yang sudah mulai dipasarkan sejak Desember 2016. Sekarang ini, kalau Jalan Transyogie di depan area proyek, terlihat banyak spanduk dan baliho yang menawarkan apartemen di Tower B (896 unit), yang harganya mulai dari Rp 460 juta-an. Tower C akan menyusul dengan daya tampung 1.100 unit. Tower-tower itu akan dibangun setinggi 37 dan 38 lantai.

Selain apartemen, komponen baru Trans Studio lainnya adalah Trans Studio Theme Park. Atau lebih spesifik lagi: Marvel Science Center. Di negara tetangga Singapura, theme park semacam ini dikenal dengan nama Marvel's Avenger S.T.A.T.I.O.N (Scientific Training and Tactical Intelligence Operative Network). Namanya memang ditulis seperti itu, sama dengan cara penulisan judul film seri televisi Marvel's Agent of S.H.I.E.L.D (Strategic Homeland Intervention Enforcement and Logistics Division).

Meski dianggap komponen baru, Marvel Science Center tidak akan dibuatkan bangunan atau gedung terpisah. Melainkan menjadi bagian atau pelengkap dari berbagai wahana hiburan dan permainan yang ada di dalam Trans Studio Mall. Mall-nya sendiri akan dibangun dengan luas lantai antara 90.000-100.000 meter persegi, dan akan dilengkapi lantai basement yang bnisa menampung 2.500 mobil. Selain berisi wahana hiburan, mall juga akan diramaikan oleh berbagai bisnis ritel. Yang sudah dipastikan mengisi mall ini adalah peritel yang masih keluarga sendiri, termasuk TransMart, alias Carrefour ala Trans Corp. Untuk bioskop, yang akan mengisi adalah jaringan bioksop CGV Cinemas (d/h CGV Blitz, d/h Blitz Megaplex), milik PT Graha Layar Prima, afiliasi CJ CGV (Korea Selatan).

Adapun Trans Hotel cuma akan hadir sebagai hotel bintang 3, atau kalah dari Hotel Ciputra, yang menyatu dengan Mal Ciputra Cibubur, di kawasan perumahan CitraGran, yang ada di sebelah timurnya. Hotel yang bakal punya 400 kamar ini akan dikelola oleh Trans Luxury Hotel. Yang satu ini tak lain adalah nama hotel yang ada di Trans Studio Bandung, yang punya 282 kamar, 18 lantai, dan disebut sebagai satu-satunya hotel bintang 6 di Indonesia. Di Trans Studio Bandung juga terdapat hotel bintang 3 yang punya 568 kamar: Ibis Hotel Bandung.

Trans Studio Cibubur, tak seperti umumnya superblok lain, tidak akan menghadirkan gedung perkantoran ataupun ruang perkantoran. Mengapa? Mungkin karena, seperti dibilang Chairul Tanjung, Trans Studio yang mengandung perkantoran baru akan dihadirkan di masa datang. Tepatnya di Trans Studio Bekasi, yang ditargetkan bagi pasar kelas menengah-bawah. Kapan akan dibangun? Masih belum diketahui. Yang pasti, kata Chairul Tanjung, ''Trans Studio Bekasi akan lebih besar dibanding Cibubur.''