Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Mal Ciputra Cibubur, CitraGran, Kota Bekasi
Jumat, 15 Juli 2016 15:48:56
photo: che/indoplaces
Setelah lebih dari 20 tahun bercokol di kawasan Jalan Alternatif Cibubur-Cileungsi, Ciputra Group akhirnya mau juga membangun mall serius di sana. Wujudnya adalah Mal Ciputra Cibubur, yang resmi beroperasi pada Juli 2013, yang berada di gerbang masuk CitraGran, perumahan kelas menengah atas yang dibangun Ciputra Group sejak pertengahan 1990-an. Mal baru ini dibangun dibekas lahan mal ala kadarnya yang dulu tak terlalu diminati orang: Mal CitraGran. Sekarang, mal ini ini bisa bersaing dengan lebih fair melawan dua mall lain yang sudah lebih dulu eksis, lebih laku, dan tak pernah berhenti bersolek: Plaza Cibubur dan Cibubur Junction.

Dibanding pendahulunya, Mal Ciputra Cibubur jelas jauh lebih besar. Luas mall 3 lantai ini mencapai 33.500 meter persegi. Sedangkan seniornya, Mal CitraGran, hanya punya luas lantai 5.000 meter persegi. Bangunan sang senior --lokasinya di mall yang sekarang adalah lokasi toko buku Gramedia-- dibongkar habis pada akhir 2011 dan pembangunan mall baru mulai dilangsungkan pada Januari 2012. Saat itu, mall yang baru niatnya akan dinamakan Mal Ciputra CitraGran. Tapi ketika akhirnya diresmikan pada 17 Juli 2013, nama yang disematkan adalah Mal Ciputra Cibubur.

Tak diketahui mengapa mall itu menggunakan kata Cibubur pada namanya. Mungkin menyelaraskan dengan strategi promosi yang biasa digunakan para pengembang di kawasan itu, yang suka menyebut diri berlokasi di (sebelah) Timur Jakarta atau Timur Cibubur. Adapun secara fisik, sebagaimana Plaza Cibubur, Mal Ciputra Cibubur berada di wilayah Kelurahan Jatikarya, Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi. Kecamatan Jatisampurna ini merupakan hasil pemekaran Kecamatan Pondokgede. Dalam bahasa Pemkot Bekasi, Kelurahan Jatikarya merupakan wilayahnya yang paling selatan, berbatasan dengan Kabupaten Bogor dan Kota Depok.

Sejak dibuka sampai sekarang, Mal Ciputra Cibubur terbilang laris manis. Maklum, banyak peritel besar yang bisa dihadirkan di sana. Gramedia, yang dulu memang ada di Mal CitraGran, masih ikut bergabung. Matahari Department Store, sebagai pendatang baru, sudah buka sejak 27 Juni 2013, atau tiga pekan sebelum grand opening pada pertenggah Juli. Untuk urusan barang kelontong, sejak awal sudah hadir pusat grosir Hypermart. Dan sebagaimana mall serius lainnya, Mal Ciputra Cibubur juga menjadi tuan rumah bagi bioskop Cinema XXI.
Mal Ciputra Cibubur
Jl. Raya Alternatif Cibubur-Cileungsi Km. 4 (Jl. Transyogie)
Kelurahan Jatikarya
Kecamatan Jatisampurna
Kota Bekasi - 17435

Website: www.malciputracibubur.com


Management Office:
Tel: 021-84593193
Fax: 021-84593192

Link:
CitraGran - www.citragran.com
Ciputra Group - www.ciputra.com
Totalnya, di mall seluas 40.000 meter persegi ini, ada 147 gerai komersial. Saat pembukaan, pengelola mall mengaku gerai komersial sudah terjual 95 persen, yang ditempati sekitar 95 tenant atau penyewa. Yang terluas tentulah Matahari Department Store, yang menggunakan area komersial seluas 5.400 meter persegi. Kabar lain menyebutkan, saat pembukaan ruang komersial Mal Ciputra Cibubur sudah terisi penuh, 100 persen, oleh 150 penyewa.

Dan selain mall dan ruko, area Mal Ciputra Cibubur sekarang ini, atau tepatnya sejak April 2015, juga sudah dilengkapi hotel bintang 4. Hotel Ciputra atau Hotel Ciputra Cibubur, namanya. Berlantai 10, di sisi barat mall ini dimiliki oleh salah satu anak perusahaan Ciputra Group: PT Ciputra Surya Tbk. Adapun yang jadi pengelola adalah Swiss-Belhotel International.
Bagi PT Matahari Department Store Tbk, gerai Matahari di Mall Ciputra Cibubur yang buka pada Juni 2013 itu merupakan gerai yang ke-121. Adapun gerai Matahari yang terbaru adalah gerai ke-146, yang baru pada 2 Juni 2016 lalu dihadirkan di Sunrise Mall Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, tetangga dekat kota Surabaya, Jawa Timur.
Setahun setelah Mal Ciputra Cibubur hadir, pada Mei 2014 Ciputra Group mulai berkicau soal rencana pembangunan Mal Ciputra Cibubur 2. Alasannya tak lain karena mall yang pertama memang terbilang laris manis: tenant banyak, pengunjung pun melimpah. Selain itu, lahan pun sudah tersedia sejak dulu. Lokasi Mal Ciputra Cibubur 2 ini akan berada di seberang jalan atau di area yang sekarang sudah berisi banyak ruko dan dinamai Kawasan Niaga CitraGran.

Mal Ciputara Cibubur 2 sudah benar-benar mulai dibangun? Rencananya sih, akhir 2014 atau awal 2015 sudah bisa dimulai. Tapi kalau sekarang melintas di sana, sama sekali belum ada tanda-tanda proyek mal baru. Semoga saja tak perlu menunggu lebih dari 20 tahun, seperti halnya menunggu kehadiran Mal Ciputra Cibubur (1).