Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

PT Restu Mahkota Karya, Suzuki Cimanggis, Kota Depok

Minggu, 03 Juli 2016 21:54:39
photo: centhini/indoplaces

Kalau mau, gedung bersosok bulat di bagian tengah ini, yang juga bertopi rangka bulat melingkar di atasnya, dan jadi showroom mobil Suzuki di Cimanggis, Kota Depok, bolehlah disebut gedung Valentine. Soalnya, outlet milik PT Restu Mahkota Karya (RMK) ini menjalani grand opening pada hari Valentine: 14 Februari 2011. Keunikan lainnya, gedung ini mirip sosok bulat gedung milik RMK lainnya, yang ada di Jalan Panjang, Kebun Jeruk, Jakarta Barat. Selain menjadi showroom, gedung bulat yang terakhir ini sekaligus juga menjadi kantor pusat RMK, perusahaan yang jadi 'main dealer ' mobil Suzuki untuk wilayah Jabodetabek dan Banten.

Outlet di Jalan Raya Bogor, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, merupakan showroom RMK yang ke-6. Berada di atas lahan seluas 4.700 meter persegi, outlet ini punya bangunan seluas 2.700 meter persegi: 1.500 meter persegi dijadikan ruang pamer, dan 900 meter persegi untuk area bengkel. Sama seperti gedung kantor pusat, gedung bulat Cimanggis ini juga dibuat berkonsep 'go-green'. Di lingkungan PT Restu Mahkota Karya, yang punya 13 showroom, hanya dua gedung ini saja yang punya bentuk bulat. Outlet-outletnya yang lain tampil seperti umumnya dealer mobil resmi apapun: bangunan kotak dengan banyak kaca lebar.

RMK mulai menerjuni bisnis distribusi mobil pada 22 April 1974. Tapi ketika itu yang dijual adalah mobil merek Toyota, sesuai statusnya sebagai sub-dealer Astra International Cabang Bandung. Berbasis di Kota Sukabumi, outletnya pun berada di wilayah Kota Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi. Masih setia dengan Astra Group, setahun kemudian RMK mulai pula menjadi dealer resmi mobil Daihatsu. Sebelum bergabung dengan keluarga besar Astra, dan sebelum berbadan hukum RMK, trio pemiliknya --Djaffar Mualim, Selamat Mualim, dan Sidik Nagawijaya-- dikenal sebagai pemilik bengkel las ketok spesialis merehab mobil eks-ABRI dan BUMN.

Sempat meleparkan sayap ke industri karoseri pada 1978 (lewat anak perusahaan bernama PT Restu Agung Karya), RMK mulai menjadi sub-dealer Suzuki wilayah Bogor, Sukabumi, dan Cianjur ketika membuka showroom Suzuki pertamanya di Bogor pada 1985. Showroom ini sekarang sudah tidak ada lagi. Tiga tahun kemudian, 3 dealer lagi dibuka di Karawang, Tangerang, dan Depok. Dan mulai 1988 itu pula statusnya naik menjadi 'main dealer' Suzuki roda 4. Cabang baru di Jalan KH Hasyim Ashari, Jakarta Pusat, pun lantas dibuka dan dijadikan kantor pusat.

Sempat memindahkan kantor pusat ke Roxy, RMK akhirnya membangun gedung bulat --tepatnya bermuka setengah lingkaran-- untuk dijadikan kantor pusat baru di Kebun Jeruk, dan menempatinya sejak 2002. Sembilan tahun kemudian, 2011, barulah gedung bulat Cimanggis, yang berada tepat di seberang Pasar Pal Tugu, tak jauh dari simpang tiga menuju Markas Bribob Kelapa Dua, dibangun. Selepas itu, berbagai cabang lain pun terus dibuka sehingga totalnya sekarang ada 13 cabang. Juga, membentuk anak perusahaan baru, PT Surya Bahana Mahkota, untuk menjadi main dealer mobil Suzuki (atau kendaraan roda 4 Suzuki) untuk wilayah Nusa Tenggara Timur.

Peta & Citra Satelit

Suzuki Raya Bogor

PT Restu Mahkota Karya - Cabang Cimanggis
Jl. Raya Bogor Km. 29 No. 18
Kelurahan Mekarsari
Kecamatan Cimanggis
Kota Depok
Jawa Barat

Tel: 021-87708918


PT Restu Mahkota Karya - Kantor Pusat
Jl. Panjang No. 12
Kecamatan Kebon Jeruk
Jakarta Barat
DKI Jakarta

Tel: 021-5332020, 5492727
Fax: 021-5332142, 5493031

Website: www.rmk.co.id

Suzuki Timor Timur

Pada 1991, RMK pernah membentuk anak perusahaan yang lain lagi, PT Mahkota Timur Diak, untuk jadi dealer Suzuki roda empat wilayah Timor-Timur. Sayang, Timor Timur akhirnya pindah ke lain hati. Maka, pada 1999, perusahaan ini dipindahkan ke Kupang. Namanya diganti menjadi PT Surya Mahkota Karya. Bisnisnya pun diganti menjadi dealer sepeda motor Suzuki.

Bagi RMK, bisnis sepeda motor bukan hal baru. Tiga tahun sebelumnya, 1996, RMK sudah pernah membentuk PT Mahkota Inti Sejahtera di Jalan KS Tubun, Petamburan, Jakarta Pusat, sebagai main dealer sepeda motor Suzuki wilayah Jabodetabek.