Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Mitra Jaya Motor, Cimanggis, Kota Depok
Minggu, 03 Juli 2016 02:41:55
photo: centhini/indoplaces
Nama yang tertera di outletnya adalah Mitra Jaya Motor. Tapi sang pemilik, Mitra Jaya Group, di daftar 23 outlet sepeda motor Honda miliknya, lebih suka menyebutnya sebagai Mitra Jaya Depok. Boleh jadi karena Mitra Jaya Depok ini memang satu-satunya outlet Mitra Jaya Group di wilayah Kota Depok. Dan di lingkungan Mitra Jaya Group, hanya ada 3 outlet yang menyandang label 'Mitra Jaya', yakni Mitra Jaya Bekasi dan Mitra Jaya Bandung. Di antara ketiganya, yang menjadi kantor pusat dari group ini adalah Mitra Jaya Bekasi, yang berada di Kota Bekasi.

Yang menarik, meski sekarang berkantor pusat di Kota Bekasi dan kelompok usahanya bernama Mitra Jaya Group, asal-usulnya justru berbeda jauh. Di website resminya, Mitra Jaya Group tak bercerita soal riwayatnya. Tapi di Facebook Page-nya, sekilas diceritakan bahwa kelompok usaha ini berawal dari 'Jaya Motor', dealer resmi sepeda motor Honda yang mulai eksis pada 1996 di Welahan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Outlet yang satu ini sampai sekarang masih tercatat sebagai salah satu dealer di lingkungan Mitra Jaya Group. Bagaimana kisah perjalanan Jaya Motor menjadi Mitra Jaya Group, kelompok usaha ini masih belum mau bercerita.

Mitra Jaya Group menyebut punya 24 cabang atau outlet. Tapi daftar outlet diwebsitenya hanya me-listing 23 outlet saja, yang tersebar di Pulau Jawa, Sumatera, dan Sulawesi. Dan seperti sudah disinggung tadi, hanya 3 outlet yang memakai label Mitra Jaya. Outlet lainnya menggunakan nama yang berlainan. Rinciannya: nama Mitra Jaya dipakai 3 outlet, Cibitung Motor Mandiri (2 outlet), Jaya Motor (6), Mitra Usaha Harta Gemilang (2), Mitra Angkasa Jaya (4), Mitra Sehati Jaya (4), dan Sinar Jaya (2). Jenis outletnya beragam: ada yang sales saja, ada yang sales dan service, dan 9 di antaranya outlet komplit 3S (sales, service, dan spareparts).
Mitra Jaya Depok
Jl. Raya Raya Bogor Km. 29
Kelurahan Mekarsari
Kecamatan Cimanggis
Kota Depok
Jawa Barat

Tel: 021-87714111
Fax: 021-87713060





Mitra Jaya Group
Jl. Jenderal Soedirman No. 99
Kelurahan Kranji
Kecamatan Bekasi Barat
Kota Bekasi
Jawa Barat

Tel: 021-88854053
Fax: 021-8890264

Website: www.hondamitrajaya.com
Outlet Mitra Jaya Depok tidak berada di pusat kota Depok. Outlet 3S ini berlokasi di Jalan Raya Bogor Km 29, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis. Dia hanya berjarak beberapa ratus meter dari Amie Jaya Motor: dealer resmi sepeda motor Yamaha. Baguskah kinerja bisnis Mitra Jaya Depok? Tak diketahui, dan memang tak banyak cerita tentang outlet ini.

Yang pernah muncul info kinerjanya adalah outlet yang jadi kantor pusat: Mitra Jaya Bekasi alias CV Mitra Jaya. Lewat 'karya ilmiah ekonomi' di Universitas Gunadarma berjudul ''Analisis Ramalan Penjualan Sepeda Motor Honda Beat FI Pada CV Mitra Jaya'', Weni Anjani mengungkap data penjualan Honda Beat selama setahun, pada periode Juni 2013-Mei 2014. Angka penjualan terendah motor matik itu tercatat sebesar 89 unit pada November 2013 dan angka penjualan tertinggi sebesar 207 unit pada Mei 2014. Totalnya, selama setahun terjual 1.587 unit Honda Beat.

PT Astra Honda Motor sendiri, di penghujung 2014, berani mengklaim kalau Honda Beat menjadi motor matik atau skutik terlaris di dunia. Sedunia? Memang begitu klaimnya. Alasannya, saat itu Honda Beat menjadi skutik paling laris di Indonesia. Selama 11 bulan hingga November 2014, jumlah Honda Beat yang terjual mencapai 1.949.283 unit, atau 55 persen dari total penjualan skutik nasional. Dengan pencapai hebat itu, sejak diluncurkan pertama kali pada 2008, atau setelah 6 tahun, total jumlah Honda Beat yang terjual sudah mencapai 7,7 juta unit.