Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Metropolitan Mall Cileungsi, Kabupaten Bogor
Rabu, 18 Mei 2016 16:03:26
photo: che/indoplaces
Cileungsi ketambahan satu mall lagi. Tepat dua pekan lalu, 4 Mei 2016, sebuah mall berlabel 'Metropolitan Mall' hadir di kawasan perumahan Metland Transyogi. Mengapa mall yang menghadirkan Matahari Department Store dan bioskop Cinema XXI ini tak bernama Metland Mall? Ya terserah yang punya. Mungkin karena pengembangnya berlabel PT Metropolitan Land Tbk (Metland), perusahaan publik yang juga jadi pemilik Metropolitan Mall dan Grand Metropolitan Mall di Kota Bekasi. Atau mungkin sang perumahan ingin kembali ke khittahnya, atau rindu pada nama lamanya: Kota Taman Metropolitan (KTM).

Apapun namanya, yang pasti mall baru di Desa Cileungsi Kidul ini tampil lebih cantik, lebih wah, dan lebih besar dari mall pertama yang ada di kecamatan Cileungsi: Mall Cileungsi alias Cileungsi Trade Center. Mall Cileungsi, meski lahannya lebih luas, bangunannya terkesan sederhana seperti berbagai 'mall bernuansa trade center' di Jakarta: penuh kios-kios kecil. Plus, sebagian besar areanya lebih didominasi oleh ruko-ruko bertingkat yang mengelilingi bangunan mall. Sedangkan Metropolitan Mall tampil layaknya mall sungguhan di Jakarta. Bangunan besar mall jadi suguhan utama. Jika Mall Cileungsi terkesan diperuntukkan untuk kelas menengah bawah, Metland menghadirkan Metropolitan Mall sebagai pusat perbelanjaan kelas menengah: seperti yang juga tercermin dari kehadiran Matahari Department Store.

Resmi diluncurkan pada hari Rabu, Metropolitan Mall menggelar grand-opening-nya pada Sabtu, 7 Mei 2016, dengan menghadirkan artis Bunga Citra Lestari (BCL). Meski sudah resmi beroperasi, hingga hari ini para pekerja masih sibuk berbenah di area luar mall, terutama menggarap lahan parkir mobil dan motor. Melakukan ground-breaking pada 20 Agustus 2014, mall ini sudah kelihatan sosok penuhnya saat melakukan topping-off pada 27 Agustus 2015. Saat topping-off itu, Presiden Direktur PT Metropolitan Land Tbk Nanda Widya dengan yakin bilang bahwa mall yang ''diperuntukkan bagi keluarga menengah yang tinggal di Cibubur dan Cileungsi ini kami rencanakan pertengahan 2016 Metropolitan Mall Cileungsi akan beroperasi.'' Target ini sekarang sudah terwujud.

Metropolitan Mall Cileungsi dibangun dengan investasi sekitar Rp 200 miliar, di atas lahan seluas 3,4 hektar, di jalan utama perumahan kelas menengah atas Metland Transyogi (Sekedar info: Metland juga punya satu perumahan lagi, perumahan sederhana, yang lokasinya agak bertetanggaan: Metland Cileungsi). Luas bangunan mall mencapai 47.000 meter persegi, yang 58 persen di antaranya (27.500 meter persegi) menjadi area komersial yang disewakan. Sebagian besar bangunan mall berlantai tiga, terutama area sisi utara dan tengah yang ditempati Matahari Department Store dan bioskop Cinema XXI. Sedangkan bagian sebelah selatannya hanya dua lantai. Adapun lahan parkirnya, selain menggunakan halaman luar di sekeliling bangunan mall, juga mendayagunakan lantai basement.

Soal nama sang mall, Presdir Nandya Widya mau buka rahasia. Katanya, mulai sekarang, nama Metropolitan Mall bakal jadi nama resmi bagi berbagai mall kelas menengah yang sudah dibangun maupun yang akan dibangun di masa mendatang.
Metropolitan Mall Cileungsi
Jl. Taman Metro Raya No. 100
Perumahan Metland Transyogi
Desa Cileungsi Kidul
Kecamatan Cileungsi
Kabupaten Bogor

Tel: 021-80488888


Website: www.metmallcileungsi.com


Metland Transyogi - www.metlandtransyogi.co.id

Pengembang:
PT Metropolitan Land Tbk - www.metropolitanland.com


Simak juga di Indoplaces:
Metland Transyogi - Kota Taman Metropolitan
Mall Cileungsi - Cileungsi Trade Center
Makmur-tidaknya suatu wilayah konon bisa diukur dari ada-tidaknya Matahari Department Store. Anda boleh saja tidak sepakat dengan hal ini. Tapi kalau benar, maka mulai Mei 2016 ini wilayah Kecamatan Cileungsi seolah sudah naik kelas, berkat kehadiran Matahari Department Store di Metropolitan Mall Cileungsi. Gerai Matahari ke-143, atau yang ke-40 di wilayah Jabodetabek, ini menempati area seluas 7.000 meter persegi, mulai dari lantai 1 hingga lantai 3 sang mall. Saat peresmian, Corporate Secretary & Legal Director PT Matahari Department Store Tbk Miranti Hadisusilo bilang, gerai Matahari Cileungsi ini menyerap tak kurang dari 400 tenaga kerja lokal dari daerah sekitar.

Selain Matahari, pengguna space terbesar di Metropolitan Mall Cileungsi adalah bioskop Cinema XXI, yang hadir dengan 7 studio.
Sejumlah nama populer di jagad ritel busana dan ritel makanan juga meramaikan Metropolitan Mall Cileungsi. Di sektor jajanan hadir gerai donut J.Co dan saudara dekatnya Breadtalk, Gokan, Bakmi Mania, CFC (California Fried Chicken), dan KFC (Kentucky Fried Chicken). Tak ada MdDonald's di sana. Di sektor busana, tampak hadir gerai Giordano dan Hammer.

Totalnya, di hari pembukaan, jumlah gerai ritel yang buka mencapai 60 gerai. Secara keseluruhan, mereka menempati 89 persen dari total area komersial yang tersedia di Metropolitan Mall.

Tetangga TerdekatKm
Gokana, Metropolitan Mall Cileungsi, Kabupaten Bogor 0,025
Hammer, Metropolitan Mall Cileungsi 0,026
Solaria, Metropolitan Mall Cileungsi, Kabupaten Bogor 0,038
Steak 21, Metropolitan Mall Cileungsi, Kabupaten Bogor 0,048
Giordano, Metropolitan Mall Cileungsi 0,069
Matahari Department Store, Metropolitan Mall Cileungsi 0,081
Metropolitan Futsal, Metland Transyogi 0,171
Metland Transyogi, Bye bye Kota Taman Metropolitan 0,253
Metland Transyogi Sportclub, Cileungsi 0,318
Sarana Sumber Baut 0,323
Sakura, School of Music & Art 0,337
RM Padang Cahaya Baru, Metland Transyogi 0,458
Metland College, Metland School, Metland Transyogi 0,514
Dari Taman Cileungsi ke Metland Cileungsi 0,521
Suga Chicken, Agus Chicken 0,522
Hotel di Cileungsi
Mekarsari Indah Hotel
Sinar Mutiara Hotel, Cileungsi
Hotel Wisata
Hotel Pondok Mawar
Hotel Genggong 2, Cileungsi
Berita Cileungsi
Metland Resmikan Metropolitan Mall Cileungsi bersama Matahari
Matahari Department Store Hadir di Metropolitan Mall Cileungsi
Metland Pastikan Mal MM Cileungsi Beroperasi Pertengahan 2016
Menteri Agraria: Garuda Raksasa Bagian Persiapan Ibukota Pindah ke Jonggol
Metropolitan Mall Cileungsi Mulai Dibangun
Pemkab Bogor Beri Ultimatum Harvest City
Setelah Ludes Terbakar, Pasar Cileungsi Dibangun Lagi
Holcim Buka Layanan Pengadaan Rumah Ramah Lingkungan
HBC Buka Outlet di Cileungsi
Pasar Cileungsi Terbakar