Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

PO Sumber Alam, Kutoarjo, Kabupaten Purworejo

Sabtu, 04 Juli 2015 15:55:07
photo: zhillan /indoplaces

Lebaran sebentar lagi. Mau mudik dengan bus malam PO Sumber Alam terbaru? Kalau kebaruan bus jadi alasan Anda memilih bus Sumber Alam, Anda boleh sedikit kecewa. Soalnya, Anthony Steven Hambali, bos Sumber Alam, sudah sejak April lalu mengumumkan kalau tahun 2015 ini takkan ada penambahan armada baru. Alasannya, perusahaan otobus yang bermarkas di samping Bank BRI Kantor Cabang Kutoarjo ini sedang fokus membenahi administrasi perusahaan. Ada apa? Tahun ini, PO Sumber Alam ingin mengubah status perusahaan menjadi perusahaan yang berbadan hukum perseroran terbatas (PT).

Tak cuma berbenah administrasi, Anthony juga berupaya mengefektikan kinerja perusahaan. Soalnya, tahun lalu PO Sumber Alam mengalami penurunan load factor. Tak diketahui berapa banyak penurunan yang dialami. Yang pasti, hal itu tak ada kaitannya dengan harga solar. Menurut Anthony, komponen solar tidak begitu besar dalam komposisi biaya operasional, sehingga tidak berpengaruh signifikan. Biaya operasional terbesar, katanya, adalah gaji sopir dan kru.

Bus Sumber Alam merupakan salah satu bus malam yang populer di tanah Jawa, yang saban hari melintasi jalur Banten-Jabodetabek-Jabar-Jateng-Yogyakarta. Saingan dekatnya antara lain PO Sinar Jaya, yang sudah sejak beberapa tahun silam bernaung di bawah badan hukum PT Sinar Jaya Megah Langgeng. PO Sumber Alam punya tak kurang dari 100 bus AKAP (antar kota antar provinsi) yang disebar di berbagai kantor cabang yang ada di Jabodetabek, Merak, Serang, Cilacap, Purwokerto, Yogyakarta, dan Klaten. Adapun markas besar atau pool utamanya berada di Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Markasnya ini tepat berada di samping Bank BRI KC Kutoarjo, di jalur lintas selatan Jawa.

Pool di Kutoarjo ini terbilang besar, layaknya terminal. Setiap penumpang jurusan Yogyakarta, atau sebaliknya, dipastikan pernah mampir ke pool ini. Soalnya, di pool inilah penumpang bus 'diintegrasikan'. Maknanya, kalau misalnya Anda naik bus Sumber Alam dari Jakarta ke Yogyakarta, di pool ini Anda akan diminta turun dan pindah bus. Soalnya, sepanjang perjalanan biasanya penumpang bus semakin berkurang karena banyak yang turun. Lantas, agar lebih efisien, 'sisa penumpang' dari bebagai bus lantas disatukan ke bus yang akan membawa ke tujuan akhir.

Hal sebaliknya juga terjadi. Jika berangkat dari Yogyakarta ke Jakarta di hari biasa, misalnya, Anda mungkin heran bus Sumber Alam mau berangkat dari agen tiket hanya dengan membawa 3 atau 4 penumpang. Ternyata, bus itu hanya bergunsi sebagai 'bus penjemput'. Segelintir penumpang ini akan dibawa dulu ke pool Kuotarjo untuk diintegrasikan dengan penumpang dari 'bus-bus penjemput' lainnya. Praktek semacam ini tentu efisien dan efektif bagi PO Sumber Alam. Tapi bagi penumpang, entahlah. Bagi yang suka lihat bengkel besar, komplit dengan bau oli dan solar, mungkin asyik-asyik saja: tour industri transportasi.

PO Sumber Alam hadir sejak 1975. Tapi cikal bakalnya adalah PO Tresno dan PO Hidup Baru yang didirikan Ibu Thung Tjie Hing pada 1969. Pada 1984, perusahaan dikelola oleh salah satu cucunya, Judi Setijawan Hambali. Sekarang, PO Sumber Alam dikelola salah seorang putra Judi: Anthony Steven Hambali. Usaha yang bernaung di bawah PO Sumber Alam kini sudah meluas: bus AKDP (antar kota dalam provinsi), Rumah Makan Sumber Alam, SPBU Sumber Alam, serta wisata outbond Sumber Adventure Center.

Peta & Citra Satelit

Bus Sumber Alam

PO Sumber Alam
Jl. Pangeran Diponegoro 164
Kecamatan Kutoarjo - 54212
Kabupaten Purworejo
Jawa Tengah

Tel: 0275-641018, 641093

Website: www.sumberalam.co.id