Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Bandara Bintuni, Kabupaten Teluk Bintuni

Rabu, 28 Januari 2015 14:24:48
photo: priskila s / foursquare

Bandara Bintuni merupakan bandara utama Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat. Meski tergolong bandara kecil, Bandara Bintuni punya terminal VIP seluas 255 meter persegi. Terminal VIP yang rampung dibangun pada 2012, yang lebi banyak kosongnya daripada terisi, kabarnya menelan biaya miliaran. ''Seharusnya landasan pacu yang diperpanjang,'' kata Monggur Panjaitan, asisten Deputi II Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat (UP4B), tak lama setelah pengoperasian terminal VIP itu.

Menyesal? Tidak juga. Kata Monggu, gedung mewah terminal VIP Bandara Bintuni itu memang tidak sebanding dengan jumlah pesawat yang datang tiap hari. ''Yang landing disini kan pesawat berbadan kecil. Ini terlalu bagus. Tapi tidak apalah,'' kata Monggur Panjaitan.

Bandara yang dikelola Kementerian Perhubungan ini memiliki landas pacu sepanjang 990 meter. Bandara ini juga sudah dilengkapi terminal VIP seluas 255 meter persegi dan terminal umum seluas 750 meter persegi. Selain bandara utama ini, Kabupaten Teluk Bintuni juga punya dua bandara lain: Bandara Babo, dekat kilang LNG Tangguh, di Distrik Babo; dan Bandara Merdey di Distrik Merdey.

Peta & Citra Satelit

Bandara Teluk Bintuni

Bandara Bintuni - NTI/WASB
Jl. Raya Bintuni
Kelurahan Bintuni Timur
Kecammatan Bintuni - 98364
Kabupaten Teluk Bintuni
Papua Barat

Tel: 0955-31232