Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Pemerintah Kabupaten Lombok Barat

Rabu, 27 Mei 2015 07:18:39
photo: pemkab lombok barat

Gedung Kantor Bupati Lombok Barat yang bernuansa gedung US Capitol akhirnya rampung dan diresmikan pada April 2013. Dia berdiri megah di depan gedung kantor awal yang sudah ditempati sejak 2002. Dan keduanya terbilang akrab dengan aksi geledah KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi). Pengeledahan pada Arril 2008, mengantar Bupati Lalu Iskandar ke Pengadilan Tipikor di Jakarta. Penggeledahan terbaru, Desember 2014 lalu, mengantar Bupati Zaini Arony ke LP Kerobokan, Bali. Dalam waktu dekat, bupati yang masih menjabat ini bakal digiring ke Pengadilan Tipikor Denpasar.

Lain bupati, lain pula cerita ke-kpk-annya. Bupati Zaini Arony dijadikan tersangka dan kantornya digeledah KPK pada Desember 2014. Bupati yang memimpin Lombok Barat untuk periode 2009-2014 dan 2014-2019 ini akhirnya resmi jadi penghuni rumah tahanan KPK di Guntur, Jakarta, sejak 17 Maret 2015. Semua ini karena KPK menduga Zaini melakukan pemerasan senilai Rp 2 miliar terhadap PT Djaja Business Group (DBG). Dana itu disebut-sebut guna meloloskan izin pemanfaatan lahan untuk pengembangan wisata golf di Dusun Meang, Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat. 12 Mei lalu, Zaini dipindahkan ke LP Kerobokan, Denpasar. Katanya agar dekat dengan tempat ia akan disidangkan: Pengadilan Tipikor Denpasar. Kapan sidangnya akan dimulai, masih belum diketahui. Yang jelas, masa penahanannya berlaku sampai 31 Mei 2015.

Sangkaan korupsi yang ditimpakan kepada Zaini terbilang kecil jika dibandingkan dengan yang disangkakan KPK kepada pendahulunya. Bupati Lalu Iskandar, yang menjabat di periode 2004-2009 diduga merugikan negara senilai Rp 17,9 miliar. Apa kasusnya? Kasusnya tak lain adalah kasus tukar guling tanah kantor bupati Lombok Barat yang lama, yang ada di kota Mataram, dengan kantor bupati yang bersosok ala US Capitol. Lahan itu dihargai Rp 32,9 miliar. Yang jadi penukar adalah uang tunai Rp 1,5 miliar plus 13 unit perkantoran senilai Rp 31,4 miliar. Atas kesuksesan ruislag itu, yang diteken pada 29 Desember 2004, Iskandar mendapat imbalan Rp 1,6 miliar dari mitra ruislagnya, PT Varindo Lombok Inti.

Dirut PT Varindo Lombok Inti Izzat Husein sudah dijatuhi vonis empat tahun penjara karena kasus itu, pada 9 Februari 2009. Ia juga dikenai denda Rp 200 juta, serta harus membayar uang pengganti senilai Rp 13,8 Miliar. Sempat naik banding, pada 28 April 2009 Pengadilan Tinggi DKI Jakarta menguatkan vonis yang sudah dijatuhkan.

Lantas, Bupati Lalu Iskandar divonis berapa tahun? Pak Bupati 'lolos' dari vonis. Pada 19 Februari 2009, sidang pengadilan terhadapnya dihentikan karena sang bupati menderita sakit ingatan. Gejala gangguan kejiwaan sudah terlihat sejak ia mulai banyak melantur dalam menjawab pertanyaan hakim dan juga ngompol saat persidangan 26 November 2008. Pada 3 Januari 2010, mantan bupati Lombok Barat ini tutup usia di RS Risa Sentra Medika, Mataram, pada usia 69 tahun.

Ruislag-nya sendiri terus berlanjut. Gedung ala US Capitol mulai dibangun awal 2012 dan mulai menjalani proses finishing pada Februari 2013. Gedung berbiaya Rp 16 miliar lebih ini dikerjakan pembangunannya oleh perusahaan pelat merah PT Waskita Karya (persero). Di hari ulang tahun Lombok Barat ke-55, 17 April 2013, Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr TGH Zainul Majdi meresmikannya. Pada kesempatan itu, Bupati Zaini Arony bilang kalau gedung itu merupakan hasil ruislag sejumah aset Pemkab Lombok Barat yang ada di Mataram, termasuk eks-kantor bupati. Sola nama, ia menyebutnya sebagai Gedung Kembar. Kembar dengan gedung mana? Rupanya, ia bercita-cita membuat satu lagi gedung serupa, yang berlokasi di samping gedung yang diresmikan. Area kosong yang sudah dipersiapkannya pun terlihat di citra satelit.

Meski sudah diresmikan, gedung Kantor Bupati Lombok Timur itu sebenarnya belum diserahterimakan. Walhasil, hingga menjelang serah terima di penghujung November 2013, Pak Bupati masih terus ngomel-ngomel soal kualitas pekerjaan PT Waskita Karya yang jelek. Sekarang, PT Waskita Karya (persero) sudah go public dan ganti nama jadi PT Waskita Karya Tbk (persero).

Kantor Bupati Lombok Barat semula berada di Jl. Sriwijaya, Kota Mataram, ibukota NTB. Setelah Kota Mataram jadi daerah otonom, ibukota kabupaten dipindah ke Giri Menang, di Kecamatan Gerung. Kantor awalnya, yang mulai ditempati sejak 8 April 2002, adalah gedung yang berada di belakang gedung ala US Capitol, yang dulu dibangun dengan biaya Rp 5,2 miliar. Dua tahun di Giri Menang, barulah ruislag berlangsung. Sejak April 2014, lahan di Jl. Sriwijaya itu mulai digarap oleh pemiliknya: PT Varindo Lombok Inti. Di sana akan hadir hotel dan mall Lombok Epicentrum.

Peta & Citra Satelit

Kantor Bupati Lombok Barat

Pemerintah Kabupaten Lombok Barat
Jl. Soekarno-Hatta
Kelurahan Giri Menang
Kecamatan Gerung - 83363
Kabupaten Lombok Barat
Provinsi NTB



Tel: 0370-6183001
Fax: 0370-6183006

Website: www.lombokbaratkab.go.id

Kecamatan di Lombok Barat

Kecamatan di Kabupaten Lombok Barat:
1. Batulayar
2. Gerung
3. Gunung Sari
4. Kediri
5. Kuripan
6. Labuapi
7. Lembar
8. Lingsar
9. Narmada
10. Sekotong