Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Pasar Tambak, Kecamatan Tambak, Banyumas

Minggu, 15 Maret 2015 01:12:57
photo: che/indoplaces

Selasa, Jum'at, dan Minggu. Cuma pada ketiga hari itu saja Pasar Tambak, di Kecamatan Tambak, Kabupaten Banyumas, ini beroperasi secara penuh. Di hari lain, ya terserah toko atau kios yang ada di pasar di jalur lintas Selatan Jawa Tengah ini untuk buka atau tidak. Yang jelas, setiap hari, siang ataupun malam, di halaman pasar pasti ada saja warung tenda yang buka dan menjual makanan khas Kecamatan Tambak.

Apa makanan khas Tambak? Sate bebek dan sate entog (mentok, bebek manila). Itu dulu. Sekarang sih sudah berkembang dan melebar ke segala sajian berbahan daging bebek atau entog. Mulai dari bebek bakar, bebek goreng, bebek rica-rica, hingga ke gulai bebek.

Kalau tak suka nongkrong di warung tenda depan pasar, silakan mampir ke Warung Sate Bebek Pak Encus. Kabarnya, warung ini jadi pelopor komersialisasi sate bebek di Tambak dan sekarang menjadi yang paling top. Lokasi warung Pan Encus tak jauh dari Pasar Tambak.

Peta & Citra Satelit

Pasar Bebek

Pasar Tambak
Jl. Raya Tambak (lintas selatan Jawa Tengah)
Desa Kamulyan
Kecamatan Tambak
Kabupaten Banyumas
Jawa Tengah



Link:
Produk Unggulan Banyumas - www.banyumas-product.com
Disperindagkop Banyumas - www.dinperindagkop-banyumaskab.net
Pemerintah Kabupaten Banyumas - www.banyumaskab.go.id

Pasar Banyumas

Di jagad perpasaran Banyumas, Pasar Tambak diklasifikasikan oleh Pemkab Banyumas --lewat Peraturan Bupati No. 11 tahun 2010-- sebagai pasar kelas III. Alias lebih kecil atau lebih rendah statusnya dari pasar di kecamatan sebelah Baratnya, Kecamatan Sumpiuh, yang pasarnya masuk pasar kelas II. Meski begitu masih lebih bagus dari sejumlah pasar lain yang tergolong pasar kelas IV. Adapun pasar kelas I di Banyumas adalah pasar besar yang jumlahnya ada 4: Pasar Wage (Purwokerto), Pasar Ajibarang, Pasar Sokaraja, dan Pasar Wangon.

Kondisi Pasar Tambak kelihatannya masih oke. Tak ada kabar rencana renovasi atau rehabilitasi pasar. Terakhir kali para kontraktor rebutan proyek terkait Pasar Tambak adalah pada 2012, guna membangun tembok keliling pasar. Nilai proyeknya lumayan: RP 500 juta.