Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Cikole Jayagiri Resort, Bandung Barat

Jumat, 28 Februari 2014 06:45:30
photo: centhini/indoplaces

Bumi Perkemahan Cikole. Itu nama lama, sesuai fungsi lamanya yang memang cuma tempat camping. Pada 2010, barulah Perum Perhutani, sebagai pemilik, tergerak untuk menyulap area wisata di simpang tiga menuju Gunung Tangkuban Perahu itu menjadi kawasan wisata terpadu. Namanya pun keren: Cikole Jayagiri Resort. Kalau bahasa pelat merahnya sih tetap sederhana: Wana Wisata Cikole, alias Hutan Wisata Cikole.

Adapun label Jayagiri pada nama Cikole Jayagiri Resort merujuk pada nama hutan Jayagiri, eks Gunung Jayagiri (non-aktif), yang berada di selatan Gunung Tangkuban Perahu, atau berada di seberang jalan. Hutan Jayagiri ini membentang dari kota Kecamatan Lembang hingga ke Gunung Tangkuban Perahu. Dari dulu sudah ada jalur trekking dari Lembang via hutan Jayagiri ke Gunung Tangkuban Perahu. Kalau Anda penggemar grup musik lawas Bimbo, pastilah kenal lagu 'Melati dari Jayagiri'.

Sekarang, selain mempertahankan fungsinya sebagai 'Bumi Perkemahan Cikole', wana wisata seluas 12 hektar itu sudah dipenuh aneka wahana wisata petualangan. Mulai dari sarana outbond, jembatan gantung di puncak pohon, ATV, off road, paint ball, dan lain-lain. Selain itu sekarang juga sudah dihadirkan villa-villa kayu bagi yang tidak suka bermalam di tenda. Balai pertemuan untuk rapat atau perhelatan besar juga sudah tersedia.

Cikole Jayagiri Resort ini berada dibawah pengelolaan PT Perhutani, unit Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Bandung Utara. Berapa sih pemasukannya dari bisnis wana wisata ini? Entahlah. Tapi sebagai gambaran, saat liburan lebaran 2012, pemasukan Cikole Jayagiri Resort bisa mencapai Rp 200 juta.

Peta & Citra Satelit

Bumi Perkemahan Cikole

Cikole Jayagiri Resort
Jl. Raya Tangkuban Parahu No. 147
Desa Cikole
Kecamatan Lembang
Kabupaten Bandung Barat
Jawa Barat

Tel: 022-82780512, 82780513

Website: www.cikoleresort.com


Perum Perhutani
Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Bandung Utara
Jl. A Yani No 276
Bandung

Tel: 022-7271142
Fax: 022-72718505

Website: www.perumperhutani.com