Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Terminal Wisata Grafika Cikole, Bandung Barat
Jumat, 28 Februari 2014 05:34:54
photo: centhini/indoplaces
Ada percetakan di Gunung Tangkuban Perahu? Terminal Wisata Grafika Cikole mulanya memang percetakan. Tapi bukan di kawasan dingin gunung Tangkuban Perahu (1.400 meter DPL), melainkan di Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Nama percetakannya: CV Grafika Karya. Usahanya menggelembung, perusahaan ini merambah ke bisnis lain: hotel, outbond, taman wisata, catering, dll. Nama 'Grafika' selalu dibawa-bawa. Terminal Wisata Grafika Cikole adalah salah satunya.

Ketika dibangun pada 2006, Terminal Wisata Grafika Cikole hanyalah 'sekedar' rest-area. Namanya: Rest Area Grafika Cikole. Sebagai rest-area, dia merupakan tempat singgah bagi penglaju ataupun wisatawan yang hendak ke Gunung Tangkuban Perahu (Kabupaten Bandung Barat), ke kawasan wisata air panas Ciater (Kabupaten Subang), atau yang sekedar melintas di jalan raya di depannya, yang menghubungkan Subang-Lembang (Bandung Barat)-Kota Bandung.

Belakangan, seiring makin kuatnya trend wisata ke Bandung di setiap akhir pekan, 'rest-area' itu makin berkibar. Grafika Group meluaskan lahannya menjadi 9 hektar dan menyulap diri menjadi kawasan wisata terpadu dan berganti nama menjadi Terminal Wisata Grafika Cikole. Sebagai 'terminal', isinya macam-macam: rest-area, outbond, restoran, camping ground, pondok wisata, hotel, villa, dan sebagainya.
Terminal Wisata Grafika Cikole
Jl. Raya Tangkuban Perahu Km. 8
Desa Cikole
Kecamatan Lembang
Kabupaten Bandung Barat
Jawa Barat

Tel: 022-2786906
Fax: 022-82780505

Website: www.grafikacikole.com