Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Kantor Camat Grogol, Kabupaten Kediri

Jumat, 14 Februari 2014 19:38:48
photo: centhini/indoplaces

Sub Distric of Grogol. Begitu bunyi tulisan yang tertera di dinding atas teras Kantor Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri. Tak diketahui mengapa bahasa Inggris di pergunakan di sana. Mungkin ingin meniru tetangganya, Kecamatan Pare, yang terkenal dengan 'Kampung Inggris'-nya: kampung yang warganya rajin berbahasa Inggris dan jadi tujuan 'wisata' rutin para ABG dari berbagai sekolah di Indonesia. Dan karena meniru itu, wajar kalau tulisan 'district'-nya pun kurang hurup 'T'.

Yang tak kalah menarik adalah sosok kantor kecamatannya sendiri. Biasanya, Pak Camat punya lahan kantor yang lega. Tapi Kecamatan Grogol --yang berseberangan dengan SDN Joglo 2-- kantornya terkesan sempit: lebarnya tak seberapa, namun memanjang ke belakang. Area parkir memanjang dari depan ke utara, hingga ke 'teras Distric' tadi, yang tampak seperti rumah biasa. Meski begitu, nuansa Jawa masih terasa karena bangunan pendopo di sebelahmnya masih bergaya Joglo.

Grogol, selain jadi nama kecamatan, juga merupakan nama salah satu dari 9 desa di sana: Desa Grogol. Desa lainnya: Bakalan, Sonorejo, Cerme, Wonoasri, Datengan, Sumberrejo, Gambyok, dan Kalipang. Sebagian besar desa-desa itu, seperti halnya kantor kecamatan, berada di jalan raya lintas Kediri-Nganjuk, atau jalur keluar dari Kediri menuju Kabupaten Nganjuk.

Peta & Citra Satelit