Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Bandara Bilogai, Kabupaten Intan Jaya

Kamis, 15 Maret 2012 19:25:41
photo: Ramlie Degarcon / panoramio

Departemen Perhubungan tak punya data banyak soal Bandara Bilogai, atau Biloga, atau Bilorai. Yang ada hanya info koordinat lokasi dan lokasinya yang masih tercatat berada di Kabupaten Paniai. Padahal bandara di Kampung Bilogai, Distrik Sugapa, ini sekarang sudah beralih ke kabupaten pemekarannya, Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua. Di Bandara Bilogai inilah pesawat Cessna Grand Caravan milik Susi Air pada November 2011 lalu menabrak gunung dan jatuh, setelah gagal mendarat karena ada orang menyeberang landasan.

Bandara Bilogai tergolong bandara perintis. Kalau diukur sendiri lewat Google Earth, panjang landasannya tak lebih dari 500 meter. Seperti banyak bandara perintis lainnya di Papua, bandara Bilogai kabarnya dibangun oleh dan dilayani perbangann oleh AMA (Association Mission Aviation), perusahaan penerbangan missionaris yang berbasis di Sentani. Baru setelah makin ramai bandara ini diambil alih pengoperasiannya oleh Departemen Perhubungan.

PT Adventure Cartenz selama ini sudah mengembangkan 'paket wisata' mendaki Puncak Cartenz (Puncak Jaya, pegunungan Jayawijaya) yang berada di Selatan Sugapa, lewat 'Jalur Ugimba'. Untuk menempuh jalur itu, para pendaki datang terlebih dahulu ke Bandara Bilogai dengan pesawat charter AMA dari Bandara Timika. Dari Bilogai, barulah mereka berjalan ke Desa Bulapa (masih di Distrik Sugapa) lalu ke Gamagai, terus Ugimba, dan terussss lagi hingga ke Puncak Cartenz yang dekat dengan tambang PT Freeport Indonesia, yang berada di Kabupaten Jayawijaya. Selesai di Puncak Cartenz, para pendaki kembali lagi Sugapa dan terbang lagi ke Timika dari Bilogai.

Peta & Citra Satelit

Bandara Sugapa

Bandara Bilogai (Bilorai, Biloga) - UGU/WABV
Desa Bilogai
Distrik Sugapa
Kabupaten Intan Jaya

Tel: 0984-21097