Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

PT Asean Aceh Fertilizer, Aceh Utara

Minggu, 11 Maret 2012 16:10:37
photo: aneuknanggroe

Asean pernah punya cita-cita mulia untuk memajukan dunia pertanian negara anggotanya. Bersama-sama mereka berpatungan mendirikan PT Asean Aceh Fertilizer. Pabrik pupuk pun lantas dibangun disebelah pabrik pupuk PT Pupuk Iskandar Muda di Desa Krueng Geukeuh, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara. Presiden Soeharto meresmikan pengoperasiannya pada Januari 1984. Hampir dua dasawarsa beroperasi, pabrik pupuk urea berkapasitas 600 ribu ton/tahun ini akhirnya mesti pamit mundur pada 2005. Penyebabnya tak lain karena tak lagi mendapat pasokan gas dari Kilang LNG Arun.

Sejak resmi ditutup, upaya likuidasi untuk membayar berbagai utang dan pesangon bagi 1.200 karyawan terus dilakukan. Medco Group pernah disebut-sebut termasuk salah satu calon pembeli. Namun berbagai niatan beli tak bisa terwujud karena ada penolakan dari DPR. DPR minta pemerintah 'berkonsultasi' dulu ke Mahkamah Agung. Mahkamah Agung akhirnya memberi restu pada pertengahan 2008. Sejak mendapat restu, kabar AAF pun menghilang. Tak jelas apakah sudah dijual atau belum.

Pekan ini nama Aceh Asean Fertilizer kembali mencuat. Ini terkait restu pemerintah untuk mengkonersi Kilang LNG Arun menjadi terminal penampungan gas kiriman dari luar Aceh. Salah satu tujuan terminal itu adalah untuk menyediakan pasokan gas bagi pabrik pupuk milik PT Pupuk Iskandar Muda dan PT Aceh Asean Fertilizer.

Peta & Citra Satelit

Pabrik Pupuk Urea

PT Asean Aceh Fertilizer
Jalan Sindanglaya 1
Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120

Tel: 021-7222989
Fax: 021-7205466

Website : www.aaf.co.id (mati)


Pabrik:
Jalan Medan-Banda Aceh
Desa Krueng Gekeuh
Kecamatan Dewantara
Kabupaten Aceh Utara