Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Pemerintah Kabupaten Buton Utara
Sabtu, 10 Maret 2012 07:35:26
photo: antara
Ketika dibentuk tahun 2007 lewat UU No. 14, Kabupaten Buton Utara ditetapkan beribukota di Buranga, Kecamatan Bonegunu. Namun karena proyek pembangunan kantor bupati di Buranga yang dimulai pada 2008 tak kunjung selesai, Pemkab Buton Utara pun berkantor di Ereke, Kecamatan Kulisusu. Jarak antara Ereke dan Buranga sekitar 70 kilometer.

Keberadaan pusat pemerintahan di Ereke ternyata membawa persoalan bagi masyarakat Buton Utara, yang akhirnya, pada September 2011, melakukan aksi pembakaran terhadap kantor bupati dan gedung DPRD di Ereke. Walhasil, saat ini, untuk sementara, bupati mengungsi dan pindah kantor BKBBN, sedangkan para wakil rakyat berkantor di aula Bappeda.

Konsekuensi lain aksi pembakaran tadi, pada Oktober 2011 Kapolres Muna pun dicopot dari jabatannya. Kepolisian Buton Utara hingga kini memang masih berada di bawah kendali Polres (Kabupaten) Muna, yang merupakan kabupaten induknya, atau kabupaten asalnya sebelum pemekaran.
Pemerintah Kabupaten Buton Utara
Kompleks Perkantoran Bumi Sara’Ea
Kecamatan Kulisusu
Buton Utara

Website: www.butonutarakab.go.id
Kabupaten Buton Utara merupakan pemekaran dari Kabupaten Muna (bukan dari Kabupaten Buton). Ia hadir dengan membawa sejumlah kecamatan asal Muna:
  1. Kulisusu
  2. Kambowa
  3. Bonegunu
  4. Kulisusu Barat
  5. Wakorumba Utara
  6. Kulisusu Utara